Fadelia B

06 Mei 2022 12:45

Iklan

Iklan

Fadelia B

06 Mei 2022 12:45

Pertanyaan

Cermatilah puisi rakyat berikut! Ketika muda malas sembahyang Masa tua bisa terguncang Siapa tidak hormat orang tua Akan jauh dari bau surga Apakah jenis puisi rakyat tersebut?


1

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

N. Dwi

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

09 Juni 2022 13:47

Jawaban terverifikasi

Jenis puisi rakyat di atas adalah gurindam. Untuk memahami jawaban tersebut, perhatikan pembahasan berikut. Gurindam adalah puisi lama dengan ungkapan yang terdiri dari dua baris dalam satu bait dengan rima a-a. Ciri-ciri gurindam, yaitu: a) bait gurindam haruslah berupa satu kesatuan yang utuh, b) bait merupakan isi yang saling berkaitan c) jumlah baris terdiri atas dua baris, dan d) sajak atau rima a-a. Berdasarkan penjelasan, jenis puisi rakyat di atas adalah gurindam. Hal tersebut karena larik dalam bait di atas adalah isi berupa nasihat dengan sajak a-a. Berikut adalah analisis sajaknya. "Ketika muda malas sembahyang (g) Masa tua bisa terguncang (g) Siapa tidak hormat orang tua (a) Akan jauh dari bau surga (a)" Dengan demikian, jenis puisi rakyat di atas adalah gurindam.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

berikan 3 contoh kata bilangan di teks laporan percobaan hasil percobaan

183

5.0

Jawaban terverifikasi

Bacalah kutipan puisi berikut! Pagiku hilang sudah melayang Hari mudaku sudah pergi Sekarang petang datang membayang Batang usiaku sudah tinggi. Aku lalai di hari pagi Beta lengah di masa muda Kini hidup meracuni hati Miskin ilmu miskin harta Kata petang mempunyai makna lambang a. suasana senja b. masa tua C. waktu sore hari d. kehidupan manusia

477

3.5

Lihat jawaban (2)

Iklan

Iklan