Julian A

23 Februari 2024 08:36

Iklan

Iklan

Julian A

23 Februari 2024 08:36

Pertanyaan

Contoh dari setiap jenis² esai

Contoh dari setiap jenis² esai


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

07 Maret 2024 12:47

Jawaban terverifikasi

<p><br>Esai adalah bentuk tulisan yang mengungkapkan pandangan pribadi penulis mengenai suatu topik atau isu. Ada beberapa jenis esai yang berbeda, dan berikut adalah contoh dari beberapa jenis esai tersebut:</p><p><strong>Esai Naratif:</strong></p><ul><li><i>Judul:</i> "Petualangan Di Gunung Everest"</li><li><i>Contoh:</i> Esai ini menceritakan pengalaman pribadi penulis saat mendaki Gunung Everest, membagikan detail perjalanan, tantangan, dan refleksi pribadi.</li></ul><p><strong>Esai Deskriptif:</strong></p><ul><li><i>Judul:</i> "Pemandangan Senja di Pantai"</li><li><i>Contoh:</i> Esai ini menggambarkan secara rinci keindahan pemandangan senja di tepi pantai, memberikan gambaran tentang warna-warna langit, aroma laut, dan suasana keseluruhan.</li></ul><p><strong>Esai Argumetatif:</strong></p><ul><li><i>Judul:</i> "Pentingnya Pendidikan Inklusif"</li><li><i>Contoh:</i> Penulis menyusun argumen yang kuat untuk mendukung pendapat bahwa pendidikan inklusif memberikan manfaat lebih besar bagi masyarakat daripada sistem pendidikan yang eksklusif.</li></ul><p><strong>Esai Persuasif:</strong></p><ul><li><i>Judul:</i> "Mengapa Kita Harus Mengurangi Penggunaan Plastik"</li><li><i>Contoh:</i> Penulis mencoba meyakinkan pembaca bahwa mengurangi penggunaan plastik adalah langkah penting untuk melindungi lingkungan, dengan memberikan fakta, statistik, dan argumen yang persuasif.</li></ul><p><strong>Esai Ekspositori:</strong></p><ul><li><i>Judul:</i> "Proses Fotosintesis dalam Tanaman"</li><li><i>Contoh:</i> Esai ini memberikan penjelasan rinci tentang proses fotosintesis dalam tanaman, menyajikan informasi secara obyektif dan mendidik.</li></ul><p><strong>Esai Komparatif:</strong></p><ul><li><i>Judul:</i> "Perbandingan Antara Sistem Pendidikan di Asia dan Eropa"</li><li><i>Contoh:</i> Penulis membandingkan dan kontras sistem pendidikan di Asia dan Eropa, mengidentifikasi perbedaan dan kesamaan dalam metode pengajaran, kurikulum, dan hasil pendidikan.</li></ul><p><strong>Esai Reflektif:</strong></p><ul><li><i>Judul:</i> "Pengalaman Voluntir di Panti Asuhan"</li><li><i>Contoh:</i> Penulis merenungkan pengalaman mereka sebagai relawan di panti asuhan, mengeksplorasi perubahan diri, pelajaran, dan dampak emosional yang diperoleh selama pengalaman tersebut.</li></ul>


Esai adalah bentuk tulisan yang mengungkapkan pandangan pribadi penulis mengenai suatu topik atau isu. Ada beberapa jenis esai yang berbeda, dan berikut adalah contoh dari beberapa jenis esai tersebut:

Esai Naratif:

  • Judul: "Petualangan Di Gunung Everest"
  • Contoh: Esai ini menceritakan pengalaman pribadi penulis saat mendaki Gunung Everest, membagikan detail perjalanan, tantangan, dan refleksi pribadi.

Esai Deskriptif:

  • Judul: "Pemandangan Senja di Pantai"
  • Contoh: Esai ini menggambarkan secara rinci keindahan pemandangan senja di tepi pantai, memberikan gambaran tentang warna-warna langit, aroma laut, dan suasana keseluruhan.

Esai Argumetatif:

  • Judul: "Pentingnya Pendidikan Inklusif"
  • Contoh: Penulis menyusun argumen yang kuat untuk mendukung pendapat bahwa pendidikan inklusif memberikan manfaat lebih besar bagi masyarakat daripada sistem pendidikan yang eksklusif.

Esai Persuasif:

  • Judul: "Mengapa Kita Harus Mengurangi Penggunaan Plastik"
  • Contoh: Penulis mencoba meyakinkan pembaca bahwa mengurangi penggunaan plastik adalah langkah penting untuk melindungi lingkungan, dengan memberikan fakta, statistik, dan argumen yang persuasif.

Esai Ekspositori:

  • Judul: "Proses Fotosintesis dalam Tanaman"
  • Contoh: Esai ini memberikan penjelasan rinci tentang proses fotosintesis dalam tanaman, menyajikan informasi secara obyektif dan mendidik.

