Gina G

02 Mei 2024 03:52

Iklan

Iklan

Gina G

02 Mei 2024 03:52

Pertanyaan

bagian bagian dari puisi lama dan puisi baru serta penjelasan nya


11

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

02 Mei 2024 05:01

Jawaban terverifikasi

<p>Puisi lama dan puisi baru memiliki perbedaan dalam bentuk, gaya, dan tema yang digunakan. Berikut adalah beberapa perbedaan utama antara keduanya:</p><p><strong>Puisi Lama:</strong></p><p><strong>Struktur Formal</strong>: Puisi lama cenderung mengikuti struktur formal yang kaku, seperti soneta atau pantun. Meter dan pola rima sering kali diatur dengan ketat.</p><p><strong>Bahasa Klasik atau Kuno</strong>: Puisi lama sering menggunakan bahasa yang lebih klasik atau kuno, dengan penggunaan kata-kata dan frasa yang tidak umum digunakan dalam bahasa sehari-hari.</p><p><strong>Gaya Klasik</strong>: Gaya puisi lama sering kali lebih formal, dengan penggunaan retorika yang kuat dan pengulangan motif atau tema tertentu.</p><p><strong>Tema Abadi</strong>: Puisi lama sering kali mengeksplorasi tema-tema yang abadi atau universal seperti cinta, keindahan alam, keagungan alam semesta, dan pertimbangan filosofis.</p><p><strong>Puisi Baru:</strong></p><p><strong>Struktur Fleksibel</strong>: Puisi baru cenderung memiliki struktur yang lebih fleksibel, dengan penggunaan meter dan rima yang lebih longgar atau bahkan tidak ada sama sekali.</p><p><strong>Bahasa Modern</strong>: Puisi baru sering menggunakan bahasa yang lebih modern dan beragam, termasuk slang atau idiom kontemporer.</p><p><strong>Ekspresi Pribadi</strong>: Puisi baru cenderung mengeksplorasi ekspresi pribadi dan pengalaman individu, sering kali dengan gaya yang lebih bebas dan ekspresif.</p><p><strong>Tema Kontemporer</strong>: Puisi baru dapat mengeksplorasi tema-tema yang lebih kontemporer dan relevan dengan zaman saat ini, seperti teknologi, globalisasi, politik, atau isu-isu sosial.</p>

Puisi lama dan puisi baru memiliki perbedaan dalam bentuk, gaya, dan tema yang digunakan. Berikut adalah beberapa perbedaan utama antara keduanya:

Puisi Lama:

Struktur Formal: Puisi lama cenderung mengikuti struktur formal yang kaku, seperti soneta atau pantun. Meter dan pola rima sering kali diatur dengan ketat.

Bahasa Klasik atau Kuno: Puisi lama sering menggunakan bahasa yang lebih klasik atau kuno, dengan penggunaan kata-kata dan frasa yang tidak umum digunakan dalam bahasa sehari-hari.

Gaya Klasik: Gaya puisi lama sering kali lebih formal, dengan penggunaan retorika yang kuat dan pengulangan motif atau tema tertentu.

Tema Abadi: Puisi lama sering kali mengeksplorasi tema-tema yang abadi atau universal seperti cinta, keindahan alam, keagungan alam semesta, dan pertimbangan filosofis.

Puisi Baru:

Struktur Fleksibel: Puisi baru cenderung memiliki struktur yang lebih fleksibel, dengan penggunaan meter dan rima yang lebih longgar atau bahkan tidak ada sama sekali.

Bahasa Modern: Puisi baru sering menggunakan bahasa yang lebih modern dan beragam, termasuk slang atau idiom kontemporer.

Ekspresi Pribadi: Puisi baru cenderung mengeksplorasi ekspresi pribadi dan pengalaman individu, sering kali dengan gaya yang lebih bebas dan ekspresif.

Tema Kontemporer: Puisi baru dapat mengeksplorasi tema-tema yang lebih kontemporer dan relevan dengan zaman saat ini, seperti teknologi, globalisasi, politik, atau isu-isu sosial.


Iklan

Iklan

ItsmeJacky I

03 Mei 2024 06:30

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Kesimpulannya, perbedaan puisi lama dan puisi baru adalah:</strong></p><ul><li>Puisi lama masih terikat dengan aturan, sedangkan puisi baru tidak</li><li>Irama puisi lama sifatnya tetap, sementara dalam puisi baru bersifat dinamis</li><li>Penulis puisi lama anonim, sedangkan puisi baru tidak</li><li>Puisi lama diwariskan turun-temurun, sementara puisi baru disajikan lewat lisan dan tulisan</li><li>Isi puisi lama cenderung nasihat, sedangkan puisi baru memuat curahan hati sang penyair.</li></ul>

Kesimpulannya, perbedaan puisi lama dan puisi baru adalah:

  • Puisi lama masih terikat dengan aturan, sedangkan puisi baru tidak
  • Irama puisi lama sifatnya tetap, sementara dalam puisi baru bersifat dinamis
  • Penulis puisi lama anonim, sedangkan puisi baru tidak
  • Puisi lama diwariskan turun-temurun, sementara puisi baru disajikan lewat lisan dan tulisan
  • Isi puisi lama cenderung nasihat, sedangkan puisi baru memuat curahan hati sang penyair.

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Perhatikan kedua kutipan berikut! Kutipan 1 Pada tahun 1942 Asrul Sani pindah ke SMP Taman Siswa, Jakarta. Di sekolah ini Asrul berkenalan dengan Pramoedya Ananta Toer dan bersama-sama menjadi anggota kelompok “Penggemar Sastra”. Setelah tamat SMP, Asrul masuk ke Sekolah Kedokteran Hewan, Bogor dan melanjukan ke Perguruan Tinggi Kedokteran. Kutipan 2 S. Sinansari Ecip merupakan nama samaran dari Sution yang terkenal sebagai pengarang novel, puisi, cerpen dan cerita anak. Dia pernah memimpin redaksi majalah Almamater yang diterbitkan oleh Dewan Mahasiswa UI. Dia juga aktif menulis dalam Harian Kami edisi Jakarta, Jawa Timur dan Sulawesi Selatan. Dia bekerja sebagai penulis dan dosen. Seabagai seorang penulis, ia beberapa kali memperoleh penghargaan atas hasil karyanya. Perbedaan penggunaan kaidah kebahasaan kedua kutipan tersebut adalah ..... * Kutipan 1 : Menggunakan keterangan waktu Kutipan 2 : Menggunakan kata ganti orang/pronomina persona Kutipan 1 : Menggunakan konjungsi antarkalimat Kutipan 2 : Menggunakan keterangan waktu Kutipan 1 : Mengguanakan kata ganti orang/pronomina Kutipan 2 : Menggunakan konjungsi antar kalimat Kutipan 1 : Menggunakan konjungsi koordinatif Kutipan 2 : Menggunakan kata ganti pronomina penunjuk Kutipan 1 : Menggunakan konjungsi subordinatif Kutipan 2 : Menggunakan konjungsi korelatif

10

5.0

Jawaban terverifikasi