Anonim N

25 Februari 2024 06:00

Iklan

Iklan

Anonim N

25 Februari 2024 06:00

Pertanyaan

Coba analisislah dan jelaskan faktor penyebab berhentinya proyek pesawat N-250!

Coba analisislah dan jelaskan faktor penyebab berhentinya proyek pesawat N-250!


10

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Anas A

25 Februari 2024 15:34

Jawaban terverifikasi

Pesawat pertama buatan Indonesia N250 Gatotkaca resmi dimuseumkan di Museum Pusat Dirgantara Mandala di Yogyakarta. Pesawat ini telah dikandangkan selama puluhan tahun di hanggar milik PT Dirgantara Indonesia (Persero), Bandung. Seri N250 merupakan buah dari mimpi Menristek di era Orde Baru, BJ Habibie, agar Indonesia mampu membuat pesawat sendiri. Tujuannya tak lain agar Indonesia yang secara geografis berupa kepulauan, bisa terkoneksi lewat udara Pesawat N250 mulai dirancang bangun pada tahun 1986. Pada tahun 1995 pesawat tersebut berhasil mengudara di langit Indonesia. Mulanya, N250 didesain untuk pasar 30 penumpang, namun belakangan diganti menjadi kapasitas 50 penumpang. Penyebab: Namun sayang, cerita manis pesawat N250 ini harus terhenti saat Indonesia diterpa krisis moneter atau krismon pada tahun 1998. Proyek pesawat N250 disetop oleh negara akibat krisis ekonomi tersebut. Penutupan proyek IPTN juga dilakukan pemerintah atas saran IMF saat itu. 


Iklan

Iklan

Karina A

25 Februari 2024 15:30

Jawaban terverifikasi

berhentinya proyek pesawat N-250 adalah karena faktor ekonomi yang buruk pada masa itu,yaitu saat masa presiden Suharto dan berlanjut hingga b.j Habibie di tambang dengan badai El Nino dan desakan rakyat yang mengakibatkan banyak sekali masalah pada saat itu, Tepat pada tanggal 21 Agustus 2022, pesawat N250 Gatotkaca resmi menjadi bagian dari Museum Pusat TNI-AU Dirgantara Mandala Yogyakarta dan ditetapkan sebagai salah satu koleksi dari museum tersebut. Selain itu, pesawat ini dimuseumkan sebagai upaya untuk menjaga aset negara karena memiliki nilai histori yang tinggi.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Apa kaitan konvensi Montevideo dengan kemerdekaan Indonesia ? apakah Indonesia sudah sesuai dengan syarat konvensi Montevideo dan mengapa Indonesia sudah merdeka tetapi Belanda masih ada di Indonesia?

14

5.0

Jawaban terverifikasi