Ridho E

26 Januari 2023 13:53

Iklan

Iklan

Ridho E

26 Januari 2023 13:53

Pertanyaan

Berikut ini langkah-langkah dalam pembuatan peta, kecuali ... a. menentukan daerah yang akan kamu petakan b. membuat peta dasar (base map), yaitu peta yang belum diberi simbol c. membuat simbol-simbol yang mewakili data d. melengkapi peta dengan tulisan (lettering) secara baik dan benar e. membuat peta sesuai dengan ukuran kertas yang digunakan

Berikut ini langkah-langkah dalam pembuatan peta, kecuali ...

a. menentukan daerah yang akan kamu petakan

b. membuat peta dasar (base map), yaitu peta yang belum diberi simbol

c. membuat simbol-simbol yang mewakili data 

d. melengkapi peta dengan tulisan (lettering) secara baik dan benar

e. membuat peta sesuai dengan ukuran kertas yang digunakan


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

11 Januari 2024 00:46

Jawaban terverifikasi

Pertanyaan ini berkaitan dengan proses pembuatan peta. Langkah-langkah dalam pembuatan peta meliputi menentukan daerah yang akan dipetakan, membuat peta dasar atau base map, membuat simbol-simbol yang mewakili data, dan melengkapi peta dengan tulisan atau lettering. Penjelasan: 1. Menentukan daerah yang akan dipetakan: Ini adalah langkah pertama dalam proses pembuatan peta. Di sini, kita memutuskan area geografis mana yang akan kita tampilkan di peta kita. 2. Membuat peta dasar (base map): Setelah menentukan daerah yang akan dipetakan, langkah selanjutnya adalah membuat peta dasar. Peta dasar adalah peta yang belum diberi simbol atau informasi lainnya. 3. Membuat simbol-simbol yang mewakili data: Setelah peta dasar dibuat, langkah selanjutnya adalah menambahkan simbol ke peta. Simbol ini mewakili data atau informasi yang ingin kita sampaikan melalui peta. 4. Melengkapi peta dengan tulisan (lettering) secara baik dan benar: Langkah terakhir dalam proses pembuatan peta adalah menambahkan tulisan ke peta. Tulisan ini bisa berupa nama tempat, skala peta, legenda, dan informasi lainnya yang relevan. Namun, opsi e. "membuat peta sesuai dengan ukuran kertas yang digunakan" bukanlah langkah dalam proses pembuatan peta. Ukuran kertas tidak mempengaruhi proses pembuatan peta, karena peta dapat dibuat dalam berbagai ukuran dan format, tergantung pada kebutuhan pengguna. Kesimpulan: Jadi, jawaban yang paling tepat untuk pertanyaan "Berikut ini langkah-langkah dalam pembuatan peta, kecuali ..." adalah e. "membuat peta sesuai dengan ukuran kertas yang digunakan". Semoga penjelasan ini membantu kamu 🙂.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

14 Januari 2024 12:15

Jawaban terverifikasi

<p>jawabannya adalah E.</p><p>&nbsp;</p><p><br>Langkah-langkah dalam pembuatan peta biasanya mencakup beberapa tahapan. Berikut adalah penjelasan singkat untuk setiap langkah:</p><p>a. Menentukan daerah yang akan kamu petakan: Pemilihan area atau wilayah yang akan dijadikan fokus peta, tergantung pada tujuan atau maksud pembuatan peta.</p><p>b. Membuat peta dasar (base map): Pembuatan peta dasar tanpa penambahan simbol atau informasi lainnya. Ini memberikan kerangka dasar untuk menambahkan elemen-elemen lainnya.</p><p>c. Membuat simbol-simbol yang mewakili data: Menambahkan simbol atau tanda-tanda khusus yang mewakili data yang ingin disampaikan melalui peta, seperti lambang bangunan, jalan, sungai, dan lainnya.</p><p>d. Melengkapi peta dengan tulisan (lettering) secara baik dan benar: Menambahkan teks atau lettering untuk memberikan informasi lebih lanjut, seperti nama-nama tempat, skala peta, legenda, dan lainnya. Lettering harus jelas dan mudah dibaca.</p><p>e. Membuat peta sesuai dengan ukuran kertas yang digunakan: Menyesuaikan peta agar sesuai dengan ukuran kertas yang akan digunakan. Hal ini penting untuk memastikan keterbacaan dan kejelasan peta saat dicetak atau digunakan.</p>

jawabannya adalah E.

 


Langkah-langkah dalam pembuatan peta biasanya mencakup beberapa tahapan. Berikut adalah penjelasan singkat untuk setiap langkah:

a. Menentukan daerah yang akan kamu petakan: Pemilihan area atau wilayah yang akan dijadikan fokus peta, tergantung pada tujuan atau maksud pembuatan peta.

b. Membuat peta dasar (base map): Pembuatan peta dasar tanpa penambahan simbol atau informasi lainnya. Ini memberikan kerangka dasar untuk menambahkan elemen-elemen lainnya.

c. Membuat simbol-simbol yang mewakili data: Menambahkan simbol atau tanda-tanda khusus yang mewakili data yang ingin disampaikan melalui peta, seperti lambang bangunan, jalan, sungai, dan lainnya.

d. Melengkapi peta dengan tulisan (lettering) secara baik dan benar: Menambahkan teks atau lettering untuk memberikan informasi lebih lanjut, seperti nama-nama tempat, skala peta, legenda, dan lainnya. Lettering harus jelas dan mudah dibaca.

e. Membuat peta sesuai dengan ukuran kertas yang digunakan: Menyesuaikan peta agar sesuai dengan ukuran kertas yang akan digunakan. Hal ini penting untuk memastikan keterbacaan dan kejelasan peta saat dicetak atau digunakan.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Fungsi lapisan ozon di atmosfer adalah.,,

26

4.0

Jawaban terverifikasi