Rayyan B

27 Mei 2024 08:19

Iklan

Iklan

Rayyan B

27 Mei 2024 08:19

Pertanyaan

cara membedakan norma folkways dan usage serta mores. jelasin tiap poinnya jangan contohnya aja

cara membedakan norma folkways dan usage serta mores. jelasin tiap poinnya jangan contohnya aja 


11

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

27 Mei 2024 08:31

Jawaban terverifikasi

【Jawaban】: Norma folkways adalah norma yang berkaitan dengan kebiasaan sehari-hari yang tidak ditulis dan tidak memiliki sanksi yang kuat jika dilanggar. Contohnya adalah cara berpakaian atau cara makan. Norma usage adalah norma yang berkaitan dengan penggunaan bahasa atau simbol tertentu dalam masyarakat. Contohnya adalah cara berbicara atau cara menggunakan bahasa tertentu. Norma mores adalah norma yang memiliki sanksi yang kuat jika dilanggar dan berkaitan dengan nilai-nilai moral dalam masyarakat. Contohnya adalah norma tentang larangan mencuri atau larangan berbohong. 【Penjelasan】: Norma adalah aturan yang mengatur perilaku individu dalam masyarakat. Ada beberapa jenis norma, di antaranya adalah norma folkways, norma usage, dan norma mores. 1. Norma folkways: Merupakan norma yang berkaitan dengan kebiasaan sehari-hari yang tidak ditulis dan tidak memiliki sanksi yang kuat jika dilanggar. Contohnya adalah cara berpakaian atau cara makan. Pelanggaran terhadap norma ini biasanya hanya mendapatkan sanksi sosial ringan seperti teguran atau pandangan negatif dari orang lain. 2. Norma usage: Merupakan norma yang berkaitan dengan penggunaan bahasa atau simbol tertentu dalam masyarakat. Contohnya adalah cara berbicara atau cara menggunakan bahasa tertentu. Pelanggaran terhadap norma ini biasanya hanya mendapatkan sanksi sosial ringan seperti teguran atau pandangan negatif dari orang lain. 3. Norma mores: Merupakan norma yang memiliki sanksi yang kuat jika dilanggar dan berkaitan dengan nilai-nilai moral dalam masyarakat. Contohnya adalah norma tentang larangan mencuri atau larangan berbohong. Pelanggaran terhadap norma ini biasanya mendapatkan sanksi yang lebih kuat seperti hukuman pidana atau denda. Dengan memahami perbedaan antara ketiga jenis norma ini, kita dapat lebih memahami bagaimana masyarakat mengatur perilaku individu dan bagaimana individu berinteraksi satu sama lain dalam masyarakat.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

27 Mei 2024 13:33

Jawaban terverifikasi

<p>Norma folkways, usage, dan mores adalah bagian dari norma-norma sosial yang mengatur perilaku dan interaksi dalam masyarakat. Berikut adalah cara membedakan ketiganya:</p><p><strong>Folkways</strong>:</p><ul><li>Folkways adalah norma-norma sosial yang bersifat konvensional dan biasa dalam kehidupan sehari-hari.</li><li>Mereka mengatur perilaku yang dianggap rutin dan normal dalam masyarakat, tetapi tidak memiliki sanksi yang keras jika dilanggar.</li><li>Folkways sering kali berkaitan dengan adat istiadat, kebiasaan, dan tata cara sosial yang dipahami dan diikuti oleh anggota masyarakat.</li><li>Pelanggaran terhadap norma folkways biasanya tidak dianggap serius dan tidak menyebabkan reaksi negatif yang kuat dari masyarakat.</li></ul><p><strong>Usage</strong>:</p><ul><li>Usage mengacu pada norma-norma sosial yang berkaitan dengan bahasa dan tata cara berkomunikasi dalam masyarakat.</li><li>Mereka menetapkan aturan-aturan tentang cara berbicara, berkomunikasi, dan berinteraksi secara verbal dalam kehidupan sehari-hari.</li><li>Usage dapat mencakup aturan-aturan tentang kata-kata yang digunakan, cara berbicara yang sopan, tata bahasa, dan norma-norma sosial lainnya yang berkaitan dengan komunikasi.</li><li>Pelanggaran terhadap usage dapat dianggap tidak sopan atau tidak pantas, tetapi tidak selalu diikuti oleh sanksi yang keras.</li></ul><p><strong>Mores</strong>:</p><ul><li>Mores adalah norma-norma sosial yang berkaitan dengan moral dan etika dalam masyarakat.</li><li>Mereka menetapkan standar perilaku yang dianggap penting untuk menjaga moral dan integritas sosial.</li><li>Pelanggaran terhadap mores dapat menyebabkan reaksi negatif yang kuat dari masyarakat, dan sering kali diikuti oleh sanksi sosial atau hukuman yang berat.</li><li>Mores sering kali berkaitan dengan nilai-nilai yang dianggap fundamental dalam masyarakat, seperti kejujuran, kesetiaan, dan keadilan.</li></ul>

Norma folkways, usage, dan mores adalah bagian dari norma-norma sosial yang mengatur perilaku dan interaksi dalam masyarakat. Berikut adalah cara membedakan ketiganya:

Folkways:

  • Folkways adalah norma-norma sosial yang bersifat konvensional dan biasa dalam kehidupan sehari-hari.
  • Mereka mengatur perilaku yang dianggap rutin dan normal dalam masyarakat, tetapi tidak memiliki sanksi yang keras jika dilanggar.
  • Folkways sering kali berkaitan dengan adat istiadat, kebiasaan, dan tata cara sosial yang dipahami dan diikuti oleh anggota masyarakat.
  • Pelanggaran terhadap norma folkways biasanya tidak dianggap serius dan tidak menyebabkan reaksi negatif yang kuat dari masyarakat.

Usage:

  • Usage mengacu pada norma-norma sosial yang berkaitan dengan bahasa dan tata cara berkomunikasi dalam masyarakat.
  • Mereka menetapkan aturan-aturan tentang cara berbicara, berkomunikasi, dan berinteraksi secara verbal dalam kehidupan sehari-hari.
  • Usage dapat mencakup aturan-aturan tentang kata-kata yang digunakan, cara berbicara yang sopan, tata bahasa, dan norma-norma sosial lainnya yang berkaitan dengan komunikasi.
  • Pelanggaran terhadap usage dapat dianggap tidak sopan atau tidak pantas, tetapi tidak selalu diikuti oleh sanksi yang keras.

Mores:

  • Mores adalah norma-norma sosial yang berkaitan dengan moral dan etika dalam masyarakat.
  • Mereka menetapkan standar perilaku yang dianggap penting untuk menjaga moral dan integritas sosial.
  • Pelanggaran terhadap mores dapat menyebabkan reaksi negatif yang kuat dari masyarakat, dan sering kali diikuti oleh sanksi sosial atau hukuman yang berat.
  • Mores sering kali berkaitan dengan nilai-nilai yang dianggap fundamental dalam masyarakat, seperti kejujuran, kesetiaan, dan keadilan.

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

2. Pak Arbi selalu mengajarkan kepada anak- anaknya untuk menghormati orang yang lebih tua dan menyayangi orang yang lebih muda. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa Pak Arbi menjalankan salah satu fungsi lembaga keluarga, yaitu fungsi.... A. Afeksi B. Proteksi C. Sosialisasi D. Pemberian status E. Pengawasan sosial

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi