Hyral H

13 Juni 2024 04:23

Iklan

Iklan

Hyral H

13 Juni 2024 04:23

Pertanyaan

Cermati dampak pencemaran air berikut ini! 1. Menurunnya oksigen terlarut 2. Pertumbuhan pesat eceng gondok 3. Resistansi hama tanaman 4. Akumulasi zat kimia di dalam tubuh predator 5. Mengganggu aktivitas fotosintesis fitoplankton Dampak pencemaran perairan oleh limbah rumah tangga terdapat pada nomor? * 1, 2, dan 3 1, 2, dan 5 2, 4, dan 5 2 dan 4 4 dan 5

Cermati dampak pencemaran air berikut ini!

1.      Menurunnya oksigen terlarut

2.      Pertumbuhan pesat eceng gondok

3.      Resistansi hama tanaman

4.      Akumulasi zat kimia di dalam tubuh predator

5.      Mengganggu aktivitas fotosintesis fitoplankton

Dampak pencemaran perairan oleh limbah rumah tangga terdapat pada nomor?

*

 

1, 2, dan 3

 

1, 2, dan 5

 

2, 4, dan 5

 

2 dan 4

 

4 dan 5


64

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Navniaaa N

13 Juni 2024 08:27

Jawaban terverifikasi

<p>1,2 dan 5</p><p>karena menurunkan oksigen terlarut!&nbsp;</p><p>penjelasan mengapa no 2?</p><p>Pesatnya pertumbuhan eceng gondok di danau terjadi karena tanaman eceng gondok menyerap zat nitrogen dan fosfat yang masuk ke danau sebagai akibat dari penggunaan pupuk kimia yang digunakan di sawah- sawah di wilayah hulu danau.&nbsp;</p><p>akibat adanya limbah dari rumah tangga juga merusak fotosintesis yang ada pada fitoplankton yang berada di perairan atau di daerah pembuangan</p>

1,2 dan 5

karena menurunkan oksigen terlarut! 

penjelasan mengapa no 2?

Pesatnya pertumbuhan eceng gondok di danau terjadi karena tanaman eceng gondok menyerap zat nitrogen dan fosfat yang masuk ke danau sebagai akibat dari penggunaan pupuk kimia yang digunakan di sawah- sawah di wilayah hulu danau. 

akibat adanya limbah dari rumah tangga juga merusak fotosintesis yang ada pada fitoplankton yang berada di perairan atau di daerah pembuangan


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

18 Juni 2024 03:56

<p>jawabannya adalah 2,4, dan 5.</p><p>&nbsp;</p><p>Pencemaran air oleh limbah rumah tangga memiliki beberapa dampak yang signifikan terhadap lingkungan perairan. Berikut adalah penjelasan mengenai dampak yang tercantum:</p><p><strong>Pertumbuhan pesat eceng gondok (nomor 2)</strong>: Limbah organik yang terbuang ke perairan dapat menyebabkan pertumbuhan berlebihan dari tanaman air seperti eceng gondok. Eceng gondok yang berlebihan dapat menyebabkan masalah ekologis seperti penurunan oksigen terlarut dan menghalangi cahaya matahari masuk ke dalam air, yang berdampak pada kehidupan akuatik lainnya.</p><p><strong>Akumulasi zat kimia di dalam tubuh predator (nomor 4)</strong>: Limbah kimia dari rumah tangga seperti deterjen, pestisida, atau logam berat dapat terakumulasi di dalam tubuh organisme predator di dalam rantai makanan perairan. Akumulasi ini dapat mengganggu keseimbangan ekosistem dan membahayakan kesehatan organisme yang lebih tinggi dalam rantai makanan.</p><p><strong>Mengganggu aktivitas fotosintesis fitoplankton (nomor 5)</strong>: Zat-zat kimia dalam limbah rumah tangga dapat mengganggu proses fotosintesis fitoplankton, yang merupakan produsen utama dalam rantai makanan perairan. Gangguan ini dapat menyebabkan penurunan produksi pangan bagi organisme akuatik lainnya serta mengganggu keseimbangan ekosistem perairan.</p>

jawabannya adalah 2,4, dan 5.

 

Pencemaran air oleh limbah rumah tangga memiliki beberapa dampak yang signifikan terhadap lingkungan perairan. Berikut adalah penjelasan mengenai dampak yang tercantum:

Pertumbuhan pesat eceng gondok (nomor 2): Limbah organik yang terbuang ke perairan dapat menyebabkan pertumbuhan berlebihan dari tanaman air seperti eceng gondok. Eceng gondok yang berlebihan dapat menyebabkan masalah ekologis seperti penurunan oksigen terlarut dan menghalangi cahaya matahari masuk ke dalam air, yang berdampak pada kehidupan akuatik lainnya.

Akumulasi zat kimia di dalam tubuh predator (nomor 4): Limbah kimia dari rumah tangga seperti deterjen, pestisida, atau logam berat dapat terakumulasi di dalam tubuh organisme predator di dalam rantai makanan perairan. Akumulasi ini dapat mengganggu keseimbangan ekosistem dan membahayakan kesehatan organisme yang lebih tinggi dalam rantai makanan.

Mengganggu aktivitas fotosintesis fitoplankton (nomor 5): Zat-zat kimia dalam limbah rumah tangga dapat mengganggu proses fotosintesis fitoplankton, yang merupakan produsen utama dalam rantai makanan perairan. Gangguan ini dapat menyebabkan penurunan produksi pangan bagi organisme akuatik lainnya serta mengganggu keseimbangan ekosistem perairan.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Perhatikan pernyataan di bawah ini 1. memberi pendidikan agama 2. menyediakan tempat kediaman 3. memberi nafkah sesuai kemampuan 4. bersyukur atas nafkah yang ia terima 5. memberi kebebasan berfikir dan bertindak 6. taat pada perintahnya selama tidak bertentangan dengan agama Berdasarkan pernyataan diatas, yang termasuk kewajiban suami terhadap istri ditunjukan oleh nomor? A. 1, 2, dan 5 B. 2, 3, dan 6 C. 3, 4, dan 1 D. 4, 5, dan 2 E. 5, 6, dan 3 Bantu jawab ya gesπŸ™πŸ»

33

5.0

Jawaban terverifikasi