Habibah T

28 Juni 2024 07:49

Iklan

Iklan

Habibah T

28 Juni 2024 07:49

Pertanyaan

berikan contoh penerapan amdal dalam proyek pembangunan di Indonesia

berikan contoh penerapan amdal dalam proyek pembangunan di Indonesia


16

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

28 Juni 2024 10:11

Jawaban terverifikasi

<p>Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) adalah proses penting dalam memastikan bahwa proyek pembangunan di Indonesia dilakukan dengan cara yang bertanggung jawab terhadap lingkungan. Berikut adalah beberapa contoh penerapan AMDAL dalam proyek pembangunan di Indonesia:</p><p><strong>Proyek Pembangunan Bandara Internasional Kulon Progo (Yogyakarta International Airport)</strong>: Sebelum pembangunan bandara ini, dilakukan studi AMDAL yang mendetail untuk mengidentifikasi dampak lingkungan yang mungkin terjadi. Studi ini mencakup analisis dampak terhadap ekosistem lokal, kualitas udara, dan dampak sosial terhadap masyarakat sekitar. Berdasarkan hasil AMDAL, diambil langkah-langkah mitigasi seperti penanaman kembali pohon dan program pemindahan warga yang terdampak.</p><p><strong>Proyek Pembangunan Jalan Tol Trans-Jawa</strong>: Pembangunan jalan tol ini melalui berbagai provinsi di Pulau Jawa, melibatkan studi AMDAL yang komprehensif untuk memastikan bahwa pembangunan tidak merusak lingkungan sekitar. Studi ini mencakup analisis dampak pada habitat satwa liar, lahan pertanian, dan kualitas air. Berdasarkan hasil AMDAL, diterapkan berbagai langkah mitigasi seperti pembuatan jembatan penyeberangan satwa dan sistem drainase yang baik.</p><p><strong>Proyek Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Batang</strong>: Proyek PLTU ini membutuhkan AMDAL untuk menilai dampak terhadap kualitas udara, air, dan kesehatan masyarakat. Studi AMDAL mengidentifikasi potensi polusi udara dari pembakaran batu bara dan dampak terhadap ekosistem laut di sekitar lokasi. Hasil AMDAL digunakan untuk mengembangkan rencana pengelolaan lingkungan yang mencakup penggunaan teknologi penangkap polutan dan pemantauan kualitas lingkungan secara berkala.</p><p><strong>Proyek Reklamasi Pantai di Teluk Benoa, Bali</strong>: Reklamasi pantai ini membutuhkan AMDAL untuk menilai dampak terhadap ekosistem laut, seperti terumbu karang dan mangrove, serta dampak sosial-ekonomi terhadap masyarakat pesisir. Studi AMDAL mengidentifikasi potensi dampak negatif dan mengusulkan langkah-langkah mitigasi seperti pembuatan terumbu buatan dan program pemulihan mangrove.</p><p><strong>Proyek Pembangunan Kawasan Industri Jababeka</strong>: Sebelum pembangunan kawasan industri ini, dilakukan AMDAL untuk mengevaluasi dampak terhadap lingkungan, termasuk kualitas udara, air, dan dampak terhadap penduduk lokal. Studi ini menghasilkan rencana pengelolaan lingkungan yang mencakup pemantauan emisi pabrik, pengelolaan limbah industri, dan program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).</p>

Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) adalah proses penting dalam memastikan bahwa proyek pembangunan di Indonesia dilakukan dengan cara yang bertanggung jawab terhadap lingkungan. Berikut adalah beberapa contoh penerapan AMDAL dalam proyek pembangunan di Indonesia:

Proyek Pembangunan Bandara Internasional Kulon Progo (Yogyakarta International Airport): Sebelum pembangunan bandara ini, dilakukan studi AMDAL yang mendetail untuk mengidentifikasi dampak lingkungan yang mungkin terjadi. Studi ini mencakup analisis dampak terhadap ekosistem lokal, kualitas udara, dan dampak sosial terhadap masyarakat sekitar. Berdasarkan hasil AMDAL, diambil langkah-langkah mitigasi seperti penanaman kembali pohon dan program pemindahan warga yang terdampak.

