Elisa K

17 Maret 2020 06:16

Iklan

Iklan

Elisa K

17 Maret 2020 06:16

Pertanyaan

banyak orang mengemis karena malas mencari pekerjaan. upaya tepat yang dapat dilakukan pemerintah untuk mengatasi permasalah sosial tersebut adalah...


3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Rafid

Mahasiswa/Alumni Universitas Brawijaya

23 Desember 2021 10:08

Jawaban terverifikasi

Halo Elisa, kakak bantu jawab ya! Jadi, jawaban yang tepat adalah memberikan lapangan pekerjaan, meningkatkan kualitas pendidikan, dan memberikan pemerataan akses informasi kepada seluruh lapisan masyarakat. Berikut penjelasannya ya! Terjadinya masalah pengemis dapat dikategorikan sebagai bentuk terjadinya masalah sosial. Menurut Elly M. Setiadi dan Usman Kolip dalam buku Pengantar Sosiologi (2011), dijelaskan bahwa faktor penyebab kemunculan masalah sosial dibedakan menjadi empat kategori, yaitu: 1. Faktor ekonomi. Masalah sosial muncul disebabkan karena adanya ketimpangan pendapatan, ketidakmerataan pembangunan, dan ketidaksamaan dalam hak akses untuk sekolah. Contoh pengangguran, kemiskinan, dan tingkat kriminalitas. 2. Faktor budaya. Masalah sosial muncul karena ketidaksesuaian antara nilai, norma, dan perilaku masyarakat. Contoh kenakalan remaja, tawuran, westernisasi, pengemis. 3. Faktor biologis. Masalah sosial karena faktor biologis berkaitan dengan kondisi fisik manusia. Contoh: penyakit menular. 4. Faktor psikologis. Masalah sosial karena faktor psikologis biasanya berhubungan dengan gangguan psikologis yang dialami suatu masyarakat. Contoh: seseorang yang memiliki permasalahan yang rumit kemudian menjadi beban fikiran yang mengakibatkan depresi. Terima kasih sudah bertanya dan menggunakan Roboguru ya! Semoga membantu :)


Iklan

Iklan

Fariz A

17 Maret 2020 14:59

pemerintah menggalakan program untuk melatih dan menumbuhkan keterampilan serta menciptakan lapangan kerja yang sesuai.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

suatu penyelesaian konflik dapat dilakukan memalui berbagai metode. salah satunya dengan menghadirkan pihak ketiga. namun, jika pihak ketiga tidak dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi, maka dapat menunjuk pengadilan. dari uraian tersebut, konflik sosial diselesaikan melalui metode?

24

5.0

Jawaban terverifikasi