Cassano C

08 September 2022 08:30

Iklan

Iklan

Cassano C

08 September 2022 08:30

Pertanyaan

Berkunjung ke Negeri di Atas Awan Selamat malam kakak-kakak selamat datang (1)_____ desa denge. desa ini adalah desa terdekat (2)_____ wae rebo. malam ini kalian akan menginap di sini, lalu besok pagi kita akan memulai perjalanan menuju wae rebo. dalam perjalanan esok kita akan menempuh jarak yang cukup jauh dengan berjalan kaki. karena itu silakan kakak-kakak menyiapkan sebuah tas ransel yang berisi keperluan untuk menginap semalam. kenakan juga pakaian yang nyaman dan menyerap keringat. karena sekarang sedang musim hujan sebaiknya kenakan celana training atau celana panjang untuk menghindari lintah. o ya jangan lupa juga untuk membawa jas hujan dan baju hangat karena malam (3)______ wae rebo pasti dingin. Untuk persiapan perlengkapan ada yang mau ditanyakan dahulu kak? saya lanjutkan ke perjalanan kita esok ya. (4)______ denge kita akan naik mobil melewati jembatan yang melintasi sungai wae lomba. Setelah itu kita akan berjalan kaki kira-kira 3 jam lamanya sebelum tiba (5)______ poco roko atau pos 2. di sini kita akan beristirahat sebentar. lalu kita akan melanjutkan perjalanan melintasi hutan lebat menuju pos terakhir. di sini saya akan *memukul kentungan sebagai tanda bahwa ada tamu yang akan berkunjung. kita akan menunggu sampai terdengar kentungan jawaban (6)______ wae rebo. setibanya (7)_____ gerbang desa kita tidak boleh mengambil gambar atau melakukan apa pun sebelum menghadap kepala adat. maka kita akan langsung menuju (8)_____ rumah gendang untuk mengikuti upacara adat waelu. upacara ini dipimpin oleh kepala adat sebagai ungkapan selamat datang kepada para wisatawan. selain penyambutan kita juga akan diberkati dengan doa-doa agar selamat aman dan tidak ada gangguan selama berkunjung (9)______ wae rebo. cukup jelas ya kak? kakak-kakak akan menginap semalam (10)______ mbaru niang. kalian akan merasakan bagaimana kehidupan (11)_______ wae rebo dengan bersosialisasi langsung dan mengikuti beberapa kegiatan khas wae rebo yaitu menanam dan mengolah **biji kopi juga menenun songket. Lengkapilah teks diatas dengan kata yang tepat sehingga menjadi kalimat yang padu! 11. Bagian (11)


3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Y. Nabilla

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

26 Oktober 2022 03:34

Jawaban terverifikasi

<p>Kata yang tepat untuk melengkapi bagian 11 adalah di.</p><p>&nbsp;</p><p>Mari simak penjelasan berikut untuk mengetahui alasannya.</p><p>&nbsp;</p><p>Kalimat rumpang adalah kalimat yang memiliki kekosongan di dalamnya sehingga tidak memenuhi kalimat standar. Hal ini dilakukan dengan tujuan menguji kemampuan pembaca untuk mengenali dan menyempurnakan kalimat yang dibacanya.</p><p>&nbsp;</p><p>Lebih lanjut, kata yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah kata 'di'. &nbsp;Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) 'di' sebagai kata depan , menjadi kata depan untuk menandai tempat, kata depan untuk menandai waktu.</p><p>&nbsp;</p><p>Sehingga kalimat nomor 11 menjadi 'kalian akan merasakan bagaimana kehidupan di wae rebo dengan....'</p><p>&nbsp;</p><p>Dengan demikian, kata yang tepat untuk melengkapi bagian 11 adalah di.</p>

Kata yang tepat untuk melengkapi bagian 11 adalah di.

 

Mari simak penjelasan berikut untuk mengetahui alasannya.

 

Kalimat rumpang adalah kalimat yang memiliki kekosongan di dalamnya sehingga tidak memenuhi kalimat standar. Hal ini dilakukan dengan tujuan menguji kemampuan pembaca untuk mengenali dan menyempurnakan kalimat yang dibacanya.

 

Lebih lanjut, kata yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah kata 'di'.  Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) 'di' sebagai kata depan , menjadi kata depan untuk menandai tempat, kata depan untuk menandai waktu.

 

Sehingga kalimat nomor 11 menjadi 'kalian akan merasakan bagaimana kehidupan di wae rebo dengan....'

 

Dengan demikian, kata yang tepat untuk melengkapi bagian 11 adalah di.


Iklan

Iklan

Umar F

03 September 2023 11:30

karena malam .... wae rebo pasti dingin


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

berikan 3 contoh kata bilangan di teks laporan percobaan hasil percobaan

424

5.0

Jawaban terverifikasi

Bacalah kutipan puisi berikut! Pagiku hilang sudah melayang Hari mudaku sudah pergi Sekarang petang datang membayang Batang usiaku sudah tinggi. Aku lalai di hari pagi Beta lengah di masa muda Kini hidup meracuni hati Miskin ilmu miskin harta Kata petang mempunyai makna lambang a. suasana senja b. masa tua C. waktu sore hari d. kehidupan manusia

851

3.5

Lihat jawaban (3)

Iklan

Iklan