Ishmatu M

07 Maret 2024 02:00

Iklan

Iklan

Ishmatu M

07 Maret 2024 02:00

Pertanyaan

ciri khas tumbuhan euphorbiaceae itu apa?

ciri khas tumbuhan euphorbiaceae itu apa?

 


2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

07 Maret 2024 06:59

Jawaban terverifikasi

<p>Tumbuhan famili Euphorbiaceae memiliki beberapa ciri khas yang dapat diidentifikasi. Berikut adalah beberapa ciri umum dari tumbuhan famili Euphorbiaceae:</p><p><strong>Getah Beracun:</strong> Banyak tumbuhan dalam famili ini mengandung getah beracun atau getah susu yang dapat menyebabkan iritasi kulit dan beracun jika tertelan.</p><p><strong>Bunga yang Tidak Biasa:</strong> Bunga-bunga pada tumbuhan Euphorbiaceae sering kali memiliki struktur yang tidak biasa atau unik. Beberapa dapat memiliki bulu-bulu, polong, atau kelopak yang berbeda dari tumbuhan lain.</p><p><strong>Daun Alternatif:</strong> Daun-daunnya sering kali bersusunan secara alternatif di sepanjang batang, meskipun terdapat variasi dalam bentuk dan ukuran daun.</p><p><strong>Kelenjar Berair di Daun:</strong> Beberapa spesies memiliki kelenjar berair yang dapat menghasilkan cairan yang menetes dan memberikan perlindungan terhadap serangga pemangsa.</p><p><strong>Buah yang Khas:</strong> Buah pada tumbuhan Euphorbiaceae juga dapat memiliki karakteristik yang unik, seperti buah kapsul, polong, atau struktur buah khusus lainnya.</p><p><strong>Bentuk Batang yang Beragam:</strong> Batangnya dapat berbentuk pohon, semak, atau tanaman merambat, tergantung pada spesiesnya.</p><p><strong>Habitat yang Beragam:</strong> Anggota famili Euphorbiaceae dapat ditemukan di berbagai habitat, mulai dari daerah gurun, hutan hujan, hingga tanah berbatu.</p>

Tumbuhan famili Euphorbiaceae memiliki beberapa ciri khas yang dapat diidentifikasi. Berikut adalah beberapa ciri umum dari tumbuhan famili Euphorbiaceae:

Getah Beracun: Banyak tumbuhan dalam famili ini mengandung getah beracun atau getah susu yang dapat menyebabkan iritasi kulit dan beracun jika tertelan.

Bunga yang Tidak Biasa: Bunga-bunga pada tumbuhan Euphorbiaceae sering kali memiliki struktur yang tidak biasa atau unik. Beberapa dapat memiliki bulu-bulu, polong, atau kelopak yang berbeda dari tumbuhan lain.

Daun Alternatif: Daun-daunnya sering kali bersusunan secara alternatif di sepanjang batang, meskipun terdapat variasi dalam bentuk dan ukuran daun.

Kelenjar Berair di Daun: Beberapa spesies memiliki kelenjar berair yang dapat menghasilkan cairan yang menetes dan memberikan perlindungan terhadap serangga pemangsa.

Buah yang Khas: Buah pada tumbuhan Euphorbiaceae juga dapat memiliki karakteristik yang unik, seperti buah kapsul, polong, atau struktur buah khusus lainnya.

Bentuk Batang yang Beragam: Batangnya dapat berbentuk pohon, semak, atau tanaman merambat, tergantung pada spesiesnya.

Habitat yang Beragam: Anggota famili Euphorbiaceae dapat ditemukan di berbagai habitat, mulai dari daerah gurun, hutan hujan, hingga tanah berbatu.


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

09 Maret 2024 01:01

Jawaban terverifikasi

<p><br>Famili Euphorbiaceae adalah keluarga tumbuhan berbunga yang mencakup beragam spesies tumbuhan, termasuk beberapa yang memiliki ciri khas yang umumnya terdapat dalam keluarga ini. Berikut adalah beberapa ciri khas tumbuhan Famili Euphorbiaceae:</p><p><strong>Getah (Latex):</strong> Tumbuhan dalam famili ini sering mengandung getah atau latex, yaitu cairan kental yang dikeluarkan oleh jaringan tumbuhan. Getah ini dapat beracun atau mengandung senyawa kimia yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit.</p><p><strong>Bunga yang Tidak Biasa:</strong> Bunga-bunga Euphorbiaceae memiliki struktur yang unik dan tidak biasa. Bunga-bunga ini seringkali tidak memiliki mahkota bunga yang jelas dan dapat disusun dalam struktur yang disebut ciatium, yang umumnya terlihat seperti bunga yang sangat kecil dan tidak mencolok.</p><p><strong>Daun Sederhana:</strong> Daun-daun pada tumbuhan Euphorbiaceae biasanya sederhana dan tersusun secara bergantian di sepanjang batang. Bentuk daun dapat bervariasi, dan beberapa spesies dapat memiliki daun dengan tepi yang bergerigi.</p><p><strong>Polong Buah:</strong> Beberapa tumbuhan dalam keluarga ini menghasilkan buah berupa polong yang membungkus biji-bijinya. Polong ini dapat memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda-beda tergantung pada spesiesnya.</p><p><strong>Akar yang Menonjol:</strong> Beberapa spesies Euphorbiaceae memiliki akar yang menonjol, terutama pada tumbuhan yang hidup di daerah kering. Akar ini dapat berfungsi untuk menyimpan air dan memberikan dukungan pada tumbuhan.</p><p><strong>Tanaman Beracun:</strong> Sebagian besar tumbuhan dalam famili ini mengandung senyawa-senyawa beracun, terutama pada getahnya. Oleh karena itu, sebagian besar tumbuhan Euphorbiaceae dapat menyebabkan iritasi kulit atau bahkan bersifat racun jika dikonsumsi.</p><p>Contoh tumbuhan yang termasuk dalam famili Euphorbiaceae antara lain adalah tanaman lidah buaya (Aloe vera), tanaman kaktus euphorbia (Euphorbia), dan tanaman jarak pagar (Jatropha curcas).</p>


Famili Euphorbiaceae adalah keluarga tumbuhan berbunga yang mencakup beragam spesies tumbuhan, termasuk beberapa yang memiliki ciri khas yang umumnya terdapat dalam keluarga ini. Berikut adalah beberapa ciri khas tumbuhan Famili Euphorbiaceae:

Getah (Latex): Tumbuhan dalam famili ini sering mengandung getah atau latex, yaitu cairan kental yang dikeluarkan oleh jaringan tumbuhan. Getah ini dapat beracun atau mengandung senyawa kimia yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Bunga yang Tidak Biasa: Bunga-bunga Euphorbiaceae memiliki struktur yang unik dan tidak biasa. Bunga-bunga ini seringkali tidak memiliki mahkota bunga yang jelas dan dapat disusun dalam struktur yang disebut ciatium, yang umumnya terlihat seperti bunga yang sangat kecil dan tidak mencolok.

Daun Sederhana: Daun-daun pada tumbuhan Euphorbiaceae biasanya sederhana dan tersusun secara bergantian di sepanjang batang. Bentuk daun dapat bervariasi, dan beberapa spesies dapat memiliki daun dengan tepi yang bergerigi.

Polong Buah: Beberapa tumbuhan dalam keluarga ini menghasilkan buah berupa polong yang membungkus biji-bijinya. Polong ini dapat memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda-beda tergantung pada spesiesnya.

Akar yang Menonjol: Beberapa spesies Euphorbiaceae memiliki akar yang menonjol, terutama pada tumbuhan yang hidup di daerah kering. Akar ini dapat berfungsi untuk menyimpan air dan memberikan dukungan pada tumbuhan.

Tanaman Beracun: Sebagian besar tumbuhan dalam famili ini mengandung senyawa-senyawa beracun, terutama pada getahnya. Oleh karena itu, sebagian besar tumbuhan Euphorbiaceae dapat menyebabkan iritasi kulit atau bahkan bersifat racun jika dikonsumsi.

Contoh tumbuhan yang termasuk dalam famili Euphorbiaceae antara lain adalah tanaman lidah buaya (Aloe vera), tanaman kaktus euphorbia (Euphorbia), dan tanaman jarak pagar (Jatropha curcas).


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apa itu teks ekslanasi

7

0.0

Jawaban terverifikasi