Hilya H

29 Januari 2024 19:28

Iklan

Iklan

Hilya H

29 Januari 2024 19:28

Pertanyaan

Berikan penjelasan tentang alat pemuas kebutuhan dilihat dari segi cara penggunaannya!

Berikan penjelasan tentang alat pemuas kebutuhan dilihat dari segi cara penggunaannya!


3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Dela A

Community

29 Januari 2024 19:34

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang tepat untuk soal tersebut adalah<br><strong>Jika dilihat dari segi cara penggunaannya, alat pemuas kebutuhan dibedakan menjadi 2, yaitu</strong><br>1. Barang konsumsi<br>Barang konsumsi adalah barang yang langsung dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Barang konsumsi sering disebut dengan barang jadi atau barang akhir. Barang konsumsi ada dua, yaitu barang konsumsi tidak tahan lama, misalnya makanan; dan barang konsumsi tahan lama, misalnya pakaian. Makanan tidak tahan lama akan habis dalam satu kali makan, sedangkan pakaian dapat digunakan lebih dari satu kali.<br>2. Barang produksi, adalah barang yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia secara tidak langsung. Barang produksi digunakan dalam proses produksi lanjutan untuk menghasilkan barang konsumsi atau barang modal lainnya. Barang produksi ada dua, yaitu barang produksi tidak tahan lama (habis dalam satu kali proses produksi), misalnya bahan mentah dan bahan baku produksi; serta barang produksi tahan lama, misalnya cangkul, mesin, dan gedung.</p>

Jawaban yang tepat untuk soal tersebut adalah
Jika dilihat dari segi cara penggunaannya, alat pemuas kebutuhan dibedakan menjadi 2, yaitu
1. Barang konsumsi
Barang konsumsi adalah barang yang langsung dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Barang konsumsi sering disebut dengan barang jadi atau barang akhir. Barang konsumsi ada dua, yaitu barang konsumsi tidak tahan lama, misalnya makanan; dan barang konsumsi tahan lama, misalnya pakaian. Makanan tidak tahan lama akan habis dalam satu kali makan, sedangkan pakaian dapat digunakan lebih dari satu kali.
2. Barang produksi, adalah barang yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia secara tidak langsung. Barang produksi digunakan dalam proses produksi lanjutan untuk menghasilkan barang konsumsi atau barang modal lainnya. Barang produksi ada dua, yaitu barang produksi tidak tahan lama (habis dalam satu kali proses produksi), misalnya bahan mentah dan bahan baku produksi; serta barang produksi tahan lama, misalnya cangkul, mesin, dan gedung.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

15 Februari 2024 02:05

Jawaban terverifikasi

<p>Alat pemuas kebutuhan, dalam konteks ekonomi, merujuk pada barang atau jasa yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Cara penggunaan alat pemuas kebutuhan dapat dijelaskan sebagai berikut:</p><p><strong>Fungsi Alat Pemuas Kebutuhan:</strong></p><ul><li>Alat pemuas kebutuhan berfungsi untuk menyediakan manfaat atau kepuasan kepada penggunanya. Ini dapat berupa barang fisik seperti makanan, pakaian, atau rumah, maupun jasa seperti pendidikan, layanan kesehatan, atau transportasi.</li></ul><p><strong>Penggunaan sebagai Sarana Konsumsi:</strong></p><ul><li>Banyak alat pemuas kebutuhan digunakan sebagai sarana konsumsi, di mana individu atau rumah tangga menggunakan barang atau jasa tersebut langsung untuk memenuhi kebutuhan pribadi atau keluarga.</li></ul><p><strong>Peran dalam Aktivitas Ekonomi:</strong></p><ul><li>Alat pemuas kebutuhan memiliki peran kunci dalam kegiatan ekonomi, di mana konsumen menggunakan daya beli mereka untuk mendapatkan dan menggunakan barang atau jasa yang diinginkan.</li></ul><p><strong>Alokasi Sumber Daya:</strong></p><ul><li>Penggunaan alat pemuas kebutuhan melibatkan alokasi sumber daya, baik secara langsung atau tidak langsung. Konsumen memilih cara menggunakan waktu, uang, dan tenaga untuk mendapatkan dan mengonsumsi barang atau jasa.</li></ul><p><strong>Perilaku Konsumen:</strong></p><ul><li>Cara penggunaan alat pemuas kebutuhan mencerminkan perilaku konsumen. Keputusan konsumen, seperti preferensi terhadap merek, frekuensi penggunaan, dan pembelian berulang, memainkan peran penting dalam cara alat tersebut digunakan.</li></ul><p><strong>Dampak pada Kesejahteraan:</strong></p><ul><li>Cara penggunaan alat pemuas kebutuhan dapat memengaruhi kesejahteraan individu dan masyarakat secara keseluruhan. Kepuasan yang diperoleh dari penggunaan alat tersebut dapat berkontribusi pada tingkat kebahagiaan dan kesejahteraan.</li></ul>

Alat pemuas kebutuhan, dalam konteks ekonomi, merujuk pada barang atau jasa yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Cara penggunaan alat pemuas kebutuhan dapat dijelaskan sebagai berikut:

Fungsi Alat Pemuas Kebutuhan:

  • Alat pemuas kebutuhan berfungsi untuk menyediakan manfaat atau kepuasan kepada penggunanya. Ini dapat berupa barang fisik seperti makanan, pakaian, atau rumah, maupun jasa seperti pendidikan, layanan kesehatan, atau transportasi.

Penggunaan sebagai Sarana Konsumsi:

  • Banyak alat pemuas kebutuhan digunakan sebagai sarana konsumsi, di mana individu atau rumah tangga menggunakan barang atau jasa tersebut langsung untuk memenuhi kebutuhan pribadi atau keluarga.

Peran dalam Aktivitas Ekonomi:

  • Alat pemuas kebutuhan memiliki peran kunci dalam kegiatan ekonomi, di mana konsumen menggunakan daya beli mereka untuk mendapatkan dan menggunakan barang atau jasa yang diinginkan.

Alokasi Sumber Daya:

  • Penggunaan alat pemuas kebutuhan melibatkan alokasi sumber daya, baik secara langsung atau tidak langsung. Konsumen memilih cara menggunakan waktu, uang, dan tenaga untuk mendapatkan dan mengonsumsi barang atau jasa.

Perilaku Konsumen:

  • Cara penggunaan alat pemuas kebutuhan mencerminkan perilaku konsumen. Keputusan konsumen, seperti preferensi terhadap merek, frekuensi penggunaan, dan pembelian berulang, memainkan peran penting dalam cara alat tersebut digunakan.

Dampak pada Kesejahteraan:

  • Cara penggunaan alat pemuas kebutuhan dapat memengaruhi kesejahteraan individu dan masyarakat secara keseluruhan. Kepuasan yang diperoleh dari penggunaan alat tersebut dapat berkontribusi pada tingkat kebahagiaan dan kesejahteraan.

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pilihan ganda kompleks Agar bangsa indonesia idak ketinggalan pada era globalisasi, hal - hal yang dapat di lakukan diantaranya adalah....* a. menutup diri dari bangsa lain b. penguasaan berbagai IPTEK c. menyesuaikan diri dengan keadaan d. membuka seluas - luasnya terhadap dunia luar

6

0.0

Jawaban terverifikasi