Maoura A

29 Juli 2020 05:33

Iklan

Iklan

Maoura A

29 Juli 2020 05:33

Pertanyaan

Bagaimanakah struktur nukleus pada pengamatan dengan mikroskop cahaya?


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Nurrahmi

Mahasiswa/Alumni Institut Pertanian Bogor

17 Maret 2022 04:54

Jawaban terverifikasi

Halo Maoura, Kakak bantu jawab ya :) Apabila diamati di mikroskop cahaya, struktur inti sel atau nukleus terlihat berbentuk bulat dengan ukuran paling besar dibandingkan bagian didalam sel lainnya. Nukelus ini pada umunya terlihat di bagian tengah sel, namun ada pula yang terletak di tepi sel, contohnya pada sel otot lurik. Selain itu, di dalam nukleus juga terdapat bagian bulat yang umumnya terletak di tengah, yang merupakan struktur nukleolus atau anak inti. Apabila sel sedang mengalami pembelahan sel, nukleus juga terlihat menyimpan struktur seperti benang yang menebal di dalamnya, benang tebal itu merupakan kromosom. Nukleus merupakan nama lain dari inti sel. Nukleus (inti sel) adalah bagian utama dari sel yang berfungsi sebagai pengatur aktivitas sel dan menyimpan material genetik (DNA dan RNA). Material genetik adalah pembawa sifat yang diturunkan dari induk ke anaknya. Tidak semua makhluk hidup memiliki nukleus (inti sel) pada sel nya. Ada makhluk hidup yang selnya tidak memiliki inti. Sel yang tidak memiliki inti sel disebut dengan sel prokariot, sedangkan sel dengan membran inti disebut sel eukariot. Organisme dengan sel prokariot contohnya bekteri. Organisme dengan sel prokariot memiliki material genetik menyebar di sitoplasmanya, ada juga di bagian mirip inti sel atau disebut nukleoid. Semoga jawabannya membantu ya!


Iklan

Iklan

Adhena A

06 Agustus 2020 15:03

Jawabanmu claramatika claramatika Jenius Struktur nukleus pada pengamatan dengan mikroskop cahaya antara lain adalah sbb: - nukleus umumnya berada di tengah-tengah sel - bentuk nukleus cenderung bulat atau membulat - ada membran nukleus yang merupakan pembatas antara materi-materi pada nukleus dengan materi-materi pada sitoplasma - ada cairan nukleus, yang kemudian disebut dengan nukleoplasma - ada struktur berupa benang-benang kromatin maupun penebalan benang yang nampak sebagai kromosom - ada butiran padat dan bulat di dalam nukleus, yang kemudian disebut dengan nukleolus


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Mengapa saat masuk dalam rumah setelah melihat cahaya matahari yang terang, untuk beberapa saat mata kita tidak dapat melihat ?

4

0.0

Jawaban terverifikasi