Chena R

09 Juli 2024 04:35

Iklan

Chena R

09 Juli 2024 04:35

Pertanyaan

Berikut ini bukan merupakan ciri-ciri sistem koloid adalah .... A. Menghamburkan cahaya B. Homogen C. Terdiri dari dua fa sa D. Stabil/tidak memisah E. Tidak dapat disa ring

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

01

:

19

:

03

:

47

Klaim

4

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

M Z

Community

09 Juli 2024 14:28

Jawaban terverifikasi

Jawaban: B. Homogen Pembahasan: Sistem koloid adalah suatu bentuk campuran yang keadaannya antara larutan dan suspensi. Sistem koloid memiliki ciri-ciri sebagai berikkut. 1. Secara makroskopis bersifat homogen, tetapi heterogen jika diamati menggunakan mikroskop ultra 2. Partikelnya berdimensi antara 1-100 nm 3. Terdiri dari dua fase 4. Pada umumnya stabil 5. Tidak dapat disaring kecuali menggunakana penyaring ultra Dengan demikian, yang bukan merupakan ciri dari sistem koloid adalah bersifat homogen, karena jika opsi A merupakan salah satu sifat dari koloid yaitu menghamburkan cahaya atau gerak brown.


Iklan

Kevin L

Gold

11 Juli 2024 23:50

Jawaban terverifikasi

Jawaban yang tepat adalah B. Homogen. Penjelasan: Sistem koloid memiliki ciri-ciri yang unik, salah satunya adalah heterogen. Hal ini berarti bahwa sistem koloid terdiri dari dua fase yang berbeda, yaitu fase terdispersi dan fase pendispersi. Fase terdispersi adalah partikel-partikel koloid yang berukuran sangat kecil (1 nm - 1000 nm) dan tersebar merata dalam fase pendispersi. Fase pendispersi adalah medium yang menampung partikel-partikel koloid. Alasan mengapa jawaban B. Homogen salah: * Sistem koloid bersifat heterogen. Hal ini berarti bahwa partikel-partikel koloid tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Jika sistem koloid bersifat homogen, maka partikel-partikel koloid akan dapat dilihat dengan mata telanjang. * Partikel-partikel koloid tersebar merata dalam fase pendispersi. Hal ini berarti bahwa sistem koloid tidak memiliki batas yang jelas antara fase terdispersi dan fase pendispersi. Jika sistem koloid bersifat homogen, maka akan ada batas yang jelas antara fase terdispersi dan fase pendispersi. Ciri-ciri sistem koloid yang lain: * Menghamburkan cahaya. Partikel-partikel koloid yang berukuran cukup besar dapat menghamburkan cahaya. Hal ini menyebabkan efek Tyndall, yaitu munculnya berkas cahaya yang terlihat saat sinar cahaya dilewatkan pada sistem koloid. * Tidak dapat disaring dengan kertas saring biasa. Partikel-partikel koloid yang berukuran sangat kecil tidak dapat disaring dengan kertas saring biasa. Untuk menyaring sistem koloid, diperlukan membran semipermeabel. * Stabil/tidak memisah. Sistem koloid yang stabil tidak akan memisah menjadi dua fase. Hal ini disebabkan oleh adanya gaya tarik menarik antar partikel koloid. Kesimpulan: Sistem koloid memiliki ciri-ciri yang unik, salah satunya adalah heterogen. Hal ini berarti bahwa sistem koloid terdiri dari dua fase yang berbeda, yaitu fase terdispersi dan fase pendispersi. Oleh karena itu, jawaban yang tepat untuk pertanyaan "Berikut ini bukan merupakan ciri-ciri sistem koloid adalah ..." adalah B. Homogen.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan