Rd N

13 Mei 2024 09:45

Iklan

Iklan

Rd N

13 Mei 2024 09:45

Pertanyaan

Berikut ini yang merupakan penerpan pancasila pada masa orde lama adalah… A. Adanya pemberontakan PKI diMadiun B. Gerakan Sparatisme C. Pengangkatan Presiden seumur hidup D. Pembrontakan APRA


7

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

13 Mei 2024 10:57

Jawaban terverifikasi

<p>Pilihan yang merupakan penerapan Pancasila pada masa Orde Lama adalah:</p><p>A. Adanya pemberontakan PKI di Madiun</p><p>&nbsp;</p><p>Pemberontakan PKI di Madiun pada tahun 1948 adalah salah satu contoh penerapan Pancasila pada masa Orde Lama di Indonesia. Pada saat itu, pemerintah Indonesia yang dipimpin oleh Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta, bersama dengan partai politik lainnya, mengutamakan prinsip-prinsip Pancasila sebagai dasar negara.</p><p>Pemberontakan PKI di Madiun terjadi karena perbedaan pandangan politik antara PKI (Partai Komu-nis Indonesia) dengan pemerintah dan partai-partai politik lainnya. Pemberontakan ini menentang pemerintah yang sah dan melanggar prinsip-prinsip Pancasila, seperti prinsip keadilan sosial dan persatuan nasional.</p><p>Dalam menanggapi pemberontakan ini, pemerintah melakukan tindakan untuk menjaga stabilitas negara dan menegakkan kedaulatan Republik Indonesia. Pemberontakan ini kemudian berhasil dipadamkan oleh pemerintah dengan dukungan dari angkatan bersenjata dan partai-partai politik lainnya.</p><p>Dengan menumpas pemberontakan ini, pemerintah menegaskan komitmen mereka terhadap prinsip-prinsip Pancasila, termasuk prinsip kedaulatan rakyat, demokrasi, keadilan sosial, dan persatuan nasional. Oleh karena itu, pemberontakan PKI di Madiun dapat dianggap sebagai salah satu contoh penerapan Pancasila pada masa Orde Lama di Indonesia.</p>

Pilihan yang merupakan penerapan Pancasila pada masa Orde Lama adalah:

A. Adanya pemberontakan PKI di Madiun

 

Pemberontakan PKI di Madiun pada tahun 1948 adalah salah satu contoh penerapan Pancasila pada masa Orde Lama di Indonesia. Pada saat itu, pemerintah Indonesia yang dipimpin oleh Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta, bersama dengan partai politik lainnya, mengutamakan prinsip-prinsip Pancasila sebagai dasar negara.

Pemberontakan PKI di Madiun terjadi karena perbedaan pandangan politik antara PKI (Partai Komu-nis Indonesia) dengan pemerintah dan partai-partai politik lainnya. Pemberontakan ini menentang pemerintah yang sah dan melanggar prinsip-prinsip Pancasila, seperti prinsip keadilan sosial dan persatuan nasional.

Dalam menanggapi pemberontakan ini, pemerintah melakukan tindakan untuk menjaga stabilitas negara dan menegakkan kedaulatan Republik Indonesia. Pemberontakan ini kemudian berhasil dipadamkan oleh pemerintah dengan dukungan dari angkatan bersenjata dan partai-partai politik lainnya.

Dengan menumpas pemberontakan ini, pemerintah menegaskan komitmen mereka terhadap prinsip-prinsip Pancasila, termasuk prinsip kedaulatan rakyat, demokrasi, keadilan sosial, dan persatuan nasional. Oleh karena itu, pemberontakan PKI di Madiun dapat dianggap sebagai salah satu contoh penerapan Pancasila pada masa Orde Lama di Indonesia.


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

20 Mei 2024 06:41

Jawaban terverifikasi

Pilihan yang merupakan penerapan Pancasila pada masa Orde Lama adalah: A. Adanya pemberontakan PKI di Madiun Pemberontakan PKI di Madiun pada tahun 1948 adalah salah satu contoh penerapan Pancasila pada masa Orde Lama di Indonesia. Pada saat itu, pemerintah Indonesia yang dipimpin oleh Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta, bersama dengan partai politik lainnya, mengutamakan prinsip-prinsip Pancasila sebagai dasar negara. Pemberontakan PKI di Madiun terjadi karena perbedaan pandangan politik antara PKI (Partai Komu-nis Indonesia) dengan pemerintah dan partai-partai politik lainnya. Pemberontakan ini menentang pemerintah yang sah dan melanggar prinsip-prinsip Pancasila, seperti prinsip keadilan sosial dan persatuan nasional. Dalam menanggapi pemberontakan ini, pemerintah melakukan tindakan untuk menjaga stabilitas negara dan menegakkan kedaulatan Republik Indonesia. Pemberontakan ini kemudian berhasil dipadamkan oleh pemerintah dengan dukungan dari angkatan bersenjata dan partai-partai politik lainnya. Dengan menumpas pemberontakan ini, pemerintah menegaskan komitmen mereka terhadap prinsip-prinsip Pancasila, termasuk prinsip kedaulatan rakyat, demokrasi, keadilan sosial, dan persatuan nasional. Oleh karena itu, pemberontakan PKI di Madiun dapat dianggap sebagai salah satu contoh penerapan Pancasila pada masa Orde Lama di Indonesia.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pada siklus hidup helmintik, biasanya membutuhkan inang sementara untuk keberlangsungan hidupnya sebelum menetap pada inang sebenarnya. Di bawah ini yang termasuk inang sementara adalah…… a. Udang, belalang, sapi b. Beruang, ikan, rumput c. Siput, udang, ikan d. Sapi, babi, kucing e. Siput, belalang, ikan

7

0.0

Jawaban terverifikasi