Bella B

10 Juli 2022 11:04

Iklan

Iklan

Bella B

10 Juli 2022 11:04

Pertanyaan

Berlibur ke Taman Safari Ririn baru sampai di kelas. Dia melihat Ryo dan Hime sedang mengobrol. Merasa penasaran, setelah meletakkan ransel di tempat duduknya, Ririn menghampiri kedua teman sekelasnya itu. Ririn : (mengambil satu kursi untuk duduk berhadapan dengan Hime) Selamat pagi Ryo .. Hime .. Hime : Selamat pagi juga, Rin. Ryo : Tumben berangkat pagi? (Ryo meledek Ririn dengan nada bercanda). Ririn : Ya sudah, aku pulang dulu. Nanti aku ke sekolah lagi biar aku gak berangkat pagi. Ryo : Hahaha .. Janganlah .. Aku Cuma bercanda. Ririn : lya .. lya .. Kalian sedang ngomongin apa sih? Kelihatannya seru. Hime : Ryo ingin bercerita tentang liburan ke taman safari bersama ibu dan ayahnya. Ririn : Taman safari? Aku juga mau dengar ceritanya dong. Ayo cerita. (Ririn menarik kecil tangan Ryo. Dia tidak sabar mendengar cerita Ryo) Ryo : lya, aku ke taman safari bersama lbu dan Ayah saat liburan sekolah kemarin. Di sana, aku melihat gajah. Gajahnya besar sekali dan punya anak satu. Hehehe .. Lalu, ada juga harimau. Ada jerapah dan banyak hewan lainnya. ltu liburan ke taman safariku yang pertama dan aku senang sekali. Hime : Liburan nanti aku mau ajak Ayah sama Bunda ke sana ah.. Aku kan juga mau lihat gajah dan jerapah. Ririn : Iya bener tuh. Aku juga mau ajak Papa sama Mama, kakak juga. Bel masuk pun berbunyi. Lalu, datanglah Bu Guru. Ririn kembali ke tempat duduknya dan pelajaran pun segera dimulai. (Sumber: Naskah drama pendek karya Nisful Laila, diunduh di http ://rairari nn13 .blogspot.eo.id/201 5/11/pa rafrase-drama-menjadi-bentuk-prosa . html) Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini berdasarkan teks drama di atas! e. Tema yang diangkat pengarang tentang apa?


2

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

N. Novitasari

Mahasiswa/Alumni Universitas Pakuan

15 Juli 2022 14:05

Jawaban terverifikasi

Tema drama di atas adalah pengalaman berlibur ke Taman Safari. Berikut penjelasannya. Drama adalah karya sastra berisi dialog mengenai rekaan kehidupan manusia dengan tujuan untuk dipentaskan. Unsur-unsur yang terdapat dalam drama, yaitu: 1. Tema adalah gagasan pokok cerita dalam drama. 2. Tokoh adalah pemeran atau pelaku dalam drama. 3. Penokohan adalah watak atau sifat yang dimiliki tokoh dalam drama. 4. Alur adalah rangkaian peristiwa atau jalannya cerita dalam drama. 5. Latar adalah keterangan mengenai waktu, ruang, dan suasana terjadinya lakuan dalam drama. 6. Amanat adalah pesan atau nilai moral yang hendak disampaikan penulis dalam drama. Berdasarkan penjelasan tersebut, tema drama di atas adalah pengalaman berlibur ke Taman Safari, seperti yang terlihat pada kutipan "Ryo ingin bercerita tentang liburan ke Taman Safari bersama ibu dan ayahnya." Dengan demikian, tema drama di atas adalah pengalaman berlibur ke Taman Safari.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

berikan 3 contoh kata bilangan di teks laporan percobaan hasil percobaan

234

5.0

Jawaban terverifikasi

Bacalah kutipan puisi berikut! Pagiku hilang sudah melayang Hari mudaku sudah pergi Sekarang petang datang membayang Batang usiaku sudah tinggi. Aku lalai di hari pagi Beta lengah di masa muda Kini hidup meracuni hati Miskin ilmu miskin harta Kata petang mempunyai makna lambang a. suasana senja b. masa tua C. waktu sore hari d. kehidupan manusia

645

3.5

Lihat jawaban (2)

Iklan

Iklan