Nama S

12 Februari 2024 00:50

Iklan

Nama S

12 Februari 2024 00:50

Pertanyaan

Buatlah UML Class Diagram dan kode sumber yang menerapkan konsep pewarisan dengan tema bebas! Minimal 3 class Buatlah menggunakan bahasa pemrograman Java

Buatlah UML Class Diagram dan kode sumber yang menerapkan konsep pewarisan dengan tema 
bebas! Minimal 3 class 

 

Buatlah menggunakan bahasa pemrograman Java 

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

01

:

12

:

59

:

35


2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Salsabila M

Community

Level 58

31 Maret 2024 07:01

Jawaban terverifikasi

<p><br>Berikut adalah contoh UML Class Diagram dan kode sumber Java yang menerapkan konsep pewarisan (inheritance) dengan tema "Karyawan" yang memiliki subclass "Manager" dan "Staff".</p><p><strong>UML Class Diagram:</strong></p><p>&nbsp;_____________________ &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;____________________<br>| &nbsp; &nbsp; &nbsp;Karyawan &nbsp; &nbsp; &nbsp; | &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;| &nbsp; &nbsp; &nbsp; Manager &nbsp; &nbsp; &nbsp;|<br>|---------------------| &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;|--------------------|<br>| - id: int &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; | &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;| - bonus: double &nbsp; &nbsp;|<br>| - nama: String &nbsp; &nbsp; &nbsp;| &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;|____________________|<br>| - gajiPokok: double |<br>|---------------------|<br>| + Karyawan(id: int, | &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;____________________<br>| &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;nama: &nbsp; &nbsp;| &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; | &nbsp; &nbsp; &nbsp; Staff &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;|<br>| &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;String, &nbsp;| &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; |--------------------|<br>| &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;gajiPokok:| &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; | - lembur: double &nbsp; |<br>| &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;double) &nbsp;| &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; |____________________|<br>| + info(): void &nbsp; &nbsp; |<br>|_____________________|</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Kode Sumber Java:</strong></p><p>// Class Karyawan (superclass)<br>public class Karyawan {<br>&nbsp; &nbsp;private int id;<br>&nbsp; &nbsp;private String nama;<br>&nbsp; &nbsp;private double gajiPokok;</p><p>&nbsp; &nbsp;// Constructor<br>&nbsp; &nbsp;public Karyawan(int id, String nama, double gajiPokok) {<br>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;this.id = id;<br>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;this.nama = nama;<br>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;this.gajiPokok = gajiPokok;<br>&nbsp; &nbsp;}</p><p>&nbsp; &nbsp;// Method info()<br>&nbsp; &nbsp;public void info() {<br>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;System.out.println("Karyawan: ID " + id + ", Nama: " + nama + ", Gaji Pokok: " + gajiPokok);<br>&nbsp; &nbsp;}<br>}</p><p>// Class Manager (subclass dari Karyawan)<br>public class Manager extends Karyawan {<br>&nbsp; &nbsp;private double bonus;</p><p>&nbsp; &nbsp;// Constructor<br>&nbsp; &nbsp;public Manager(int id, String nama, double gajiPokok, double bonus) {<br>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;super(id, nama, gajiPokok);<br>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;this.bonus = bonus;<br>&nbsp; &nbsp;}</p><p>&nbsp; &nbsp;// Method info() override<br>&nbsp; &nbsp;@Override<br>&nbsp; &nbsp;public void info() {<br>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;super.info();<br>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;System.out.println("Bonus: " + bonus);<br>&nbsp; &nbsp;}<br>}</p><p>// Class Staff (subclass dari Karyawan)<br>public class Staff extends Karyawan {<br>&nbsp; &nbsp;private double lembur;</p><p>&nbsp; &nbsp;// Constructor<br>&nbsp; &nbsp;public Staff(int id, String nama, double gajiPokok, double lembur) {<br>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;super(id, nama, gajiPokok);<br>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;this.lembur = lembur;<br>&nbsp; &nbsp;}</p><p>&nbsp; &nbsp;// Method info() override<br>&nbsp; &nbsp;@Override<br>&nbsp; &nbsp;public void info() {<br>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;super.info();<br>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;System.out.println("Lembur: " + lembur);<br>&nbsp; &nbsp;}<br>}</p><p>// Main class untuk pengujian<br>public class Main {<br>&nbsp; &nbsp;public static void main(String[] args) {<br>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;Manager manager = new Manager(1, "John Doe", 5000000, 1000000);<br>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;Staff staff = new Staff(2, "Jane Smith", 3000000, 500000);</p><p>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;manager.info();<br>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;staff.info();<br>&nbsp; &nbsp;}<br>}<br>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Dalam contoh di atas, terdapat class Karyawan sebagai superclass yang memiliki atribut dan method umum untuk semua karyawan. Kemudian, terdapat subclass Manager dan Staff yang mewarisi atribut dan method dari superclass Karyawan dan menambahkan atribut dan method yang spesifik sesuai dengan peran masing-masing.</p>


Berikut adalah contoh UML Class Diagram dan kode sumber Java yang menerapkan konsep pewarisan (inheritance) dengan tema "Karyawan" yang memiliki subclass "Manager" dan "Staff".

