Icha N

05 Januari 2023 07:17

Iklan

Icha N

05 Januari 2023 07:17

Pertanyaan

Berdasarkan percobaan reaksi CaCO3 dengan larutan HCl diperoleh data sebagai berikut: Reaksi yang berlangsung paling lambat adalah ... a. 1 b. 2 c. 3 d. 4 e. 5

alt

Belajar bareng Champions

Brain Academy Champions

Hanya di Brain Academy

Habis dalam

02

:

11

:

19

:

19

Klaim

4

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

A. Anania

Mahasiswa/Alumni Hanyang University

10 Januari 2023 09:18

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Jawaban yang tepat adalah C. 3.</strong></p><p><br>&nbsp;</p><p><strong>Laju suatu reaksi kimia merupakan waktu yang diperlukan oleh suatu reaksi untuk menghasilkan produk. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi laju reaksi:</strong></p><p><strong>- Area kontak antar reaktan. Makin besar area kontak antar reaktan, makin cepat reaksi terjadi. Cara untuk memperbesar area kontak adalah dengan memperkecil ukuran partikel dari reaktan.</strong></p><p><strong>- Konsentrasi reaktan. Makin besar konsentrasi reaktan makin cepat laju reaksinya.&nbsp;</strong></p><p><strong>- Suhu. Umumnya, makin tinggi suhu, makin cepat laju reaksinya.</strong></p><p><strong>- Katalis. Penambahan katalis akan mempercepat laju reaksi.</strong></p><p><br>&nbsp;</p><p><strong>Dalam percobaan reaksi CaCO3 dengan larutan HCl, massa CaCO3 adalah tetap, yaitu 3 g dan konsentrasi HCl adalah tetap, yaitu 2 M. Faktor yang divariasikan adalah bentuk CaCO3, yaitu serbuk, butiran dan kepingan, serta suhu dari HCl.&nbsp;</strong></p><p><br>&nbsp;</p><p><strong>Reaksi yang berlangsung paling lambat adalah reaksi yang memiliki suhu terendah dan juga bentuk CaCO3 dengan ukuran yang paling besar. Diantara bentuk CaCO3, yang paling besar adalah bentuk kepingan. Sedangkan suhu yang paling rendah adalah 30 derajat C. Jadi, diantara percobaan 1-5, yang memiliki bentuk CaCO3 berupa kepingan dan suhu percobaan 30 derajat C adalah percobaan nomor 3, sehingga percobaan tersebut memiliki laju reaksi paling rendah.</strong></p><p><br>&nbsp;</p><p><strong>Jadi, reaksi yang berlangsung paling lambat adalah C. 3.</strong></p><p><br>&nbsp;</p>

Jawaban yang tepat adalah C. 3.


 

Laju suatu reaksi kimia merupakan waktu yang diperlukan oleh suatu reaksi untuk menghasilkan produk. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi laju reaksi:

- Area kontak antar reaktan. Makin besar area kontak antar reaktan, makin cepat reaksi terjadi. Cara untuk memperbesar area kontak adalah dengan memperkecil ukuran partikel dari reaktan.

- Konsentrasi reaktan. Makin besar konsentrasi reaktan makin cepat laju reaksinya. 

- Suhu. Umumnya, makin tinggi suhu, makin cepat laju reaksinya.

- Katalis. Penambahan katalis akan mempercepat laju reaksi.


 

Dalam percobaan reaksi CaCO3 dengan larutan HCl, massa CaCO3 adalah tetap, yaitu 3 g dan konsentrasi HCl adalah tetap, yaitu 2 M. Faktor yang divariasikan adalah bentuk CaCO3, yaitu serbuk, butiran dan kepingan, serta suhu dari HCl. 


 

Reaksi yang berlangsung paling lambat adalah reaksi yang memiliki suhu terendah dan juga bentuk CaCO3 dengan ukuran yang paling besar. Diantara bentuk CaCO3, yang paling besar adalah bentuk kepingan. Sedangkan suhu yang paling rendah adalah 30 derajat C. Jadi, diantara percobaan 1-5, yang memiliki bentuk CaCO3 berupa kepingan dan suhu percobaan 30 derajat C adalah percobaan nomor 3, sehingga percobaan tersebut memiliki laju reaksi paling rendah.


 

Jadi, reaksi yang berlangsung paling lambat adalah C. 3.


 


Iklan

Buka akses jawaban yang telah terverifikasi

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan