Xyxyxyyyy X

21 April 2024 10:17

Iklan

Iklan

Xyxyxyyyy X

21 April 2024 10:17

Pertanyaan

Bandingkan respon bencana terhadap tsunami Dj negara maju dan dinegara berkembang. Apa perbedaan utamanya?

Bandingkan respon bencana terhadap tsunami

Dj negara maju dan dinegara berkembang. Apa perbedaan utamanya? 


3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Ainunnn A

22 April 2024 04:07

Jawaban terverifikasi

Perbedaan utama dalam respons bencana terhadap tsunami antara negara maju dan negara berkembang adalah sebagai berikut: 1. Infrastruktur dan Sistem Peringatan Dini: Negara maju umumnya memiliki infrastruktur yang lebih baik dan sistem peringatan dini yang lebih canggih. Mereka memiliki sistem pemantauan dan deteksi tsunami yang lebih maju, sehingga dapat memberikan peringatan dini kepada penduduk dengan cepat. Di negara berkembang, infrastruktur dan sistem peringatan dini mungkin kurang berkembang, sehingga respons terhadap tsunami dapat menjadi lebih terbatas. 2. Kapasitas Tanggap Darurat: Negara maju biasanya memiliki kapasitas tanggap darurat yang lebih besar dalam menangani bencana. Mereka memiliki tim tanggap darurat yang terlatih dengan baik, peralatan medis dan penyelamatan yang memadai, serta akses ke sumber daya dan logistik yang memadai. Di negara berkembang, kapasitas tanggap darurat mungkin lebih terbatas, yang dapat mempengaruhi kecepatan dan efektivitas respons terhadap tsunami. 3. Sistem Evakuasi dan Pemulihan: Negara maju umumnya memiliki sistem evakuasi yang lebih baik dan lebih terorganisir. Mereka memiliki rencana evakuasi yang telah teruji dan terlatih, serta infrastruktur yang mendukung seperti jalur evakuasi, tempat penampungan sementara, dan fasilitas medis darurat. Di negara berkembang, sistem evakuasi mungkin kurang terorganisir atau terbatas, yang dapat mempengaruhi keselamatan dan kecepatan evakuasi penduduk. 4. Sumber Daya Finansial dan Teknologi: Negara maju umumnya memiliki sumber daya finansial dan teknologi yang lebih besar untuk mendukung respons terhadap bencana. Mereka dapat dengan cepat mengalokasikan dana dan sumber daya untuk pemulihan dan rekonstruksi pasca-tsunami. Di negara berkembang, keterbatasan sumber daya finansial dan teknologi dapat mempengaruhi kemampuan mereka untuk merespons dan memulihkan dampak tsunami dengan efektif. Perbedaan ini mencerminkan kesenjangan dalam tingkat pengembangan dan kesiapan antara negara maju dan negara berkembang dalam menghadapi bencana. Namun, penting untuk dicatat bahwa setiap negara memiliki konteks dan tantangan unik dalam menghadapi bencana, dan respons terhadap tsunami harus disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat setempat.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

26 April 2024 12:37

Jawaban terverifikasi

<p><br>Perbedaan dalam respon terhadap tsunami antara negara maju dan negara berkembang dapat mencakup beberapa aspek utama:</p><p><strong>Infrastruktur dan Kesiapsiagaan</strong>: Negara maju cenderung memiliki infrastruktur yang lebih kuat dan sistem kesiapsiagaan yang lebih baik untuk menghadapi bencana alam seperti tsunami. Mereka mungkin memiliki sistem peringatan dini yang lebih canggih, infrastruktur pelindung pantai yang lebih baik, serta lebih banyak sumber daya untuk merespons bencana dengan cepat dan efektif.</p><p>Di sisi lain, negara berkembang mungkin mengalami keterbatasan dalam infrastruktur dan kesiapsiagaan. Mereka mungkin tidak memiliki sistem peringatan dini yang memadai, infrastruktur pelindung yang cukup, atau sumber daya yang memadai untuk merespons bencana dengan cepat dan efektif.</p><p><strong>Kapasitas Penanganan Bencana</strong>: Negara maju cenderung memiliki lebih banyak sumber daya manusia, teknologi, dan peralatan untuk menangani situasi darurat dan memberikan bantuan kepada korban bencana. Mereka juga mungkin memiliki lebih banyak pengalaman dalam merespons bencana dan lebih terlatih dalam prosedur tanggap darurat.</p><p>Di sisi lain, negara berkembang mungkin memiliki keterbatasan dalam kapasitas penanganan bencana. Mereka mungkin kekurangan personel yang terlatih, peralatan yang memadai, dan akses ke sumber daya untuk memberikan bantuan yang diperlukan kepada korban.</p><p><strong>Reaksi Pemerintah dan Koordinasi</strong>: Negara maju cenderung memiliki pemerintahan yang lebih stabil dan terorganisir dengan baik serta sistem koordinasi antar lembaga yang efektif dalam merespons bencana. Mereka mungkin dapat merespons dengan cepat dan koordinasi antara berbagai lembaga pemerintah, organisasi bantuan, dan lembaga swadaya masyarakat.</p><p>Di sisi lain, negara berkembang mungkin menghadapi tantangan dalam merespons bencana karena masalah koordinasi antar lembaga pemerintah yang kurang efektif, birokrasi yang lambat, dan ketidakstabilan politik yang mungkin menghambat respon yang efisien.</p><p>Perbedaan ini mencerminkan ketidakseimbangan dalam kemampuan dan sumber daya antara negara maju dan negara berkembang dalam menghadapi bencana alam seperti tsunami.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>


Perbedaan dalam respon terhadap tsunami antara negara maju dan negara berkembang dapat mencakup beberapa aspek utama:

Infrastruktur dan Kesiapsiagaan: Negara maju cenderung memiliki infrastruktur yang lebih kuat dan sistem kesiapsiagaan yang lebih baik untuk menghadapi bencana alam seperti tsunami. Mereka mungkin memiliki sistem peringatan dini yang lebih canggih, infrastruktur pelindung pantai yang lebih baik, serta lebih banyak sumber daya untuk merespons bencana dengan cepat dan efektif.

Di sisi lain, negara berkembang mungkin mengalami keterbatasan dalam infrastruktur dan kesiapsiagaan. Mereka mungkin tidak memiliki sistem peringatan dini yang memadai, infrastruktur pelindung yang cukup, atau sumber daya yang memadai untuk merespons bencana dengan cepat dan efektif.

Kapasitas Penanganan Bencana: Negara maju cenderung memiliki lebih banyak sumber daya manusia, teknologi, dan peralatan untuk menangani situasi darurat dan memberikan bantuan kepada korban bencana. Mereka juga mungkin memiliki lebih banyak pengalaman dalam merespons bencana dan lebih terlatih dalam prosedur tanggap darurat.

Di sisi lain, negara berkembang mungkin memiliki keterbatasan dalam kapasitas penanganan bencana. Mereka mungkin kekurangan personel yang terlatih, peralatan yang memadai, dan akses ke sumber daya untuk memberikan bantuan yang diperlukan kepada korban.

Reaksi Pemerintah dan Koordinasi: Negara maju cenderung memiliki pemerintahan yang lebih stabil dan terorganisir dengan baik serta sistem koordinasi antar lembaga yang efektif dalam merespons bencana. Mereka mungkin dapat merespons dengan cepat dan koordinasi antara berbagai lembaga pemerintah, organisasi bantuan, dan lembaga swadaya masyarakat.

Di sisi lain, negara berkembang mungkin menghadapi tantangan dalam merespons bencana karena masalah koordinasi antar lembaga pemerintah yang kurang efektif, birokrasi yang lambat, dan ketidakstabilan politik yang mungkin menghambat respon yang efisien.

Perbedaan ini mencerminkan ketidakseimbangan dalam kemampuan dan sumber daya antara negara maju dan negara berkembang dalam menghadapi bencana alam seperti tsunami.

 

 


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Prinsip yang menggunakan air dan listrik sehemat mungkin, serta mengurangi penggunaan kertas, termasuk prinsip etika lingkungan.... A. Keadilan B. Kasih sayang dan kepedulian terhadap alam C. Hidup sederhana dan selaras dengan alam D. Integritas moral E. Tanggung jawab terhadap moral

5

0.0

Jawaban terverifikasi