Naval H

07 April 2024 13:53

Iklan

Iklan

Naval H

07 April 2024 13:53

Pertanyaan

Bantu jawab

Bantu jawab

alt

4

2


Iklan

Iklan

Klshudnw K

13 April 2024 12:32

Jawabannya adalah C Akibat dari revolusi bumi : 1. Perbedaan Lama Siang dan Malam Revolusi Bumi mengakibatkan terjadinya perbedaan lama siang dan malam. Perubahan posisi Bumi terus terjadi selama memutari Matahari. Selama revolusi, bumi mendapatkan sudut pencahayaan Matahari yang berbeda. Ketika menghadap Matahari, sudut tersebut akan mengalami siang hari. Tergantung dengan letak geografisnya, setiap wilayah akan mengalami perbedaan lama siang dan malam. Wilayah yang berada di sekitar garis khatulistiwa akan memiliki perbedaan waktu siang dan malam yang relatif konsisten sepanjang tahun. Wilayah dekat dengan kutub akan mengalami perbedaan besar dalam lama siang dan malam pada satu musim. 2. Perubahan Musim Revolusi akan menyebabkan perbedaan sudut yang menghadap matahari. Kemiringan poros Bumi menjadi salah satu faktor utama dari perubahan musim. Poros Bumi miring sekitar 23,5 derajat dari bidang orbitnya. Perubahan sudut cahaya ditambah kemiringan poros menghasilkan perubahan musim. Pada saat satu belahan Bumi mendekati Matahari, belahan Bumi tersebut akan mengalami musim panas. Belahan Bumi yang berada di seberangnya akan mengalami musim dingin. Lalu, belahan Bumi yang berada di antara keduanya akan mengalami musim semi dan musim gugur. 3. Terbentuk Rasi Bintang Perputaran Bumi karena berevolusi menyebabkan posisi Bumi berubah-ubah secara berkala sepanjang tahun. Dengan berpindahnya posisi Bumi, setiap bagian Bumi akan melihat langit malam dengan posisi yang berbeda juga. Hal ini membuat bintang-bintang seperti bergeser dan membentuk pola tertentu. Pola bintang yang dilihat akan berbeda-beda sepanjang tahunnya. Bintang-bintang yang berada di posisi tetap atau relatif stabil dalam jangka waktu yang lama disebut dengan bintang tetap atau bintang latar. Bintang ini yang sering kita sebut dengan rasi bintang seperti Gemini. 4. Acuan Kalender Masehi Kalender Masehi adalah kalender sistem penanggalan berbasis pergerakan Bumi mengelilingi Matahari dalam orbitnya. Satu revolusi Bumi mengelilingi Matahari akan memakan waktu sekitar 365,25 hari. Waktu inilah yang menjadi dasar penggunaan kalender Masehi. Perhitungan 0,25 hari dalam satu kali revolusi Bumi akan ditambahkan menjadi satu hari di bulan Februari yaitu tanggal 29 Februari. Hal ini membuat sistem kalender Masehi memiliki tahun kabisat atau tahun dengan 366 hari untuk mengganti sisa hari tersebut. 5. Gerak Semu Tahunan Matahari Matahari termasuk dalam bintang yang relatif tetap dalam sistem tata surya. Akan tetapi, saat melakukan revolusi, Matahari tampak bergerak melintasi berbagai bintang sepanjang tahun. Gerakan orbit Bumi terhadap Matahari yang berbentuk elips membuat jarak antara Bumi dan Matahari berubah. Pada berbagai titik dalam orbit ini, Matahari seolah-olah berada di tempat yang berbeda meskipun berada di tempat yang sama.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

08 April 2024 03:13

<p>jawabannya adalah C.</p><p>&nbsp;</p><p>Pernyataan tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:</p><p>Gerak semu tahunan matahari: Gerak semu tahunan matahari terjadi karena revolusi bumi mengelilingi matahari setiap tahunnya. Hal ini menyebabkan perubahan posisi matahari di langit dari waktu ke waktu.</p><p>Kita melihat matahari seolah-olah bergerak dari timur ke barat: Fenomena ini terjadi karena rotasi bumi pada sumbunya. Bumi berputar dari barat ke timur, sehingga matahari terlihat naik dari timur pada pagi hari dan terbenam di barat pada sore hari.</p><p>Indonesia mengalami musim kemarau dan penghujan: Musim kemarau dan musim penghujan di Indonesia disebabkan oleh kemiringan sumbu rotasi bumi yang menyebabkan perbedaan intensitas sinar matahari yang diterima oleh berbagai wilayah di berbagai waktu dalam setahun. Hal ini memengaruhi pola cuaca dan musim di wilayah-wilayah tersebut.</p>

jawabannya adalah C.

 

Pernyataan tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

Gerak semu tahunan matahari: Gerak semu tahunan matahari terjadi karena revolusi bumi mengelilingi matahari setiap tahunnya. Hal ini menyebabkan perubahan posisi matahari di langit dari waktu ke waktu.

Kita melihat matahari seolah-olah bergerak dari timur ke barat: Fenomena ini terjadi karena rotasi bumi pada sumbunya. Bumi berputar dari barat ke timur, sehingga matahari terlihat naik dari timur pada pagi hari dan terbenam di barat pada sore hari.

Indonesia mengalami musim kemarau dan penghujan: Musim kemarau dan musim penghujan di Indonesia disebabkan oleh kemiringan sumbu rotasi bumi yang menyebabkan perbedaan intensitas sinar matahari yang diterima oleh berbagai wilayah di berbagai waktu dalam setahun. Hal ini memengaruhi pola cuaca dan musim di wilayah-wilayah tersebut.


Mau jawaban yang terverifikasi?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Peraturan rerundang undanang adalah peraturan tertulis yang di bentuk oleh???๐Ÿ™

0

0.0

Jawaban terverifikasi