UML Class Diagram:

 _____________________              ____________________
|      Karyawan       |            |       Manager      |
|---------------------|            |--------------------|
| - id: int           |            | - bonus: double    |
| - nama: String      |            |____________________|
| - gajiPokok: double |
|---------------------|
| + Karyawan(id: int, |            ____________________
|            nama:    |           |       Staff        |
|            String,  |           |--------------------|
|            gajiPokok:|           | - lembur: double   |
|            double)  |           |____________________|
| + info(): void     |
|_____________________|

 

 

Kode Sumber Java:

// Class Karyawan (superclass)
public class Karyawan {
   private int id;
   private String nama;
   private double gajiPokok;

   // Constructor
   public Karyawan(int id, String nama, double gajiPokok) {
       this.id = id;
       this.nama = nama;
       this.gajiPokok = gajiPokok;
   }

   // Method info()
   public void info() {
       System.out.println("Karyawan: ID " + id + ", Nama: " + nama + ", Gaji Pokok: " + gajiPokok);
   }
}

// Class Manager (subclass dari Karyawan)
public class Manager extends Karyawan {
   private double bonus;

   // Constructor
   public Manager(int id, String nama, double gajiPokok, double bonus) {
       super(id, nama, gajiPokok);
       this.bonus = bonus;
   }

   // Method info() override
   @Override
   public void info() {
       super.info();
       System.out.println("Bonus: " + bonus);
   }
}

// Class Staff (subclass dari Karyawan)
public class Staff extends Karyawan {
   private double lembur;

   // Constructor
   public Staff(int id, String nama, double gajiPokok, double lembur) {
       super(id, nama, gajiPokok);
       this.lembur = lembur;
   }

   // Method info() override
   @Override
   public void info() {
       super.info();
       System.out.println("Lembur: " + lembur);
   }
}

// Main class untuk pengujian
public class Main {
   public static void main(String[] args) {
       Manager manager = new Manager(1, "John Doe", 5000000, 1000000);
       Staff staff = new Staff(2, "Jane Smith", 3000000, 500000);

       manager.info();
       staff.info();
   }
}
 

 

Dalam contoh di atas, terdapat class Karyawan sebagai superclass yang memiliki atribut dan method umum untuk semua karyawan. Kemudian, terdapat subclass Manager dan Staff yang mewarisi atribut dan method dari superclass Karyawan dan menambahkan atribut dan method yang spesifik sesuai dengan peran masing-masing.


Iklan

Nanda R

Community

Level 89

08 April 2024 08:29

Jawaban terverifikasi

<p>Berikut adalah contoh UML Class Diagram dan kode sumber dalam Java yang menerapkan konsep pewarisan dengan tema "Animal Kingdom" yang terdiri dari kelas Animal, Mammal, dan Bird. Kode sumber ini akan menunjukkan hierarki kelas hewan di dalam kerajaan hewan:</p><p><strong>UML Class Diagram:</strong></p><p><strong>&nbsp;______________________</strong><br><strong>| &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;Animal &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;|</strong><br><strong>|----------------------|</strong><br><strong>| &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;|</strong><br><strong>| + name: String &nbsp; &nbsp; &nbsp; |</strong><br><strong>|----------------------|</strong><br><strong>| + eat(): void &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;|</strong><br><strong>| + sleep(): void &nbsp; &nbsp; &nbsp;|</strong><br><strong>|______________________|</strong><br><strong>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;|</strong><br><strong>&nbsp; _______V________</strong><br><strong>&nbsp;| &nbsp; &nbsp; &nbsp;Mammal &nbsp; &nbsp;|</strong><br><strong>&nbsp;|----------------|</strong><br><strong>&nbsp;| &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;|</strong><br><strong>&nbsp;|________________|</strong><br><strong>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; |</strong><br><strong>&nbsp; ________V_________</strong><br><strong>&nbsp;| &nbsp; &nbsp; &nbsp; Bird &nbsp; &nbsp; &nbsp; |</strong><br><strong>&nbsp;|-----------------|</strong><br><strong>&nbsp;| &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; |</strong><br><strong>&nbsp;|_________________|</strong><br>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Kode Sumber Java:</strong></p><p>// Animal.java<br>public class Animal {<br>&nbsp; &nbsp;private String name;</p><p>&nbsp; &nbsp;public Animal(String name) {<br>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;this.name = name;<br>&nbsp; &nbsp;}</p><p>&nbsp; &nbsp;public void eat() {<br>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;System.out.println(name + " is eating.");<br>&nbsp; &nbsp;}</p><p>&nbsp; &nbsp;public void sleep() {<br>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;System.out.println(name + " is sleeping.");<br>&nbsp; &nbsp;}<br>}</p><p>// Mammal.java<br>public class Mammal extends Animal {<br>&nbsp; &nbsp;public Mammal(String name) {<br>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;super(name);<br>&nbsp; &nbsp;}</p><p>&nbsp; &nbsp;public void giveBirth() {<br>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;System.out.println("Mammals give birth to live young.");<br>&nbsp; &nbsp;}<br>}</p><p>// Bird.java<br>public class Bird extends Animal {<br>&nbsp; &nbsp;public Bird(String name) {<br>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;super(name);<br>&nbsp; &nbsp;}</p><p>&nbsp; &nbsp;public void layEggs() {<br>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;System.out.println("Birds lay eggs.");<br>&nbsp; &nbsp;}<br>}</p><p>// Main.java<br>public class Main {<br>&nbsp; &nbsp;public static void main(String[] args) {<br>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;Animal lion = new Mammal("Lion");<br>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;Animal eagle = new Bird("Eagle");</p><p>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;lion.eat(); // Output: Lion is eating.<br>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;lion.sleep(); // Output: Lion is sleeping.<br>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;((Mammal) lion).giveBirth(); // Output: Mammals give birth to live young.</p><p>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;eagle.eat(); // Output: Eagle is eating.<br>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;eagle.sleep(); // Output: Eagle is sleeping.<br>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;((Bird) eagle).layEggs(); // Output: Birds lay eggs.<br>&nbsp; &nbsp;}<br>}<br>&nbsp;</p>

Berikut adalah contoh UML Class Diagram dan kode sumber dalam Java yang menerapkan konsep pewarisan dengan tema "Animal Kingdom" yang terdiri dari kelas Animal, Mammal, dan Bird. Kode sumber ini akan menunjukkan hierarki kelas hewan di dalam kerajaan hewan:

UML Class Diagram:

 ______________________
|        Animal        |
|----------------------|
|                      |
| + name: String       |
|----------------------|
| + eat(): void        |
| + sleep(): void      |
|______________________|
         |
  _______V________
 |      Mammal    |
 |----------------|
 |                |
 |________________|
          |
  ________V_________
 |       Bird       |
 |-----------------|
 |                 |
 |_________________|
 

 

Kode Sumber Java:

// Animal.java
public class Animal {
   private String name;

   public Animal(String name) {
       this.name = name;
   }

   public void eat() {
       System.out.println(name + " is eating.");
   }

   public void sleep() {
       System.out.println(name + " is sleeping.");
   }
}

// Mammal.java
public class Mammal extends Animal {
   public Mammal(String name) {
       super(name);
   }

   public void giveBirth() {
       System.out.println("Mammals give birth to live young.");
   }
}

// Bird.java
public class Bird extends Animal {
   public Bird(String name) {
       super(name);
   }

   public void layEggs() {
       System.out.println("Birds lay eggs.");
   }
}

// Main.java
public class Main {
   public static void main(String[] args) {
       Animal lion = new Mammal("Lion");
       Animal eagle = new Bird("Eagle");

       lion.eat(); // Output: Lion is eating.
       lion.sleep(); // Output: Lion is sleeping.
       ((Mammal) lion).giveBirth(); // Output: Mammals give birth to live young.

       eagle.eat(); // Output: Eagle is eating.
       eagle.sleep(); // Output: Eagle is sleeping.
       ((Bird) eagle).layEggs(); // Output: Birds lay eggs.
   }
}
 


Buka akses jawaban yang telah terverifikasi

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke AiRIS

Yuk, cobain chat dan belajar bareng AiRIS, teman pintarmu!

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

A. BERILAH TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, ATAU C PADA JAWABAN YANG BENAR! 1. Kerajaan Hindu tertua di Indonesia adalah kerajaan …. a. Sriwijaya b. Singasari c. Kutai d. Majapahit 2. Prasasti Batu Bertulis, Prasasti Tugu dan Prasasti Kebon Kopi adalah peninggalan kerajaan …. a. Majapahit b. Demak c. Tarumanegara d. Gowa-Tallo 3. Kerajaan Mataram Islam mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan …. a. Hayam Wuruk b. Sultan Agung c. Sultan Ageng Tirtayasa d. Sultan Hasanudin 4. Kerajaan Islam pertama di Indonesia adalah …. a. Aceh b. Demak c. Gowa-Tallo d. Samudra Pasai 5. Berikut adalah peninggalan kerajaan Islam, kecuali … a. Masjid Demak b. Menara Kudus c. Candi Borobudur d. Pondok Pesantren 6. Kerajaan Majapahit dikenal dengan kerajaan yang mempunyai …. a. Permaisuri yang cantik-cantik b. Angkatan darat yang banyak c. Raja-raja yang bijak d. Kekuatan maritim yang besar 7. Berikut ini yang bukan termasuk kenampakan alam adalah …. a. Sungai b. Pelabuhan c. Danau d. Gunung 8. Daratan yang menjorok ke laut dinamakan …. a. Lembah b. Teluk c. Selat d. Tanjung 9. Wilayah Indonesia dibagi menjadi …. waktu. a. 3 bagian b. 4 bagian c. 2 bagian d. 1 bagian 10. Dataran tinggi Dieng terdapat di Provinsi …. a. Jawa Tengah b. Jawa timur c. Jawa barat d. Banten 11. Kota Semarang, Palembang dan Padang termasuk wilayah Indonesia dengan pembagian waktu … a. WITA b. WIB c. WIT d. WIS 12. Keanekaragaman suku-suku bangsa Indonesia antara lain dipengaruhi oleh …. a. Perbedaan kondisi lingkungan yang ditempati b. Persamaan lingkungan pulau yang ditempati c. Banyaknya gunung berapi di Indonesia d. Perbedaan jenis iklim antar pulau di Indonesia 13. Suku Asmat, Bintuni dan Sentani berasal dari pulau …. a. Kalimantan b. Sumatra c. Papua d. Jawa 14. Upacara pembakaran jenazah di Bali dikenal dengan nama …. a. Wiwit b. Legong c. Ngaben d. Kecak 15. Berikut adalah suku-suku yang ada di pulau Jawa, kecuali …. a. Jawa b. Sunda c. Toraja d. Tengger 16. Alat musik berikut ini yang berasal dari daerah Nusa Tenggara adalah …. a. Bonang b. Sasando c. Popondi d. Rebab 17. Berikut ini adalah contoh pakaian adat yang benar sesuai daerah asalnya adalah …. a. Ulos dari Jawa Barat b. Baju Kurung dari Sumatra Barat c. Beskap dari Sumatra Utara d. Kebaya dari Kalimantan Selatan 18. Berikut yang tidak termasuk kebudayaan daerah Indonesia adalah …. a. Tarian daerah b. Lagu daerah c. Bahasa daerah d. Tanah daerah 19. Orang yang menggunakan jasa atau barang disebut …. a. produsen b. Distributor c. Konsumen d. Penyalur 20. Kegiatan ekonomi yang menghasilkan barang, yaitu …. a. Usaha angkutan b. Usaha tukang cukur c. Usaha pelayanan kesehatan d. Usaha membuat makanan

18

5.0

Jawaban terverifikasi

Sumber lisan merupakan keterangan langsung dari orang-orang yang mengalami p sejarah. Selain diperoleh dari orang-orang yang mengalami persitiwa secara la sumber lisan juga dapat diperoleh dari orang-orang yang mengetahui suatu peristiw secara rinci. Dengan kata lain sumber sejarah lisan dapat digunakan untuk sumba dan sekunder. Bagaimana cara mendapatkan sumber sejarah secara lisan denga tepat? Sumber sejarah merupakan segala sesuatu yang mengandung informasi tenta peristiwa sejarah. Informasi yang dijadikan sumber sejarah harus berasal dari aktivi pada masa lampau. Sumber sejarah berfungsi sebagai sarana penyampaian inform ristiwa sejarah di masa lampau. Bagaimana cara membuktikan keaslian suatu sumber sejarah? Sumber sejarah berdasarkan bentuknya dibagi menjadi tiga, yaitu sumber tertulis, sumber lisan, dan sumber benda. Sumber tertulis merupakan sumber sejarah yang memberikan informasi melalui tulisan. Sumber lisan merupakan sumber sejarah yang disampaikan secara lisan oleh orang yang menyaksikan, mendengar, atau mengalami langsung suatu peristiwa sejarah. Sumber benda merupakan sumber sejarah yang diperoleh dari benda-benda peninggalan sejarah. Mengapa sumber sejarah sangat penting dalam sejarah? Sumber sejarah lisan sangat bermanfaat agar sejarah dapat terus diingat oleh masyarakat sebagai bagian dari identitas dari sebuah negara. Sumber sejarah lisan dapat berupa keterangan langsung dari pelaku, tradisi lisan yang berkembang di masyarakat, dan topomini. Mengapa sumber lisan memiliki keterbatasan dibandingkan sumber tertulis? Kritik sumber sering juga disebut proses verifikasi. Sering dilakukan peneliti untuk menguji keabsahan serta keaslian suatu dokumen atau sumber sejarah. Kritik sumber merupakan salah satu tahapan dalam penelitian sejarah. Apa yang dimaksud kritik sumber?

2

0.0

Jawaban terverifikasi