Serena S

25 Agustus 2023 06:18

Iklan

Iklan

Serena S

25 Agustus 2023 06:18

Pertanyaan

bukti penjelajah samudra dari 1. portugis 2. spanyol 3. belanda 4. inggris​


36

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

25 Agustus 2023 06:44

Jawaban terverifikasi

Bukti penjelajah samudra dari negara-negara tersebut termasuk dokumentasi sejarah, bukti arkeologi, peta, jurnal pelayaran, dan hasil penemuan dari ekspedisi penjelajahan. Berikut adalah beberapa bukti yang relevan untuk masing-masing negara: 1. Portugis: - Bartolomeu Dias: Pada tahun 1488, Dias mencapai Tanjung Harapan di ujung selatan Afrika, membuktikan bahwa samudra Atlantik dapat dilalui menuju Samudra Hindia. - Vasco da Gama: Dalam ekspedisi tahun 1497-1499, da Gama menjadi penjelajah Eropa pertama yang mengelilingi Tanjung Harapan dan mencapai India melalui jalur laut. - Peta-Peta Laut Dieppe: Pada abad ke-16, peta-peta laut tersebut mencantumkan rute dan penemuan Portugis di pesisir Afrika dan Samudra Hindia. 2. Spanyol: - Christopher Columbus: Pada tahun 1492, Columbus mencapai Dunia Baru (Amerika) atas komisi Spanyol. - Ferdinand Magellan: Pada ekspedisi pada tahun 1519-1522, Magellan mengelilingi dunia yang membuktikan bahwa bumi bulat dan melebihi perbatasan Samudra Hindia. 3. Belanda: - Cornelis de Houtman: Pada tahun 1596, de Houtman memimpin ekspedisi Belanda pertama ke Hindia Timur. - Willem Janszoon: Pada tahun 1605, Janszoon menjelajahi Pantai Australia Utara, menjadi penjelajah Eropa pertama yang menginjakkan kaki di Australia. 4. Inggris: - Sir Francis Drake: Pada tahun 1577-1580, Drake mengelilingi dunia dan menyeberangi Samudra Pasifik, menjadi penjelajah Inggris pertama yang melakukannya. - James Cook: Pada tiga ekspedisi antara 1768 dan 1779, Cook menjelajahi Samudra Pasifik dan menemukan banyak pulau dan wilayah baru seperti Polinesia dan pantai timur Australia. Semua bukti penjelajah samudra dari negara-negara ini dapat ditemukan dalam dokumentasi sejarah, laporan pelayaran, peta, dan catatan penemuan yang masih ada hingga saat ini.


Iklan

Iklan

Vincent M

Community

25 Agustus 2023 07:54

Jawaban terverifikasi

<p>Tentu, berikut adalah beberapa bukti dari penjelajah dari negara-negara tersebut:</p><p><strong>Penjelajah Portugis:</strong></p><ul><li>Vasco da Gama: Pada tahun 1498, Vasco da Gama menjadi orang Eropa pertama yang mencapai India melalui jalur laut mengelilingi Tanjung Harapan (Tanjung Good Hope) di Afrika. Ini membuka jalur perdagangan langsung dengan India.</li></ul><p><strong>Penjelajah Spanyol:</strong></p><ul><li>Christopher Columbus (Kristoforus Kolumbus): Pada tahun 1492, Columbus melakukan perjalanan pertamanya yang terkenal dengan tiga kapal, mencapai "Dunia Baru" Amerika dan mendarat di Pulau San Salvador (sekarang bagian dari Bahama).</li><li>Ferdinand Magellan (Ferdinando Magellano): Pada tahun 1519-1522, ekspedisi Magellan mengelilingi dunia untuk pertama kalinya, meskipun Magellan sendiri tewas dalam perjalanan. Ekspedisi ini menunjukkan bahwa bumi adalah bulat dan membuktikan bahwa benua Amerika adalah terpisah dari Asia.</li></ul><p><strong>Penjelajah Belanda:</strong></p><ul><li>Willem Janszoon: Pada tahun 1606, Willem Janszoon menjadi orang Eropa pertama yang mencapai benua Australia (yang saat itu disebut Nova Guinea) di wilayah yang sekarang dikenal sebagai Queensland, Australia.</li><li>Abel Tasman: Pada tahun 1642-1643, Abel Tasman menjelajahi pantai selatan Australia dan menemukan Tasmania (yang kemudian dinamakan sesuai namanya), Selandia Baru, dan Kepulauan Fiji.</li></ul><p><strong>Penjelajah Inggris:</strong></p><ul><li>James Cook: Kapten Cook melakukan tiga ekspedisi besar antara tahun 1768 dan 1779. Pada ekspedisi pertamanya, ia mengamati transit Venus di Tahiti dan menjelajahi pantai timur Australia. Pada ekspedisi ketiganya, ia mencapai Hawaai, di mana ia akhirnya tewas dalam konfrontasi dengan penduduk asli.</li></ul><p>Bukti mengenai penjelajahan-penjelajahan ini dapat ditemukan dalam jurnal perjalanan, catatan navigasi, peta, laporan pemerintah, serta dokumentasi sejarah dan arkeologi lainnya.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>

Tentu, berikut adalah beberapa bukti dari penjelajah dari negara-negara tersebut:

Penjelajah Portugis:

  • Vasco da Gama: Pada tahun 1498, Vasco da Gama menjadi orang Eropa pertama yang mencapai India melalui jalur laut mengelilingi Tanjung Harapan (Tanjung Good Hope) di Afrika. Ini membuka jalur perdagangan langsung dengan India.

Penjelajah Spanyol:

  • Christopher Columbus (Kristoforus Kolumbus): Pada tahun 1492, Columbus melakukan perjalanan pertamanya yang terkenal dengan tiga kapal, mencapai "Dunia Baru" Amerika dan mendarat di Pulau San Salvador (sekarang bagian dari Bahama).
  • Ferdinand Magellan (Ferdinando Magellano): Pada tahun 1519-1522, ekspedisi Magellan mengelilingi dunia untuk pertama kalinya, meskipun Magellan sendiri tewas dalam perjalanan. Ekspedisi ini menunjukkan bahwa bumi adalah bulat dan membuktikan bahwa benua Amerika adalah terpisah dari Asia.

Penjelajah Belanda:

  • Willem Janszoon: Pada tahun 1606, Willem Janszoon menjadi orang Eropa pertama yang mencapai benua Australia (yang saat itu disebut Nova Guinea) di wilayah yang sekarang dikenal sebagai Queensland, Australia.
  • Abel Tasman: Pada tahun 1642-1643, Abel Tasman menjelajahi pantai selatan Australia dan menemukan Tasmania (yang kemudian dinamakan sesuai namanya), Selandia Baru, dan Kepulauan Fiji.

Penjelajah Inggris:

  • James Cook: Kapten Cook melakukan tiga ekspedisi besar antara tahun 1768 dan 1779. Pada ekspedisi pertamanya, ia mengamati transit Venus di Tahiti dan menjelajahi pantai timur Australia. Pada ekspedisi ketiganya, ia mencapai Hawaai, di mana ia akhirnya tewas dalam konfrontasi dengan penduduk asli.

Bukti mengenai penjelajahan-penjelajahan ini dapat ditemukan dalam jurnal perjalanan, catatan navigasi, peta, laporan pemerintah, serta dokumentasi sejarah dan arkeologi lainnya.

 

 


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Apakah dampak perang dunia II terhadap kehidupan politik dunia?

767

5.0

Jawaban terverifikasi