Andy D

13 Juni 2022 19:42

Iklan

Iklan

Andy D

13 Juni 2022 19:42

Pertanyaan

Cermatilah teks eksplanasi di bawah ini ! Proses Terjadinya Petir Peristiwa terjadinya petir merupakan peristiwa listrik statis yang menghasilkan listrik yang sangat besar hingga jutaan volt. Tidak heran, jika ada pohon yang tersambar petir, pohon tersebut akan terbakar dan hangus. Petir merupakan fenomena yang umumnya terjadi bersamaan dengan hujan. Petir terjadi saat ada awan di angkasa yang bermuatan negatif dan bermuatan positif. Awan terus bergerak dengan bantuan angin. Awan yang bermuatan positif akan berkumpul dengan awan bermuatan positif lainnya. Pada saat ion bebas yang memiliki muatan negatif dan muatan positif berkumpul di awan, awan yang bergerak oleh tiupan angin akan bergesekan dengan awan yang lainnya. Saat awan bergerak dan bertemu, terjadilah beda potensial yang tinggi sehingga elektron akan terlepas ke permukaan bumi untuk menyeimbangkan muatan. Secara sederhana, saat terjadi beda potensial yang tinggi antara awan dengan bumi, awan akan melepaskan muatan negatifnya agar terjadi kesetimbangan muatan. Elektron atau muatan negatif yang mengalir ke bumi itulah yang disebut dengan petir. Proses loncatan elekron yang menembus batas isolasi udara akan menyebabkan suara petir. Loncatan elektron yang berupa bunga api tersebut sangat besar dan sangat panas. Pada saat bunga api itu melewati udara, udara tersebut akan memuai. Pemuaian yang secara tiba-tiba atau dalam waktu yan g singkat itulah yang menyebabkan adanya suara petir. Analisislah kelengkapan kaidah kebahasaaan teks eksplanasi di atas!


31

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

N. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

27 Juni 2022 11:11

Jawaban terverifikasi

Jawaban yang benar adalah kaidah kebahasaan teks eksplanasi tersebut sudah lengkap. Pembahasan Teks eksplanasi yaitu teks yang mengandung uraian mengenai berbagai fenomena yang ada di sekitar. Fenomena-fenomena yang dimaksud di antaranya adalah fenomena budaya, fenomena alam, fenomena sosial, dan sebagainya. Kaidah kebahasaan teks eksplanasi yaitu sebagai berikut 1. Penggunaan bahasa Indonesia baku sesuai dengan PUEBI. Penggunaan bahasa baku tersebut sesuai dengan kalimat : "Petir terjadi saat ada awan di angkasa yang bermuatan negatif dan bermuatan positif." 2. Adanya penggunaan beberapa istilah ilmiah. Kaidah tersebut sesuai dengan kalimat "Elektron atau muatan negatif yang mengalir ke bumi itulah yang disebut dengan petir." 3. Membahas hal-hal yang sifatnya umum, dengan tidak mengikutsertakan partisipan mengenai manusia. Kaidah tersebut dibuktikan dengan kalimat " Awan yang bermuatan positif akan berkumpul dengan awan bermuatan positif lainnya." 4. Penulisan teks harus sesuai dengan peristiwa yang benar-benar terjadi atau sesuai fakta. Kalimat yang sesuai dengan kaidah tersebut adalah Petir merupakan fenomena yang umumnya terjadi bersamaan dengan hujan. 5. Menggunakan kalimat pasif dan kalimat tidak langsung dalam isi teks. Kaidah tersebut dibuktikan dengan kalimat "Proses loncatan elekron yang menembus batas isolasi udara akan menyebabkan suara petir." Kesimpulan Jadi, kelengkapan kaidah kebahasaan teks eksplanasi proses terjadinya petir sudah lengkap.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

berikan 3 contoh kata bilangan di teks laporan percobaan hasil percobaan

196

5.0

Jawaban terverifikasi

Bacalah kutipan puisi berikut! Pagiku hilang sudah melayang Hari mudaku sudah pergi Sekarang petang datang membayang Batang usiaku sudah tinggi. Aku lalai di hari pagi Beta lengah di masa muda Kini hidup meracuni hati Miskin ilmu miskin harta Kata petang mempunyai makna lambang a. suasana senja b. masa tua C. waktu sore hari d. kehidupan manusia

550

3.5

Lihat jawaban (2)

Iklan

Iklan