Mufar M

25 Februari 2024 13:14

Iklan

Iklan

Mufar M

25 Februari 2024 13:14

Pertanyaan

berikut ini yang bukan keuntungan teknologi pengolahan bahan makanan adalah


13

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Zahra P

26 Februari 2024 03:54

Jawaban terverifikasi

<p>Berikut beberapa hal yang bisa dianggap sebagai kekurangan atau bukan keuntungan dari teknologi pengolahan bahan makanan:<br><br>1.&nbsp;Budaya pengelolaan pangan yang kurang berorientasi terhadap nilai gizi, serta keterbatasan pengetahuan sekaligus desakan ekonomi, bisa membuat masalah pemenuhan dan pengolahan bahan pangan terabaikan.<br>2.&nbsp;Teknologi iradiasi makanan, meski telah terbukti aman, dalam penerapannya seringkali dihadapkan pada berbagai tantangan.<br>3.&nbsp;Beberapa metode pengolahan makanan, seperti High Pressure Processing (HPP), mungkin tidak efektif dalam mengawetkan makanan.<br><br><br>Sumber: ResearchGate, Staff Site Universitas Negeri, FoodTech Binus, BBC Indonesia.</p><p>&nbsp;</p><p>- Semoga Membantu -</p>

Berikut beberapa hal yang bisa dianggap sebagai kekurangan atau bukan keuntungan dari teknologi pengolahan bahan makanan:

1. Budaya pengelolaan pangan yang kurang berorientasi terhadap nilai gizi, serta keterbatasan pengetahuan sekaligus desakan ekonomi, bisa membuat masalah pemenuhan dan pengolahan bahan pangan terabaikan.
2. Teknologi iradiasi makanan, meski telah terbukti aman, dalam penerapannya seringkali dihadapkan pada berbagai tantangan.
3. Beberapa metode pengolahan makanan, seperti High Pressure Processing (HPP), mungkin tidak efektif dalam mengawetkan makanan.


Sumber: ResearchGate, Staff Site Universitas Negeri, FoodTech Binus, BBC Indonesia.

 

- Semoga Membantu -


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

07 Maret 2024 23:34

Jawaban terverifikasi

<p>Penggunaan teknologi dalam pengolahan bahan makanan memberikan berbagai keuntungan yang signifikan. Berikut adalah beberapa keuntungan utama dari teknologi pengolahan bahan makanan:</p><p><strong>Efisiensi Produksi:</strong></p><ul><li>Teknologi memungkinkan proses produksi bahan makanan menjadi lebih efisien dan cepat. Mesin dan peralatan otomatis dapat mengolah bahan dalam jumlah besar dalam waktu yang relatif singkat.</li></ul><p><strong>Peningkatan Keamanan Makanan:</strong></p><ul><li>Teknologi memungkinkan penerapan standar keamanan makanan yang lebih tinggi. Proses pengolahan yang modern dan sanitasi yang ditingkatkan dapat membantu mencegah kontaminasi dan memastikan keamanan produk makanan.</li></ul><p><strong>Peningkatan Kualitas:</strong></p><ul><li>Teknologi membantu dalam menghasilkan produk makanan dengan kualitas yang lebih tinggi. Peralatan modern dan teknik pengolahan canggih dapat mempertahankan nilai nutrisi, rasa, dan tekstur bahan makanan.</li></ul><p><strong>Pengembangan Inovasi Produk:</strong></p><ul><li>Inovasi teknologi memungkinkan pengembangan produk makanan baru dan unik. Proses seperti pemanasan vakum, fermentasi kontrol, atau teknik pengawetan lainnya membuka peluang untuk menciptakan produk dengan karakteristik yang berbeda.</li></ul><p><strong>Penghematan Energi dan Sumber Daya:</strong></p><ul><li>Teknologi canggih dapat dirancang untuk menggunakan energi dan sumber daya secara lebih efisien. Ini mencakup pengoptimalan penggunaan air, penghematan energi, dan pengelolaan limbah yang lebih baik.</li></ul><p><strong>Prolonged Shelf Life:</strong></p><ul><li>Berbagai teknologi pengemasan dan pengawetan memungkinkan produk makanan memiliki umur simpan yang lebih lama. Hal ini membantu dalam distribusi, penyimpanan, dan ketersediaan produk makanan di pasar.</li></ul><p><strong>Konsistensi Produksi:</strong></p><ul><li>Teknologi membantu dalam mencapai konsistensi dalam produksi massal. Kontrol otomatis dan sistem monitoring dapat memastikan bahwa setiap batch produk memenuhi standar kualitas yang ditetapkan.</li></ul>

Penggunaan teknologi dalam pengolahan bahan makanan memberikan berbagai keuntungan yang signifikan. Berikut adalah beberapa keuntungan utama dari teknologi pengolahan bahan makanan:

Efisiensi Produksi:

  • Teknologi memungkinkan proses produksi bahan makanan menjadi lebih efisien dan cepat. Mesin dan peralatan otomatis dapat mengolah bahan dalam jumlah besar dalam waktu yang relatif singkat.

Peningkatan Keamanan Makanan:

  • Teknologi memungkinkan penerapan standar keamanan makanan yang lebih tinggi. Proses pengolahan yang modern dan sanitasi yang ditingkatkan dapat membantu mencegah kontaminasi dan memastikan keamanan produk makanan.

Peningkatan Kualitas:

  • Teknologi membantu dalam menghasilkan produk makanan dengan kualitas yang lebih tinggi. Peralatan modern dan teknik pengolahan canggih dapat mempertahankan nilai nutrisi, rasa, dan tekstur bahan makanan.

Pengembangan Inovasi Produk:

  • Inovasi teknologi memungkinkan pengembangan produk makanan baru dan unik. Proses seperti pemanasan vakum, fermentasi kontrol, atau teknik pengawetan lainnya membuka peluang untuk menciptakan produk dengan karakteristik yang berbeda.

Penghematan Energi dan Sumber Daya:

  • Teknologi canggih dapat dirancang untuk menggunakan energi dan sumber daya secara lebih efisien. Ini mencakup pengoptimalan penggunaan air, penghematan energi, dan pengelolaan limbah yang lebih baik.

Prolonged Shelf Life:

  • Berbagai teknologi pengemasan dan pengawetan memungkinkan produk makanan memiliki umur simpan yang lebih lama. Hal ini membantu dalam distribusi, penyimpanan, dan ketersediaan produk makanan di pasar.

Konsistensi Produksi:

  • Teknologi membantu dalam mencapai konsistensi dalam produksi massal. Kontrol otomatis dan sistem monitoring dapat memastikan bahwa setiap batch produk memenuhi standar kualitas yang ditetapkan.

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Kerangka sebuah meja di buat dari besi, seperti terlihat pada gambar di bawah ini. Jika panjang meja 120 cm, lebar 80 cm dan tinggi meja 50 cm, maka panjang besi yang dibutuhkan untuk membuat 2 buah meja adalah ...

9

0.0

Jawaban terverifikasi

1.Berikut ini merupakan salah satu wujud program CSR, kecuali a. pemberian subsidi b. pemberian beasiswa C. dana untuk pemeliharaan fasilitas umum d. sumbangan untuk fasilitas umum 2.Suatu konsep yang dilakukan perusahaan sebagai rasa tanggung jawab perusahaan terhadap sosial maupun, lingkungan sekitar perusahaan disebut... a. Company Social Responsibility b. Corporate Social Responsibility c. Company Social Responsible d. Corporate Social Responsible 3.Tokoh dari Belanda yang menerapkan sistem pemerintahan modern yang terkenal dengan sistem perpajakannya adalah a. Daendels C. Van Mook b. Raffles d. M.J. Mose 4.Tokoh yang mendirikan sekolah kebangsaan Taman Siswa adalah... a.Moh. Syafei b. Budi Utomo C Wahidin Sudirohusodo d. Ki Hajar Dewantara 5.Berikut faktor-faktor yang menyebabkan Indonesia menjadi penting bagi perdagangan dan pelayaran antara Asia dan Eropa, kecuali .... a. kondisi geografis b. kepadatan penduduk C. faktor keamanan d. penghasil rempah-rempah 6.Untuk mengatasi kas Belanda yang kosong, maka Belanda menerapkan strategi..... a. monopoli perdagangan b. pelayaran hongi c. pembentukan VOC d. Culture Stelsel 7.Salah satu program pemerintah pemberian jaminan akses kebutuhan dasar bagi rakyat bawah, kecuali .... a. Bantuan Langsung Tunai (BLT) b. Bantuan Tunai Bersyarat (BTB) c. Program Keluarga Harapan (PKH) d. Kredit Usaha Rakyat (KUR) 8.Berikut ini yang bukan merupakan aturan tanam paksa adalah .... a. petani harus menyediakan seperempat dari tanahnya untuk ditanami tanaman wajib b. tanah yang ditanami tanaman wajib merupakan tanah bebas pajak C. hasil tanaman harus dijual kepada Belanda dengan harga yang sudah ditentukan d. waktu tanam tidak boleh melebihi waktu menanam padi 9. Raja Kerajaan Banten yang bersahabat dengan VOC dan menjalin kerja sama adalah .... a. Sultan Ageng Tirtayasa b. Sultan Iskandar Muda C. Sultan Haji d. Sultan Hairun

17

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan