Ahmad G

21 April 2024 12:35

Iklan

Ahmad G

21 April 2024 12:35

Pertanyaan

Biografi Mohammad Hatta Mohammad Hatta Lahir pada 12 Agustus 1902 di Bukittinggi. Nama Mohammad Hatta berasal dari Muhammad Athar yang diambil dari nama lengkap seorang tokoh Muslim, yaitu (Ahmad Ibn) Muhammad (Ibn Abd Al-Karim Ibn) Athaillah Al- Sakandari, pengarang kitab Al-Hikmah. Orang-orang di Bukittinggi biasa memanggil Mohammad Hatta dengan nama Athar. Hatta menyelesaikan sekolah Europese Lagere School, ELS pada tahun 1916 selanjutnya tahun 1919 Hatta lulus dari Meer Uitgebreid Lagere Onderwijs: MULO di Padang. Sekolah berikutnya adalah Prins Hendrik School, dan lulus tahun 1921. Hatta mengikuti kuliah di Handels Hoogere School (HHS) di Rotterdam Belanda, pada jurusan jurusan economy kenegaraan. Hatta menyelesaikan kuliahnya tahun 1932, dengan gelar sarjana economy. Pengalaman berorganisasi Bung Hatta dimulai dengan menjadi anggota club sepak bola Swallow semasa sekolah MULO di Padang, dan kemudian menjadi bendahara. Pada akhir tahun 1917, Bung Hatta dipilih sebagai bendahara Jong Sumatranen Bond (JSB) Padang. 1. Tentukan kalimat utama, ide pokok, dan ide penjelas!

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

01

:

16

:

47

:

23

Klaim

1

2


Iklan

Salsabila M

Community

26 April 2024 23:26

<p>Kalimat Utama: Mohammad Hatta, seorang tokoh pergerakan kemerdekaan Indonesia, memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman organisasi yang kaya.</p><p>Ide Pokok:</p><ol><li>Latar belakang pendidikan Mohammad Hatta dari masa kecil hingga pendidikan tinggi di Belanda.</li><li>Pengalaman organisasi Mohammad Hatta yang dimulai dari klub sepak bola hingga terlibat dalam gerakan kemerdekaan Indonesia.</li></ol><p>Ide Penjelas:</p><ul><li>Latar belakang pendidikan Mohammad Hatta mencakup perjalanan pendidikannya dari ELS di Bukittinggi hingga kuliah di Handels Hoogere School di Rotterdam, Belanda, dengan menyelesaikan studi ekonomi pada tahun 1932.</li><li>Pengalaman organisasi Mohammad Hatta dimulai dari menjadi bendahara di klub sepak bola Swallow saat masih di sekolah MULO hingga terlibat dalam Jong Sumatranen Bond (JSB) Padang pada akhir tahun 1917, yang menandai awal keterlibatannya dalam gerakan kemerdekaan Indonesia.</li></ul><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>

Kalimat Utama: Mohammad Hatta, seorang tokoh pergerakan kemerdekaan Indonesia, memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman organisasi yang kaya.

Ide Pokok:

  1. Latar belakang pendidikan Mohammad Hatta dari masa kecil hingga pendidikan tinggi di Belanda.
  2. Pengalaman organisasi Mohammad Hatta yang dimulai dari klub sepak bola hingga terlibat dalam gerakan kemerdekaan Indonesia.

Ide Penjelas:

  • Latar belakang pendidikan Mohammad Hatta mencakup perjalanan pendidikannya dari ELS di Bukittinggi hingga kuliah di Handels Hoogere School di Rotterdam, Belanda, dengan menyelesaikan studi ekonomi pada tahun 1932.
  • Pengalaman organisasi Mohammad Hatta dimulai dari menjadi bendahara di klub sepak bola Swallow saat masih di sekolah MULO hingga terlibat dalam Jong Sumatranen Bond (JSB) Padang pada akhir tahun 1917, yang menandai awal keterlibatannya dalam gerakan kemerdekaan Indonesia.

 

 

 


 


Iklan

Mercon M

Community

29 April 2024 06:40

<p>Jawaban:</p><ul><li>Kalimat utama: Mohammad Hatta memiliki perjalanan hidup yang penuh prestasi dan dedikasi dalam dunia pendidikan, organisasi, dan politik.</li></ul><p>&nbsp;</p><ul><li>Ide pokok:&nbsp;<br>- Mohammad Hatta lahir pada 12 Agustus 1902 di Bukittinggi.<br>- Pendidikan Mohammad Hatta dimulai dari sekolah dasar hingga kuliah di Belanda.<br>- Pengalaman organisasi Mohammad Hatta dimulai sejak masa sekolahnya di Padang.</li></ul><p>&nbsp;</p><ul><li>Ide penjelas:<br>- Mohammad Hatta lahir pada 12 Agustus 1902 di Bukittinggi.<br>- Pendidikan Mohammad Hatta dimulai dari sekolah dasar hingga kuliah di Belanda. Dia menyelesaikan ELS pada tahun 1916, MULO pada tahun 1919, dan lulus dari Prins Hendrik School pada tahun 1921. Dia kemudian melanjutkan kuliah di Handels Hoogere School (HHS) di Rotterdam Belanda, jurusan economy kenegaraan, dan menyelesaikan kuliahnya pada tahun 1932 dengan gelar sarjana economy.<br>- Pengalaman organisasi Mohammad Hatta dimulai sejak masa sekolahnya di Padang, dimana ia menjadi anggota club sepak bola Swallow dan kemudian menjadi bendahara. Pada akhir tahun 1917, ia dipilih sebagai bendahara Jong Sumatranen Bond (JSB) Padang.</li></ul>

Jawaban:

  • Kalimat utama: Mohammad Hatta memiliki perjalanan hidup yang penuh prestasi dan dedikasi dalam dunia pendidikan, organisasi, dan politik.

 

  • Ide pokok: 
    - Mohammad Hatta lahir pada 12 Agustus 1902 di Bukittinggi.
    - Pendidikan Mohammad Hatta dimulai dari sekolah dasar hingga kuliah di Belanda.
    - Pengalaman organisasi Mohammad Hatta dimulai sejak masa sekolahnya di Padang.

 

  • Ide penjelas:
    - Mohammad Hatta lahir pada 12 Agustus 1902 di Bukittinggi.
    - Pendidikan Mohammad Hatta dimulai dari sekolah dasar hingga kuliah di Belanda. Dia menyelesaikan ELS pada tahun 1916, MULO pada tahun 1919, dan lulus dari Prins Hendrik School pada tahun 1921. Dia kemudian melanjutkan kuliah di Handels Hoogere School (HHS) di Rotterdam Belanda, jurusan economy kenegaraan, dan menyelesaikan kuliahnya pada tahun 1932 dengan gelar sarjana economy.
    - Pengalaman organisasi Mohammad Hatta dimulai sejak masa sekolahnya di Padang, dimana ia menjadi anggota club sepak bola Swallow dan kemudian menjadi bendahara. Pada akhir tahun 1917, ia dipilih sebagai bendahara Jong Sumatranen Bond (JSB) Padang.

Mau jawaban yang terverifikasi?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan