Roboguru

SAID M

30 November 2021 03:35

Bila bekas lahan yang digunakan kurang subur, dapat dilakukan penambahan pupuk organik. Boleh pupuk kompos atau pupuk kandang. Pupuk … dalam bentuk larik, sesuai dengan baris lubang tanaman. Dosis pupuk organik untuk tanaman jagung sekitar 1,5-2 ton per hektar. Bila perlu dapat … pengapuran. Caranya dengan … kapur sama dengan pupuk dalam bentuk larikan. Dosis pengapuran sekitar 300-400 kg per hektar. Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ….

7

1

Jawaban terverifikasi

N. Juliana

Mahasiswa/Alumni STKIP Siliwangi Bandung

01 Desember 2021 08:02

Jawaban terverifikasi

Hai SAID M. Terima kasih sudah bertanya di Roboguru. Kakak bantu jawab ya. Jawaban untuk soal di atas adalah "ditaburkan", "dilakukan", dan "menebarkan". Mari cermati pembahasan berikut ini. Kata berimbuhan adalah kata dasar yang telah mengalami pengimbuhan baik mendapatkan awalan, sisipan, akhiran, maupun gabungan imbuhan. Untuk menentukan kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi paragraf tentunya harus melihat kata-kata sebelum dan sesudah bagian yang rumpang. Selain itu juga, harus mempertimbangkan makna kalimat dan kalimat secara keseluruhan. Berikut ini adalah analisis kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas, yakni: - Pada kalimat yang berbunyi "Pupuk … dalam bentuk larik, sesuai dengan baris lubang tanaman." dapat dilengkapi dengan kata berimbuhan "ditaburkan" karena pada kalimat sebelumnya terdapat gabungan kata "penambahan pupuk organik". - Pada kalimat yang berbunyi "Bila perlu dapat … pengapuran." dapat dilengkapi dengan kata "dilakukan" karena kalimat tersebut menunjukkan kita harus melakukan sesuatu. - Pada kalimat yang berbunyi "Caranya dengan … kapur sama dengan pupuk dalam bentuk larikan." dapat dilengkapi dengan kata "menebarkan" karena kalimat tersebut menunjukkan sebuah cara. Dengan demikian, kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah "ditaburkan", "dilakukan", dan "menebarkan". Semoga membantu ya 😊


ask to forum

Ingin kirim pertanyaan?

Yuk, tanyakan soalmu dan dapatkan jawaban dari teman-teman forum

Tanya Sekarang

Pertanyaan serupa

Sebutkan berbagai hal yang harus diperhatikan dalam menganalisis teks laporan hasil observasi!

20

0.0

Jawaban terverifikasi

Usaha pembangunan berencana yang pada umumnya dilakukan oleh hampir semua negara yang sedang berkembang itu memang bertujuan untuk meningkatkan kemakmuran serta mengejar kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan. Gagasan utama kalimat di atas adalah ... A. Usaha pembangunan berencana dilakukan oleh hampir semua negara. B. Usaha pembangunan berencana memang bertujuan. C. Usaha pembangunan berencana meningkatkan kemakmuran. D. Usaha pembangunan berencana mengejar kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan E. Usaha pembangunan berencana di hampir semua negara yang sedang berkembang.

22

0.0

Jawaban terverifikasi

Berikut ini syarat rekomendasi yang baik adalah.... praktis dapat dipraktikkan menjadi solusi bagi penerima saran dapat memeccahkan masalah melerai pertikaian

32

0.0

Jawaban terverifikasi

Tebu merupakan jenis tanaman yang menjadi bahan baku gula pasir. Namun, tetes tebu bisa juga diolah menjadi alkohol jenis biotanol atau etanol sebagai pengganti bensin. Kelebihannya, etanol adalah BBM yang renewable (dapat diperbarui) karena bahan bakunya terbuat dari tebu. Selain itu, molase ini kini berkembang menjadi bahan pengeras tanah (soilcrete) yang akan membuat pembangunan beragam infra-struktur menjadi lebih ekonomis dan tahan lama (Kompas, 7 Agustus 2008, hlm. 8). Simpulan paragraf di atas adalah ... A. Tebu merupakan bahan baku gula pasir. B. Tebu merupakan bahan baku bensin. C. Tebu merupakan bahan baku pengeras tanah. D. Selain sebagai bahan baku gula pasir, tebu juga dapat dijadikan BBM dan pengeras tanah. E.Tebu dapat membuat pembangunan infrastruk-tur menjadi lebih ekonomis dan tahan lama.

25

0.0

Jawaban terverifikasi

Bacalah teks LHO berikut kemudian jawablah pertanyaan di bawahnya! Sampah Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Sampah dapat bersumber dari alam, manusia, konsumsi , nuklir, Industri, dan pertambangan. Sampah di bumi akan terus bertambah selama masih ada kegiatan yang dilakukan oleh manusia maupun alam. Berdasarkan sifatnya, sampah bibagi menjadi dua, yaitu sampah organik dan anorganik. Sampah organik merupakan sampah yang dapat diuraikan atau degradable. Contoh sampah organik adalah sampah yang mudah membusuk seperti sisa makanan, sayuran, daun-daun kering, dan sebagainya. Sampah ini dapat diolah menjadi kompos. Sampah organik terbagi lagi menjadi sampah organik basah atau sampah organic yang masih mengandung air misalnya kulit buah ataupun sayuran dan sampah organik kering, misalnya dedaunan kering dan ranting pohon. Sampah anorganik merupakan sampah yang tidak mudah diuraikan atau undegradable Contoh sampah anorganik adalah sampah yang tidak mudah membusuk, seperti plastik, kayu, kaca, dan kaleng. Sampah anorganik dladaur ulang oleh home industri untuk mengurangi jumlah sampah serta dijadikan sebagai peluang usaha. Sampah anorganik dapat dibedakan menjadi dua, yaitu sampah anorganik yang dapat didaur ulang (recyclable) dan sampah anorganik yang tidak dapat didaur ulang (non recyclable). Sampah recyclable contohnya adalah sampah plastik yang tidak terpakai, dan bisa menjadi bahan daur ulang untuk menciptakan barang yang memiliki nilai guna dan ekonomis serta sampah yang tidak dapat didaur ulang adalah therm coal dan karbon paper. Sampah mempunyai beragam manfaat, tergantung pada kreativitas yang dimiliki seseorang, Misalnya sampah organik cocok untuk pembuatan pupuk kompos yang baik untuk perkembangan tumbuhan dan kesuburan tanah. Tak hanya itu, sampah anorganik juga bisa didaur ulang menjadi peralatan yang mempunyai fungsi dan nilai jual tinggi. Misalnya plastik bisa didaur ulang menjadi peralatan ataupun mainan yang terbuat dari bahan dasar plastik. Tuliskan isi pokok yang terdapat dalam paragraf 1(satu) teks LHO tersebut!

19

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia