SagaraS S

02 Desember 2023 01:29

Iklan

Iklan

SagaraS S

02 Desember 2023 01:29

Pertanyaan

biologi bantu ya

biologi bantu ya

alt

3

2


Iklan

Iklan

Nurul I

25 Februari 2024 13:23

Jawaban A 6 salinan : 1. Laki-laki hemofilia. 2. Anak perempuan normal carrier (pembawa sifat). 3. Ibu normal carrier (pembawa sifat). 4. Ayah hemofilia. 5. Ank perempuan normal carrier (pembawa sifat). 6. Anak laki-laki hemofilia Jawaban B : No 1. P3 = XHXh >< XHYh G3 = XH,Xh XH,Yh F3 = XHXH (Anak perempuan normal) XHYh (Anak laki laki normal carrier) XHXh (Anak perempuan normal carrier) XhYh (Anak laki-laki hemofilia) No 2. Anak perempuan normal dan separuh anak laki-laki hemofilia. No 3. ¼ x 100% = 25% No 4. 100% anak perempuan hidup


Iklan

Iklan

Ilhamhaqiqi I

Dijawab 3 hari yang lalu

<p>【Jawaban】: A.&nbsp;<br>1. Wanita normal<br>2. Wanita normal<br>3. Wanita normal<br>4. Wanita normal<br>5. Wanita normal<br>6. Wanita normal</p><p>B.&nbsp;<br>1) Skema persilangannya adalah sebagai berikut:<br>- Wanita normal (XX) x Wanita pembawa gen hemofili (XhX)<br>- Laki-laki normal (XY) x Wanita pembawa gen hemofili (XhX)</p><p>2) Kemungkinan anak-anaknya terkait dengan kelainan tersebut adalah:<br>- 25% anak perempuan normal (XX)<br>- 25% anak perempuan pembawa gen hemofili (XhX)<br>- 25% anak laki-laki normal (XY)<br>- 25% anak laki-laki dengan hemofili (XhY)</p><p>3) Presentase kemungkinan anaknya menderita hemofili adalah 25%.</p><p>4) Presentase kemungkinan anaknya yang mampu hidup adalah 100%, karena semua anak yang lahir dari persilangan ini akan memiliki gen normal.<br>【Penjelasan】: Hemofilia adalah kondisi genetik yang diturunkan dan disebabkan oleh mutasi pada gen yang terletak pada kromosom X. Karena wanita memiliki dua kromosom X, mereka dapat menjadi pembawa gen hemofili tanpa menunjukkan gejala penyakit jika mereka memiliki setidaknya satu salinan gen normal. Namun, jika mereka memiliki dua salinan gen hemofili, mereka akan menunjukkan gejala penyakit. Pada pria, mereka hanya memiliki satu kromosom X, jadi jika mereka mewarisi gen hemofili, mereka akan menunjukkan gejala penyakit.</p><p>Dalam pertanyaan ini, kita diminta untuk menentukan kemungkinan genotip dan fenotip dari keturunan yang dihasilkan dari persilangan antara wanita normal dan wanita pembawa gen hemofili dengan laki-laki normal dan wanita pembawa gen hemofili.</p><p>Dari skema persilangan, kita dapat melihat bahwa ada empat kemungkinan genotip untuk anak perempuan: XX (normal), XhX (pembawa gen hemofili), XX (normal), dan XhX (pembawa gen hemofili). Untuk anak laki-laki, ada dua kemungkinan genotip: XY (normal) dan XhY (dengan hemofili).</p><p>Dengan demikian, ada kemungkinan 25% bahwa anak perempuan akan menjadi pembawa gen hemofili dan ada kemungkinan 25% bahwa anak laki-laki akan menderita hemofili. Namun, semua anak yang lahir dari persilangan ini akan memiliki gen normal, sehingga mereka semua akan mampu hidup.</p>

【Jawaban】: A. 
1. Wanita normal
2. Wanita normal
3. Wanita normal
4. Wanita normal
5. Wanita normal
6. Wanita normal

B. 
1) Skema persilangannya adalah sebagai berikut:
- Wanita normal (XX) x Wanita pembawa gen hemofili (XhX)
- Laki-laki normal (XY) x Wanita pembawa gen hemofili (XhX)

2) Kemungkinan anak-anaknya terkait dengan kelainan tersebut adalah:
- 25% anak perempuan normal (XX)
- 25% anak perempuan pembawa gen hemofili (XhX)
- 25% anak laki-laki normal (XY)
- 25% anak laki-laki dengan hemofili (XhY)

3) Presentase kemungkinan anaknya menderita hemofili adalah 25%.

4) Presentase kemungkinan anaknya yang mampu hidup adalah 100%, karena semua anak yang lahir dari persilangan ini akan memiliki gen normal.
【Penjelasan】: Hemofilia adalah kondisi genetik yang diturunkan dan disebabkan oleh mutasi pada gen yang terletak pada kromosom X. Karena wanita memiliki dua kromosom X, mereka dapat menjadi pembawa gen hemofili tanpa menunjukkan gejala penyakit jika mereka memiliki setidaknya satu salinan gen normal. Namun, jika mereka memiliki dua salinan gen hemofili, mereka akan menunjukkan gejala penyakit. Pada pria, mereka hanya memiliki satu kromosom X, jadi jika mereka mewarisi gen hemofili, mereka akan menunjukkan gejala penyakit.

Dalam pertanyaan ini, kita diminta untuk menentukan kemungkinan genotip dan fenotip dari keturunan yang dihasilkan dari persilangan antara wanita normal dan wanita pembawa gen hemofili dengan laki-laki normal dan wanita pembawa gen hemofili.

Dari skema persilangan, kita dapat melihat bahwa ada empat kemungkinan genotip untuk anak perempuan: XX (normal), XhX (pembawa gen hemofili), XX (normal), dan XhX (pembawa gen hemofili). Untuk anak laki-laki, ada dua kemungkinan genotip: XY (normal) dan XhY (dengan hemofili).

Dengan demikian, ada kemungkinan 25% bahwa anak perempuan akan menjadi pembawa gen hemofili dan ada kemungkinan 25% bahwa anak laki-laki akan menderita hemofili. Namun, semua anak yang lahir dari persilangan ini akan memiliki gen normal, sehingga mereka semua akan mampu hidup.


Mau jawaban yang terverifikasi?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Ciri ciri vertebrata yang hanya dimiliki oleh Aves adalah

191

5.0

Jawaban terverifikasi