Ayyyas N

24 April 2024 22:34

Iklan

Iklan

Ayyyas N

24 April 2024 22:34

Pertanyaan

Berikut yang bukan alat pemersatu bangsa Indonesia adalah

Berikut yang bukan alat pemersatu bangsa Indonesia adalah

 


3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Sumber W

Silver

25 April 2024 07:07

Jawaban terverifikasi

<p>Alat pemersatu bangssa Indonesia :</p><p>1. Bhinneka Tunggal Ika</p><p>2. Dasar negara Pancasila</p><p>3. Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan persatuan</p><p>4. Bendera Merah Putih</p><p>5. Lagu kebangsaan Indonesia Raya</p><p>6. Lambang negara Burung Garuda</p><p>7. Lagu-lagu perjuangan</p>

Alat pemersatu bangssa Indonesia :

1. Bhinneka Tunggal Ika

2. Dasar negara Pancasila

3. Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan persatuan

4. Bendera Merah Putih

5. Lagu kebangsaan Indonesia Raya

6. Lambang negara Burung Garuda

7. Lagu-lagu perjuangan


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

25 April 2024 10:21

Jawaban terverifikasi

<p>Salah satu alat pemersatu bangsa Indonesia adalah <strong>Bahasa Indonesia</strong>. Bahasa Indonesia dipilih sebagai bahasa resmi dan bahasa persatuan nasional Indonesia sejak kemerdekaan pada tahun 1945. Penggunaan Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi membantu memperkuat identitas nasional Indonesia dan mempersatukan berbagai suku, budaya, dan agama yang ada di Indonesia.</p><p>Selain Bahasa Indonesia, beberapa faktor lain yang berperan sebagai alat pemersatu bangsa Indonesia antara lain:</p><p><strong>Bhinneka Tunggal Ika</strong>: Semboyan nasional Indonesia yang berarti "Berbeda-beda tapi tetap satu". Ini mencerminkan keragaman budaya, suku, dan agama di Indonesia namun tetap bersatu sebagai satu bangsa.</p><p><strong>Pancasila</strong>: Dasar falsafah negara Indonesia yang menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan sosial, demokrasi, persatuan, dan kemanusiaan. Pancasila menjadi dasar bagi kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia.</p><p><strong>Lagu Kebangsaan</strong>: Lagu Kebangsaan Indonesia Raya juga memainkan peran penting dalam mempersatukan rakyat Indonesia. Lagu ini sering dinyanyikan dalam berbagai upacara resmi dan acara nasional, menjadi simbol kebangsaan yang mempersatukan seluruh rakyat Indonesia.</p><p><strong>Budaya Gotong Royong</strong>: Budaya gotong royong yang dianut oleh masyarakat Indonesia juga menjadi alat pemersatu bangsa. Semangat gotong royong ini tercermin dalam berbagai kegiatan masyarakat, seperti membantu tetangga, bekerja sama dalam acara-acara komunitas, dan lain-lain.&nbsp;</p>

Salah satu alat pemersatu bangsa Indonesia adalah Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia dipilih sebagai bahasa resmi dan bahasa persatuan nasional Indonesia sejak kemerdekaan pada tahun 1945. Penggunaan Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi membantu memperkuat identitas nasional Indonesia dan mempersatukan berbagai suku, budaya, dan agama yang ada di Indonesia.

Selain Bahasa Indonesia, beberapa faktor lain yang berperan sebagai alat pemersatu bangsa Indonesia antara lain:

Bhinneka Tunggal Ika: Semboyan nasional Indonesia yang berarti "Berbeda-beda tapi tetap satu". Ini mencerminkan keragaman budaya, suku, dan agama di Indonesia namun tetap bersatu sebagai satu bangsa.

Pancasila: Dasar falsafah negara Indonesia yang menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan sosial, demokrasi, persatuan, dan kemanusiaan. Pancasila menjadi dasar bagi kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia.

Lagu Kebangsaan: Lagu Kebangsaan Indonesia Raya juga memainkan peran penting dalam mempersatukan rakyat Indonesia. Lagu ini sering dinyanyikan dalam berbagai upacara resmi dan acara nasional, menjadi simbol kebangsaan yang mempersatukan seluruh rakyat Indonesia.

Budaya Gotong Royong: Budaya gotong royong yang dianut oleh masyarakat Indonesia juga menjadi alat pemersatu bangsa. Semangat gotong royong ini tercermin dalam berbagai kegiatan masyarakat, seperti membantu tetangga, bekerja sama dalam acara-acara komunitas, dan lain-lain. 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Tolong bantu jawab ya... pake caranya

29

0.0

Jawaban terverifikasi