Lalana L

17 Januari 2023 09:10

Iklan

Iklan

Lalana L

17 Januari 2023 09:10

Pertanyaan

Bentuk pakta pertahanan militer pada masa perang dingin di amerika sama uni soviet adalah ....


14

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

M. Ardiani

Mahasiswa/Alumni Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

25 Januari 2023 09:15

Jawaban terverifikasi

<p>Pakta pertahanan yang dibentuk era perang dingin yaitu Amerika dengan NATO dan Uni Soviet dengan Pakta Warsawa.</p><p>&nbsp;</p><p>Simak penjelasan berikut.</p><p>&nbsp;</p><p>Perang dingin merupakan perang yang memunculkan konflik atau persaingan antara 2 kekuatan besar yaitu Amerika Serikat dan Uni Soviet setelah perang dunia II berakhir. Persaingan ini meliputi di berbagai bidang baik politik, ekonomi, ideologi, teknologi, militer, dll. Perang dingin ini terjadi sekitar tahun 1947-1991 dan berakhir setelah Uni Soviet runtuh.&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Persaingan kedua negara besar ini dampaknya bahkan sampai ke negara-negara kecil. Salah satu contohnya efek dari dibentuknya pakta pertahanan yang dibentuk kedua negara besar tersebut. Amerika Serikat membentuk pakta pertahanan terlebih dulu dengan nama NATO (North Atlantic Treaty Organization) pada tanggal 4 April 1949. Pakta ini beranggotakan mayoritas sekutu Amerika di PD II seperti Inggris, Prancis, Belanda, Belgia, dll. Lalu pakta tersebut direspon oleh Uni Soviet dengan membentuk pakta pertahanan yaitu Pakta Warsawa. Pakta ini didirikan pada tanggal 14 Mei 1955 di Warsawa, Polandia. Pakta Warsawaa sendiri beranggotakan Polanida, Romania, Hongaria, Jerman Timur, Bulgaria dan Cekoslovakia.&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Dengan demikian, pakta pertahanan yang dibentuk era perang dingin yaitu Amerika dengan NATO dan Uni Soviet dengan Pakta Warsawa.</p><p>&nbsp;</p><p>Semoga membantu, ya.</p>

Pakta pertahanan yang dibentuk era perang dingin yaitu Amerika dengan NATO dan Uni Soviet dengan Pakta Warsawa.

 

Simak penjelasan berikut.

 

Perang dingin merupakan perang yang memunculkan konflik atau persaingan antara 2 kekuatan besar yaitu Amerika Serikat dan Uni Soviet setelah perang dunia II berakhir. Persaingan ini meliputi di berbagai bidang baik politik, ekonomi, ideologi, teknologi, militer, dll. Perang dingin ini terjadi sekitar tahun 1947-1991 dan berakhir setelah Uni Soviet runtuh. 

 

Persaingan kedua negara besar ini dampaknya bahkan sampai ke negara-negara kecil. Salah satu contohnya efek dari dibentuknya pakta pertahanan yang dibentuk kedua negara besar tersebut. Amerika Serikat membentuk pakta pertahanan terlebih dulu dengan nama NATO (North Atlantic Treaty Organization) pada tanggal 4 April 1949. Pakta ini beranggotakan mayoritas sekutu Amerika di PD II seperti Inggris, Prancis, Belanda, Belgia, dll. Lalu pakta tersebut direspon oleh Uni Soviet dengan membentuk pakta pertahanan yaitu Pakta Warsawa. Pakta ini didirikan pada tanggal 14 Mei 1955 di Warsawa, Polandia. Pakta Warsawaa sendiri beranggotakan Polanida, Romania, Hongaria, Jerman Timur, Bulgaria dan Cekoslovakia. 

 

Dengan demikian, pakta pertahanan yang dibentuk era perang dingin yaitu Amerika dengan NATO dan Uni Soviet dengan Pakta Warsawa.

 

Semoga membantu, ya.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Apakah dampak perang dunia II terhadap kehidupan politik dunia?

713

0.0

Jawaban terverifikasi