Ai H

10 Desember 2022 15:18

Iklan

Ai H

10 Desember 2022 15:18

Pertanyaan

Cermati beberapa reaksi senyawa hidrokarbon berikut! Reaksi substitusi dan adisi berturut-turut ditunjukkan oleh angka ...

alt

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

01

:

13

:

43

:

43

Klaim

4

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

S. Susanti

Mahasiswa/Alumni Universitas Jayabaya

03 Januari 2023 10:52

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban : 3 dan 2.</p><p>&nbsp;</p><p>Beberapa jenis reaksi yang terjadi pada senyawa hidrokarbon adalah sebagai berikut.</p><p>1. Reaksi substitusi : merupakan reaksi dimana terjadi pertukaran atau penggantian suatu atom atau gugus atom oleh atom (gugus atom) yang lain.&nbsp;</p><p>2. Reaksi adisi : reaksi pemutusan ikatan rangkap menjadi ikatan tunggal.&nbsp;</p><p>3. Reaksi eliminasi : reaksi pembentukan ikatan rangkap / reaksi penghilangan suatu atom pada senyawa yang menyebabkan ikatan tunggal berubah menjadi ikatan rangkap.&nbsp;</p><p>4. Reaksi oksidasi : disebut juga sebagai reaksi pembakaran. Reaksi oksidasi merupakan reaksi hidrokarbon dengan gas oksigen (O2). Reaksi pembakaran sempurna senyawa hidrokarbon menghasilkan gas karbondioksida (CO2) dan air (H2O).</p><p>&nbsp;</p><p>Pada soal di atas,&nbsp;</p><p>- Reaksi 1) merupakan reaksi eliminasi karena ikatan tunggal (-) berubah menjadi ikatan rangkap (=).&nbsp;</p><p>- Reaksi 2) merupakan reaksi adisi karena terjadi pemutusan ikatan rangkap (=) menjadi ikatan tunggal (-).&nbsp;</p><p>- Reaksi 3) merupakan reaksi substitusi karena salah satu atom H digantikan oleh atom Br dan jenis ikatannya tetap berupa ikatan tunggal (-).</p><p>- Reaksi 4) merupakan reaksi oksidasi.</p><p>&nbsp;</p><p>Jadi, reaksi substitusi dan adisi berturut-turut ditunjukkan oleh angka 3 dan 2.</p>

Jawaban : 3 dan 2.

 

Beberapa jenis reaksi yang terjadi pada senyawa hidrokarbon adalah sebagai berikut.

1. Reaksi substitusi : merupakan reaksi dimana terjadi pertukaran atau penggantian suatu atom atau gugus atom oleh atom (gugus atom) yang lain. 

2. Reaksi adisi : reaksi pemutusan ikatan rangkap menjadi ikatan tunggal. 

3. Reaksi eliminasi : reaksi pembentukan ikatan rangkap / reaksi penghilangan suatu atom pada senyawa yang menyebabkan ikatan tunggal berubah menjadi ikatan rangkap. 

4. Reaksi oksidasi : disebut juga sebagai reaksi pembakaran. Reaksi oksidasi merupakan reaksi hidrokarbon dengan gas oksigen (O2). Reaksi pembakaran sempurna senyawa hidrokarbon menghasilkan gas karbondioksida (CO2) dan air (H2O).

 

Pada soal di atas, 

- Reaksi 1) merupakan reaksi eliminasi karena ikatan tunggal (-) berubah menjadi ikatan rangkap (=). 

- Reaksi 2) merupakan reaksi adisi karena terjadi pemutusan ikatan rangkap (=) menjadi ikatan tunggal (-). 

- Reaksi 3) merupakan reaksi substitusi karena salah satu atom H digantikan oleh atom Br dan jenis ikatannya tetap berupa ikatan tunggal (-).

- Reaksi 4) merupakan reaksi oksidasi.

 

Jadi, reaksi substitusi dan adisi berturut-turut ditunjukkan oleh angka 3 dan 2.


Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan