Wela W

29 Mei 2024 14:23

Iklan

Iklan

Wela W

29 Mei 2024 14:23

Pertanyaan

berikut contoh atom stabil adalah

berikut contoh atom stabil adalah 

 


9

2


Iklan

Iklan

Maria M

29 Mei 2024 14:48

Contoh dari atom stabil adalah atom helium (He). Atom helium memiliki jumlah proton dan neutron yang sama, sehingga tidak menghasilkan radiasi atau mengalami reaksi kimia. Atom helium juga tidak menghasilkan atau menyerap radiasi, dan tidak mengalami reaksi kimia.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

30 Mei 2024 11:12

<p>Atom stabil adalah atom yang memiliki jumlah proton dan neutron yang seimbang sehingga atom tersebut tidak cenderung untuk mengalami peluruhan radioaktif. Contoh atom stabil yang umum di alam adalah:</p><p><strong>Atom Karbon-12 (12C):</strong> Atom karbon-12 adalah isotop stabil dari unsur karbon. Atom ini memiliki 6 proton dan 6 neutron, sehingga total 12 partikel dalam intinya. Karena memiliki jumlah proton dan neutron yang seimbang, karbon-12 adalah isotop yang stabil dan tidak mengalami peluruhan radioaktif.</p><p><strong>Atom Oksigen-16 (16O):</strong> Isotop stabil lainnya adalah oksigen-16, yang memiliki 8 proton dan 8 neutron. Oksigen-16 sangat umum di alam dan merupakan isotop stabil yang dominan dari unsur oksigen.</p><p><strong>Atom Besi-56 (56Fe):</strong> Besi-56 adalah isotop besi yang stabil dan paling banyak ditemukan di alam. Ini memiliki 26 proton dan 30 neutron. Atom besi-56 dikenal karena kestabilannya dan berperan penting dalam pembentukan inti bintang.</p><p><strong>Atom Timbal-208 (208Pb):</strong> Timbal-208 adalah isotop timbal yang stabil dengan 82 proton dan 126 neutron. Atom ini terbentuk dari peluruhan berbagai unsur radioaktif dan memiliki kestabilan yang luar biasa, sehingga menjadi tujuan akhir bagi banyak rantai peluruhan radioaktif.</p><p><strong>Atom Helium-4 (4He):</strong> Helium-4 adalah isotop helium yang paling stabil dan paling umum. Helium-4 memiliki 2 proton dan 2 neutron, sehingga total 4 partikel dalam intinya. Kestabilan helium-4 membuatnya menjadi gas mulia yang paling melimpah di alam setelah hidrogen.</p>

Atom stabil adalah atom yang memiliki jumlah proton dan neutron yang seimbang sehingga atom tersebut tidak cenderung untuk mengalami peluruhan radioaktif. Contoh atom stabil yang umum di alam adalah:

Atom Karbon-12 (12C): Atom karbon-12 adalah isotop stabil dari unsur karbon. Atom ini memiliki 6 proton dan 6 neutron, sehingga total 12 partikel dalam intinya. Karena memiliki jumlah proton dan neutron yang seimbang, karbon-12 adalah isotop yang stabil dan tidak mengalami peluruhan radioaktif.

Atom Oksigen-16 (16O): Isotop stabil lainnya adalah oksigen-16, yang memiliki 8 proton dan 8 neutron. Oksigen-16 sangat umum di alam dan merupakan isotop stabil yang dominan dari unsur oksigen.

Atom Besi-56 (56Fe): Besi-56 adalah isotop besi yang stabil dan paling banyak ditemukan di alam. Ini memiliki 26 proton dan 30 neutron. Atom besi-56 dikenal karena kestabilannya dan berperan penting dalam pembentukan inti bintang.

Atom Timbal-208 (208Pb): Timbal-208 adalah isotop timbal yang stabil dengan 82 proton dan 126 neutron. Atom ini terbentuk dari peluruhan berbagai unsur radioaktif dan memiliki kestabilan yang luar biasa, sehingga menjadi tujuan akhir bagi banyak rantai peluruhan radioaktif.

Atom Helium-4 (4He): Helium-4 adalah isotop helium yang paling stabil dan paling umum. Helium-4 memiliki 2 proton dan 2 neutron, sehingga total 4 partikel dalam intinya. Kestabilan helium-4 membuatnya menjadi gas mulia yang paling melimpah di alam setelah hidrogen.


Mau jawaban yang terverifikasi?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

contoh gaya gesek dalam kehidupan sehari-hari hari yang menguntungkan dan merugikan minimal 2

0

0.0

Jawaban terverifikasi