Citra P

03 Juli 2024 00:42

Iklan

Iklan

Citra P

03 Juli 2024 00:42

Pertanyaan

Berdasarkan kondisi geografis, bentuk negara Indonesia adalah negara

Berdasarkan kondisi geografis, bentuk negara Indonesia adalah negara


31

2


Iklan

Iklan

Siti Z

03 Juli 2024 01:47

<p><strong>Berdasarkan kondisi geografis, Indonesia termasuk negara maritim.</strong></p><p>Apa itu kondisi geografis?</p><p>Kondisi geografis adalah keadaan suatu wilayah yang dilihat dari aspek lokasi geografis, koordinat peta, luas, dan bentuk pulau.</p><p>Mengapa Indonesia termasuk negara maritim?</p><p>Ciri-ciri negara maritim dapat dilihat dari negara tersebut mempunyai wilayah laut yang luas, terdiri dari banyak pulau mendukung panjangnya garis pantai (negara kepulauan) sehingga penduduk sebagian besar bekerja di sektor kelautan.&nbsp;</p><p>Karena Indonesia terletak diantara dua benua dan dua samudra, Indonesia memiliki 3 iklim yaitu, iklim tropis, iklim muson, dan iklim laut.</p>

Berdasarkan kondisi geografis, Indonesia termasuk negara maritim.

Apa itu kondisi geografis?

Kondisi geografis adalah keadaan suatu wilayah yang dilihat dari aspek lokasi geografis, koordinat peta, luas, dan bentuk pulau.

Mengapa Indonesia termasuk negara maritim?

Ciri-ciri negara maritim dapat dilihat dari negara tersebut mempunyai wilayah laut yang luas, terdiri dari banyak pulau mendukung panjangnya garis pantai (negara kepulauan) sehingga penduduk sebagian besar bekerja di sektor kelautan. 

Karena Indonesia terletak diantara dua benua dan dua samudra, Indonesia memiliki 3 iklim yaitu, iklim tropis, iklim muson, dan iklim laut.


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

03 Juli 2024 02:21

Bentuk Negara Indonesia berdasarkan Kondisi Geografis Berdasarkan kondisi geografis, Indonesia merupakan negara kepulauan. Hal ini dikarenakan Indonesia memiliki lebih dari 17.500 pulau yang tersebar di seluruh wilayahnya. Pulau-pulau tersebut memiliki berbagai ukuran, mulai dari pulau kecil yang hanya dihuni oleh beberapa orang hingga pulau besar seperti Papua dan Kalimantan. Ciri-ciri Negara Kepulauan Berikut adalah beberapa ciri-ciri negara kepulauan: * Memiliki banyak pulau yang tersebar di seluruh wilayahnya. * Pulau-pulaunya memiliki berbagai ukuran. * Di antara pulau-pulaunya terdapat laut. * Garis pantainya yang panjang. * Memiliki ZEE (Zona Ekonomi Eksklusif) yang luas. Dampak Bentuk Negara Kepulauan bagi Indonesia Bentuk negara kepulauan Indonesia memiliki dampak positif dan negatif bagi negara. Dampak Positif * Kekayaan alam yang melimpah. Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah, baik di darat maupun di laut. Kekayaan alam ini dapat menjadi sumber daya yang penting untuk pembangunan nasional. * Potensi wisata yang besar. Indonesia memiliki potensi wisata yang besar karena keindahan alamnya yang luar biasa. Hal ini dapat menjadi sumber pendapatan negara dari sektor pariwisata. * Keamanan negara yang terjamin. Bentuk negara kepulauan membuat Indonesia sulit untuk diserang oleh negara lain. Dampak Negatif * Biaya transportasi yang tinggi. Biaya transportasi antar pulau di Indonesia masih tergolong tinggi. Hal ini dapat menghambat distribusi barang dan jasa. * Kesulitan dalam membangun infrastruktur. Membangun infrastruktur di Indonesia membutuhkan biaya yang besar karena wilayahnya yang luas dan terpencil. * Rawan terhadap bencana alam. Indonesia rawan terhadap bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, dan gunung berapi. Hal ini disebabkan oleh kondisi geografisnya yang berada di kawasan Ring of Fire. Kesimpulan Bentuk negara kepulauan Indonesia memiliki dampak positif dan negatif bagi negara. Pemerintah perlu terus berupaya untuk memaksimalkan potensi positif dan meminimalisir dampak negatifnya.


Mau jawaban yang terverifikasi?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

gimn...

0

5.0

Jawaban terverifikasi