Alya A
Ditanya 4 hari yang lalu
Iklan
Alya A
Ditanya 4 hari yang lalu
Pertanyaan
buatkan saya laporan proyek pengenalan profil pelajar pancasila tentang demokrasi dengan tema pilihanku suara hatiku yang berisi:
daftar isi
kata pengantar
bab 1 pendahuluan minimal 10 paragraf (latar belakang, rumusan masalah, tujuan penulisan)
bab 2 materi
bab 3 penutup (kesimpulan dan saran)
bab 4 daftar pustaka
8 dari 10 siswa nilainya naik
dengan paket belajar pilihan
Habis dalam
01
:
15
:
19
:
31
5
1
Iklan
Rendi R
Community
Dijawab 3 hari yang lalu
Berikut adalah contoh kerangka laporan untuk proyek Pengenalan Profil Pelajar Pancasila dengan tema “Pilihanku Suara Hatiku” yang berfokus pada konsep demokrasi.
LAPORAN PROYEK PENGENALAN PROFIL PELAJAR PANCASILA
Tema: Pilihanku Suara Hatiku
Topik: Demokrasi
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan rahmat-Nya sehingga laporan ini dapat kami selesaikan dengan baik. Laporan ini kami susun sebagai bagian dari kegiatan pengenalan profil Pelajar Pancasila dengan tema “Pilihanku Suara Hatiku” yang berfokus pada nilai-nilai demokrasi.
Laporan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai pentingnya demokrasi dan bagaimana peran aktif siswa dalam menjalankan prinsip-prinsip demokrasi sebagai wujud penerapan nilai Pancasila. Harapannya, laporan ini dapat menjadi referensi bagi pelajar, guru, dan pihak sekolah dalam memperkuat karakter bangsa yang berlandaskan demokrasi.
Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan laporan ini. Semoga laporan ini bermanfaat dan dapat mendukung pembelajaran serta pengembangan karakter Pelajar Pancasila di lingkungan sekolah.
BAB 1 PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Di era modern saat ini, demokrasi menjadi salah satu nilai penting yang harus dimiliki oleh setiap bangsa, termasuk Indonesia. Sebagai dasar dari sistem pemerintahan Indonesia, demokrasi menjamin hak-hak warga negara untuk menyuarakan pendapat, memilih pemimpin, dan berpartisipasi dalam pembangunan bangsa. Nilai demokrasi ini tidak hanya berlaku dalam kehidupan politik, tetapi juga menjadi nilai yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk di lingkungan sekolah.
Pelajar Pancasila adalah profil ideal yang ingin diwujudkan melalui sistem pendidikan di Indonesia. Profil ini mencakup enam ciri utama, yaitu: beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia; mandiri; bernalar kritis; bergotong royong; kreatif; dan berkebinekaan global. Di antara ciri-ciri tersebut, demokrasi menjadi salah satu nilai yang harus diperkuat agar para pelajar mampu berpikir kritis, terbuka, dan menghargai perbedaan dalam kehidupan berbangsa.
Tema “Pilihanku Suara Hatiku” menggambarkan pentingnya kesadaran pelajar dalam menggunakan hak mereka untuk menyuarakan pendapat sesuai dengan suara hati, dengan tetap menghargai perbedaan dan menjaga persatuan. Melalui tema ini, pelajar diharapkan mampu belajar tentang demokrasi sejak dini, mulai dari lingkungan sekolah, dengan mengembangkan sikap dan perilaku demokratis yang mendukung profil Pelajar Pancasila.
1.2 Rumusan Masalah
1.3 Tujuan Penulisan
BAB 2 MATERI
Demokrasi adalah sistem pemerintahan di mana kedaulatan berada di tangan rakyat. Demokrasi menjunjung tinggi kebebasan dan hak asasi manusia, termasuk hak untuk berpendapat, memilih, dan berpartisipasi dalam pengambilan keputusan yang mempengaruhi kehidupan bersama. Di Indonesia, prinsip-prinsip demokrasi telah menjadi dasar konstitusi dan kehidupan berbangsa, yang diwujudkan dalam nilai-nilai Pancasila.
Pelajar Pancasila harus memahami bahwa demokrasi bukan hanya konsep abstrak tetapi juga harus diterapkan dalam kehidupan nyata. Di sekolah, demokrasi dapat diterapkan melalui pemilihan ketua OSIS, pengambilan keputusan secara bersama, serta diskusi dan musyawarah yang melibatkan seluruh siswa.
Tema “Pilihanku Suara Hatiku” memberikan gambaran bahwa pelajar memiliki hak untuk memilih dan menyuarakan pendapat mereka. Dalam pelaksanaan demokrasi di sekolah, para siswa belajar untuk menghormati pendapat orang lain, berani menyatakan pendapat, serta bertanggung jawab atas keputusan yang diambil. Dengan memahami dan mempraktikkan nilai-nilai demokrasi ini, siswa dapat mengembangkan karakter yang sejalan dengan prinsip-prinsip Pancasila.
BAB 3 PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Melalui proyek ini, kita dapat menyimpulkan bahwa demokrasi merupakan salah satu nilai penting yang perlu diterapkan oleh Pelajar Pancasila. Demokrasi memungkinkan pelajar untuk belajar tentang pentingnya partisipasi, hak berpendapat, dan penghormatan terhadap perbedaan. Dengan menerapkan nilai demokrasi di lingkungan sekolah, pelajar tidak hanya mengembangkan karakter demokratis tetapi juga mendukung terbentuknya masyarakat yang adil dan sejahtera sesuai dengan cita-cita bangsa.
3.2 Saran
Sebagai bagian dari generasi muda, pelajar harus terus meningkatkan pemahaman tentang nilai-nilai demokrasi. Sekolah juga diharapkan menyediakan lebih banyak kegiatan yang melibatkan siswa dalam pengambilan keputusan dan diskusi terbuka. Dengan demikian, siswa dapat merasakan langsung penerapan demokrasi, sehingga menjadi pribadi yang lebih kritis, bertanggung jawab, dan menghargai hak-hak orang lain.
BAB 4 DAFTAR PUSTAKA
Ini adalah kerangka yang dapat disesuaikan lagi sesuai kebutuhan atau gaya laporan yang diinginkan. Semoga bermanfaat!
· 0.0 (0)
Iklan
Tanya ke Forum
Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu
LATIHAN SOAL GRATIS!
Drill Soal
Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian
Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!