Proyek Pembangunan Jalan Tol Trans-Jawa: Pembangunan jalan tol ini melalui berbagai provinsi di Pulau Jawa, melibatkan studi AMDAL yang komprehensif untuk memastikan bahwa pembangunan tidak merusak lingkungan sekitar. Studi ini mencakup analisis dampak pada habitat satwa liar, lahan pertanian, dan kualitas air. Berdasarkan hasil AMDAL, diterapkan berbagai langkah mitigasi seperti pembuatan jembatan penyeberangan satwa dan sistem drainase yang baik.

Proyek Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Batang: Proyek PLTU ini membutuhkan AMDAL untuk menilai dampak terhadap kualitas udara, air, dan kesehatan masyarakat. Studi AMDAL mengidentifikasi potensi polusi udara dari pembakaran batu bara dan dampak terhadap ekosistem laut di sekitar lokasi. Hasil AMDAL digunakan untuk mengembangkan rencana pengelolaan lingkungan yang mencakup penggunaan teknologi penangkap polutan dan pemantauan kualitas lingkungan secara berkala.

Proyek Reklamasi Pantai di Teluk Benoa, Bali: Reklamasi pantai ini membutuhkan AMDAL untuk menilai dampak terhadap ekosistem laut, seperti terumbu karang dan mangrove, serta dampak sosial-ekonomi terhadap masyarakat pesisir. Studi AMDAL mengidentifikasi potensi dampak negatif dan mengusulkan langkah-langkah mitigasi seperti pembuatan terumbu buatan dan program pemulihan mangrove.

Proyek Pembangunan Kawasan Industri Jababeka: Sebelum pembangunan kawasan industri ini, dilakukan AMDAL untuk mengevaluasi dampak terhadap lingkungan, termasuk kualitas udara, air, dan dampak terhadap penduduk lokal. Studi ini menghasilkan rencana pengelolaan lingkungan yang mencakup pemantauan emisi pabrik, pengelolaan limbah industri, dan program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).


Iklan

Iklan

Raafi R

30 Juni 2024 06:10

<p>AMDAL adalah singkatan dari Analisis Mengenai Dampak Lingkungan. AMDAL merupakan kajian mengenai dampak penting suatu usaha atau kegiatan yang direncanakan terhadap lingkungan hidup yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan usaha atau kegiatan.<br>&nbsp;</p><p><br><br>AMDAL merupakan instrumen penting dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan di Indonesia. AMDAL diharapkan dapat membantu meminimalkan dampak negatif terhadap lingkungan dan memastikan pembangunan yang berkelanjutan.<br>* https://id.scribd.com/document/403540815/AHDE<br>* https://petajatim.co/pt-cmt-indonesia-terkesan-lelet-urus-izin-pembangunan-tower-di-nepa-banyuates/<br>&nbsp;</p>

AMDAL adalah singkatan dari Analisis Mengenai Dampak Lingkungan. AMDAL merupakan kajian mengenai dampak penting suatu usaha atau kegiatan yang direncanakan terhadap lingkungan hidup yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan usaha atau kegiatan.
 



AMDAL merupakan instrumen penting dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan di Indonesia. AMDAL diharapkan dapat membantu meminimalkan dampak negatif terhadap lingkungan dan memastikan pembangunan yang berkelanjutan.
* https://id.scribd.com/document/403540815/AHDE
* https://petajatim.co/pt-cmt-indonesia-terkesan-lelet-urus-izin-pembangunan-tower-di-nepa-banyuates/
 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

jelaskan penerapan bioteknologi pada kesehatan

7

5.0

Jawaban terverifikasi