Annora A

20 Februari 2024 10:39

Iklan

Iklan

Annora A

20 Februari 2024 10:39

Pertanyaan

bantuu bantu yg berniat membantu

 

bantuu bantu yg berniat membantu 

alt

47

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

22 Februari 2024 07:16

Jawaban terverifikasi

<p>Tingkat keanekaragaman dalam ekologi dapat diukur melalui berbagai metode, salah satunya adalah indeks keanekaragaman. Dalam konteks ini, Pak Ode menyatakan bahwa tingkat keanekaragaman mangga golek dan mangga arumanis setara dengan tingkat keanekaragaman cabai merah dan cabai rawit. Pendapat ini mungkin kurang tepat karena keanekaragaman tanaman dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti jumlah spesies dan sebarannya.</p><p>Alasan-alasan yang dapat dijelaskan:</p><p><strong>Spesies yang Berbeda:</strong> Meskipun keduanya adalah tanaman buah, mangga dan cabai merupakan spesies tanaman yang berbeda. Oleh karena itu, tingkat keanekaragaman pada level spesies dapat bervariasi antara tanaman mangga dan cabai.</p><p><strong>Varietas dalam Spesies:</strong> Tanaman mangga golek dan mangga arumanis mungkin termasuk dalam spesies mangga, tetapi mereka dapat memiliki variasi genetik dan karakteristik yang berbeda, mempengaruhi tingkat keanekaragaman di dalam kelompok mangga itu sendiri.</p><p><strong>Pola Penanaman:</strong> Jika tanaman mangga golek dan mangga arumanis ditanam bersama-sama dengan pola yang homogen, sementara cabai merah dan cabai rawit ditanam dengan pola yang heterogen, hal ini juga dapat memengaruhi tingkat keanekaragaman di dalam kebun.</p><p><strong>Faktor Lingkungan:</strong> Faktor lingkungan seperti kondisi tanah dan iklim dapat mempengaruhi keberagaman tanaman. Tanaman mangga mungkin lebih toleran terhadap kondisi tertentu dibandingkan dengan cabai, dan ini dapat memengaruhi distribusi dan keberagaman mereka di kebun.</p>

Tingkat keanekaragaman dalam ekologi dapat diukur melalui berbagai metode, salah satunya adalah indeks keanekaragaman. Dalam konteks ini, Pak Ode menyatakan bahwa tingkat keanekaragaman mangga golek dan mangga arumanis setara dengan tingkat keanekaragaman cabai merah dan cabai rawit. Pendapat ini mungkin kurang tepat karena keanekaragaman tanaman dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti jumlah spesies dan sebarannya.

Alasan-alasan yang dapat dijelaskan:

Spesies yang Berbeda: Meskipun keduanya adalah tanaman buah, mangga dan cabai merupakan spesies tanaman yang berbeda. Oleh karena itu, tingkat keanekaragaman pada level spesies dapat bervariasi antara tanaman mangga dan cabai.

Varietas dalam Spesies: Tanaman mangga golek dan mangga arumanis mungkin termasuk dalam spesies mangga, tetapi mereka dapat memiliki variasi genetik dan karakteristik yang berbeda, mempengaruhi tingkat keanekaragaman di dalam kelompok mangga itu sendiri.

Pola Penanaman: Jika tanaman mangga golek dan mangga arumanis ditanam bersama-sama dengan pola yang homogen, sementara cabai merah dan cabai rawit ditanam dengan pola yang heterogen, hal ini juga dapat memengaruhi tingkat keanekaragaman di dalam kebun.

Faktor Lingkungan: Faktor lingkungan seperti kondisi tanah dan iklim dapat mempengaruhi keberagaman tanaman. Tanaman mangga mungkin lebih toleran terhadap kondisi tertentu dibandingkan dengan cabai, dan ini dapat memengaruhi distribusi dan keberagaman mereka di kebun.


Iklan

Iklan

Putu N

24 Februari 2024 09:14

Jawaban terverifikasi

<p>Tidak tepat. Alasan utamanya adalah bahwa tingkat keanekaragaman tanaman tidak hanya bergantung pada jumlah spesies yang ada, tetapi juga pada keberagaman genetik dan ekologi dari setiap spesies tersebut. Meskipun Pak Ode memiliki jumlah spesies yang sama dari kedua jenis tanaman (mangga dan cabai), faktor-faktor seperti perbedaan genetik, habitat, dan kebutuhan ekologis dari setiap spesies dapat sangat berbeda. Oleh karena itu, tanaman mangga dan cabai tidak dapat secara langsung dibandingkan dalam hal tingkat keanekaragaman tanpa mempertimbangkan faktor-faktor tersebut.</p>

Tidak tepat. Alasan utamanya adalah bahwa tingkat keanekaragaman tanaman tidak hanya bergantung pada jumlah spesies yang ada, tetapi juga pada keberagaman genetik dan ekologi dari setiap spesies tersebut. Meskipun Pak Ode memiliki jumlah spesies yang sama dari kedua jenis tanaman (mangga dan cabai), faktor-faktor seperti perbedaan genetik, habitat, dan kebutuhan ekologis dari setiap spesies dapat sangat berbeda. Oleh karena itu, tanaman mangga dan cabai tidak dapat secara langsung dibandingkan dalam hal tingkat keanekaragaman tanpa mempertimbangkan faktor-faktor tersebut.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Kepercayaan sebagian masyarakat bahwa banyak anak banyak rezeki, sekarang ini sudah tidak sesuai lagi karena dapat menimbulkan masalah sosial. Ilustrasi tersebut menggambarkan gejala sosial yang berkaitan dengan keinginan di masyarakat dan tingkat peledakan pertumbuhan penduduk di masyarakat. Hal yang mendasari gejala sosial tersebut menjadi sebuah masalah sosial adalah…. A. Pihak penentu masalah sosial B. Persepsi mengenai masalah sosial C. Masalah manifes dan masalah laten D. Perbedaan antara standar dan realitas E. Ukuran nilai dan norma Tolong bantu kak :")

0

0.0

Jawaban terverifikasi