Juliana I

23 Desember 2021 06:12

Iklan

Iklan

Juliana I

23 Desember 2021 06:12

Pertanyaan

BOGOR - Truk boks bermuatan sembako terguling di ruas Tol Jagorawi KM 42.600B, Kota Bogor. Tidak ada korban jiwa atau luka dalam kecelakaan tunggal ini. Menurut sopir truk, Anwar (57) kecalakaan yang dialaminya ketika hendak masuk ke GT Bogor sekira pukul 09.15 WIB. Truk boks bernomor polisi B 9541 TXT yang dikendarainya mendadak hilang kendali. "Saya di jalur 1, oleng hilang keseimbangan akhirnya lari ke jalur dua," kata Anwar, Kamis (9/9/2021). Kemudian, laju truknya semakin tidak terkendali hingga akhirnya terguling. Beruntung, dirinya tidak mengalami luka-luka dalam kecelakaan tunggal ini. "Saya tujuannya ke Bandung, kirim sembako. Ban bagus, semua bagus. Tapi hilang keseimbangan, lepas kontrol akhirnya terguling," ungkapnya. Terpisah, Kanit III PJR Tol Jagorawi Ipda Dadang membenarkan adanya kecelakaan tunggal tersebut. Tidak ada korban jiwa atau luka-luka dalam kejadian ini dan truk kembali melanjutkan perjalanan. "Betul (truk terguling), mengalami out of control. Korban nihil, kendaraan lanjut jalan," ucap Dadang. Tulislah unsur berita 5W+1 H dalam teks berita tersebut!


14

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Mutiara

24 Desember 2021 15:19

Jawaban terverifikasi

Halo, Juliana. Kakak bantu jawab ya :) Kata tanya yang dapat ditemukan dari teks berita tersebut adalah kata tanya apa, dimana, siapa, mengapa, kapan, dan bagaimana. Cermati pembahasan berikut ini. Teks berita merupakan teks yang berisi informasi tentang suatu peristiwa. Teks berita biasa ditemukan pada koran, buletin, artikel, atau media lainnya. Teks berita biasanya menggunakan kata tanya 5W + 1H. Kata tanya terdiri dari 5W+1H yaitu: 1. Apa, untuk menjelaskan alasan terjadinya suatu peristiwa. 2. Dimana, untuk menjelaskan lokasi terjadinya suatu peristiwa. 3. Kapan, untuk menjelaskan waktu terjadinya suatu peristiwa. 4. Mengapa, untuk menjelaskan penyebab terjadinya suatu peristiwa. 5. Siapa, untuk menjelaskan orang yang terlibat pada ada peristiwa tersebut. 6. Bagaimana, untuk mendeskripsikan terjadinya suatu peristiwa. Berdasarkan penjelasan di atas, unsur kata tanya yang dapat di temukan dalam teks tersebut adalah: 1. Apa yang terjadi? Truk boks bermuatan sembako terguling di ruas Tol Jagorawi KM 42.600B, Kota Bogor." 2. Dimana tempat tergulingnya truk boks tersebut? Tol Jagorawi KM 42.600B, Kota Bogor. 3. Kapan hal tersebut terjadi? kecalakaan yang dialaminya ketika hendak masuk ke GT Bogor sekira pukul 09.15 WIB. 4. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Hilang keseimbangan, lepas kontrol akhirnya terguling." 5. Siapa yang menjadi sopir dari truk yang mengalami kecelakaan? Anwar" Siapa yang membenarkan adanya kecelakaan tersebut? Kanit III PJR Tol Jagorawi Ipda Dadang membenarkan adanya kecelakaan tunggal tersebut." 6. Bagaimana kecelakaan tersebut bisa terjadi? Truk bertujuan ke Bandung, kirim sembako. Sopir mengecek ban bagus, semua bagus. Tapi hilang keseimbangan, lepas kontrol akhirnya terguling" Dengan demikian, unsur kata tanya yang terdapat pada teks berita tersebut adalah apa, dimana, kapan, mengapa, siapa, dan bagaimana. Semoga membantu :)


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

berikan 3 contoh kata bilangan di teks laporan percobaan hasil percobaan

207

5.0

Jawaban terverifikasi

Bacalah kutipan puisi berikut! Pagiku hilang sudah melayang Hari mudaku sudah pergi Sekarang petang datang membayang Batang usiaku sudah tinggi. Aku lalai di hari pagi Beta lengah di masa muda Kini hidup meracuni hati Miskin ilmu miskin harta Kata petang mempunyai makna lambang a. suasana senja b. masa tua C. waktu sore hari d. kehidupan manusia

472

3.5

Lihat jawaban (3)

Iklan

Iklan