Esai Komparatif:

  • Judul: "Perbandingan Antara Sistem Pendidikan di Asia dan Eropa"
  • Contoh: Penulis membandingkan dan kontras sistem pendidikan di Asia dan Eropa, mengidentifikasi perbedaan dan kesamaan dalam metode pengajaran, kurikulum, dan hasil pendidikan.

Esai Reflektif:

  • Judul: "Pengalaman Voluntir di Panti Asuhan"
  • Contoh: Penulis merenungkan pengalaman mereka sebagai relawan di panti asuhan, mengeksplorasi perubahan diri, pelajaran, dan dampak emosional yang diperoleh selama pengalaman tersebut.

Iklan

Iklan

Mercon M

Community

29 April 2024 09:40

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban:</p><p>berikut adalah contoh dari setiap jenis esai:</p><p>&nbsp;</p><ol><li><strong>Deskriptif:</strong> Esai deskriptif bertujuan untuk menggambarkan atau menjelaskan suatu objek, tempat, peristiwa, atau situasi. Contoh: "Pemandangan di Puncak Gunung"</li><li><strong>Naratif:</strong> Esai naratif bercerita atau menceritakan suatu pengalaman atau peristiwa secara kronologis. Contoh: "Liburan Petualangan di Pulau Terpencil"</li><li><strong>Argumentatif:</strong> Esai argumentatif menyajikan argumen atau pendapat penulis tentang suatu topik dan berusaha meyakinkan pembaca untuk menerima sudut pandangnya. Contoh: "Manfaat Olahraga Rutin dalam Kesehatan Tubuh"</li><li><strong>Persuasif:</strong> Esai persuasif juga memiliki tujuan untuk meyakinkan pembaca, namun fokusnya lebih pada upaya merubah sikap atau perilaku pembaca. Contoh: "Mengapa Kita Harus Mengurangi Penggunaan Plastik Sekali Pakai"</li><li><strong>Eksposisi:</strong> Esai eksposisi bertujuan untuk memberikan informasi, menjelaskan konsep, atau menganalisis suatu topik secara mendalam. Contoh: "Perubahan Iklim: Penyebab, Dampak, dan Solusi"</li><li><strong>Analisis:</strong> Esai analisis menguraikan dan mengevaluasi suatu topik, ide, atau karya dengan memeriksa unsur-unsur yang membentuknya. Contoh: "Analisis Karakter Utama dalam Novel 'Pride and Prejudice'"</li><li><strong>Reflektif:</strong> Esai reflektif mencerminkan pengalaman pribadi atau pemikiran penulis tentang suatu topik atau peristiwa. Contoh: "Refleksi tentang Pengalaman Belajar di Luar Negeri"</li></ol><p>&nbsp;</p><p>Setiap jenis esai memiliki ciri khasnya sendiri dan digunakan tergantung pada tujuan dan konteks penulisan.</p><p>&nbsp;</p>

Jawaban:

berikut adalah contoh dari setiap jenis esai:

 

  1. Deskriptif: Esai deskriptif bertujuan untuk menggambarkan atau menjelaskan suatu objek, tempat, peristiwa, atau situasi. Contoh: "Pemandangan di Puncak Gunung"
  2. Naratif: Esai naratif bercerita atau menceritakan suatu pengalaman atau peristiwa secara kronologis. Contoh: "Liburan Petualangan di Pulau Terpencil"
  3. Argumentatif: Esai argumentatif menyajikan argumen atau pendapat penulis tentang suatu topik dan berusaha meyakinkan pembaca untuk menerima sudut pandangnya. Contoh: "Manfaat Olahraga Rutin dalam Kesehatan Tubuh"
  4. Persuasif: Esai persuasif juga memiliki tujuan untuk meyakinkan pembaca, namun fokusnya lebih pada upaya merubah sikap atau perilaku pembaca. Contoh: "Mengapa Kita Harus Mengurangi Penggunaan Plastik Sekali Pakai"
  5. Eksposisi: Esai eksposisi bertujuan untuk memberikan informasi, menjelaskan konsep, atau menganalisis suatu topik secara mendalam. Contoh: "Perubahan Iklim: Penyebab, Dampak, dan Solusi"
  6. Analisis: Esai analisis menguraikan dan mengevaluasi suatu topik, ide, atau karya dengan memeriksa unsur-unsur yang membentuknya. Contoh: "Analisis Karakter Utama dalam Novel 'Pride and Prejudice'"
  7. Reflektif: Esai reflektif mencerminkan pengalaman pribadi atau pemikiran penulis tentang suatu topik atau peristiwa. Contoh: "Refleksi tentang Pengalaman Belajar di Luar Negeri"

 

Setiap jenis esai memiliki ciri khasnya sendiri dan digunakan tergantung pada tujuan dan konteks penulisan.

 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Tulislah deskripsi tentang lingkungan sekolah kalian

0

5.0

Jawaban terverifikasi