Adinda D

24 Agustus 2023 02:59

Iklan

Iklan

Adinda D

24 Agustus 2023 02:59

Pertanyaan

Bagaimanakah proses pertumbuhan batang tumbuhan ?

Bagaimanakah proses pertumbuhan batang tumbuhan ?


2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Owen.LulusanCumlaude O

Community

24 Agustus 2023 04:59

Jawaban terverifikasi

<p>Berikut adalah tahapan umum dari proses pertumbuhan batang tumbuhan:</p><ol><li><strong>Pertumbuhan Primer:</strong> Pertumbuhan batang dimulai dari ujung meristem yang aktif, yaitu ujung tunas.&nbsp;</li><li><strong>Diferensiasi Jaringan:</strong> Seiring dengan pertumbuhan primer, sel-sel di zona pertumbuhan meristem juga mengalami diferensiasi.&nbsp;</li><li><strong>Pertumbuhan Sekunder:</strong> Setelah pertumbuhan primer, beberapa tumbuhan mengalami pertumbuhan sekunder. Ini terutama terjadi pada tumbuhan yang membentuk jaringan kayu atau pembuluh kayu sekunder.&nbsp;</li><li><strong>Pembentukan Jaringan Vaskular:</strong> Selama pertumbuhan batang, jaringan pembuluh terbentuk. Xilem mengangkut air dan mineral dari akar ke bagian atas tanaman, sedangkan floem membawa hasil fotosintesis dari daun ke bagian lain tanaman.&nbsp;</li><li><strong>Pertumbuhan Biji:</strong> Pada beberapa tumbuhan, ujung tunas memiliki dominansi apikal, yang berarti bahwa ujung tunas menghambat pertumbuhan cabang lateral.&nbsp;</li></ol>

Berikut adalah tahapan umum dari proses pertumbuhan batang tumbuhan:

  1. Pertumbuhan Primer: Pertumbuhan batang dimulai dari ujung meristem yang aktif, yaitu ujung tunas. 
  2. Diferensiasi Jaringan: Seiring dengan pertumbuhan primer, sel-sel di zona pertumbuhan meristem juga mengalami diferensiasi. 
  3. Pertumbuhan Sekunder: Setelah pertumbuhan primer, beberapa tumbuhan mengalami pertumbuhan sekunder. Ini terutama terjadi pada tumbuhan yang membentuk jaringan kayu atau pembuluh kayu sekunder. 
  4. Pembentukan Jaringan Vaskular: Selama pertumbuhan batang, jaringan pembuluh terbentuk. Xilem mengangkut air dan mineral dari akar ke bagian atas tanaman, sedangkan floem membawa hasil fotosintesis dari daun ke bagian lain tanaman. 
  5. Pertumbuhan Biji: Pada beberapa tumbuhan, ujung tunas memiliki dominansi apikal, yang berarti bahwa ujung tunas menghambat pertumbuhan cabang lateral. 

Iklan

Iklan

Vincent M

Community

24 Agustus 2023 08:09

<p>Pertumbuhan batang tumbuhan melibatkan berbagai proses biologis dan fisiologis yang kompleks. Batang adalah bagian utama tumbuhan yang mendukung daun, bunga, dan buah, serta berperan dalam transportasi air, nutrisi, dan fotosintat. Pertumbuhan batang tumbuhan dipengaruhi oleh faktor genetik, lingkungan, dan hormon tumbuhan. Berikut adalah langkah-langkah utama dalam proses pertumbuhan batang tumbuhan:</p><p><strong>Peningkatan Ukuran Sel</strong>: Pertumbuhan batang dimulai dengan perluasan dan pembagian sel-sel yang terletak di daerah aktif pertumbuhan, yang disebut meristem. Meristem adalah jaringan yang memiliki kemampuan untuk membelah diri dan menghasilkan sel-sel baru. Sel-sel ini membesar dan meningkatkan ukuran batang.</p><p><strong>Elongasi Sel</strong>: Sel-sel di bagian pucuk meristem mengalami elongasi, yaitu pertumbuhan dalam panjang. Proses ini terjadi karena air dan nutrisi diserap oleh akar dan diangkut ke bagian atas batang. Sel-sel memperpanjang dan membantu batang tumbuh ke atas.</p><p><strong>Diferensiasi</strong>: Selama pertumbuhan, sel-sel batang mengalami diferensiasi, di mana mereka mengembangkan struktur dan fungsi tertentu. Bagian batang yang lebih tua mungkin mengandung pembuluh pengangkut air (xilem) dan nutrisi (floem), jaringan pengangkut, serta jaringan parenkim dan epidermis.</p><p><strong>Pertumbuhan Zona Pertumbuhan</strong>: Di pucuk batang, terdapat zona pertumbuhan yang kaya akan meristem. Di zona ini, sel-sel baru terus dibentuk, memungkinkan pertumbuhan batang yang terus berlanjut.</p><p><strong>Regulasi oleh Hormon Tumbuhan</strong>: Hormon tumbuhan seperti auksin, sitokinin, giberelin, dan asam absisat berperan penting dalam mengatur pertumbuhan batang. Auksin, misalnya, merangsang elongasi sel dan pertumbuhan. Sitokinin membantu dalam pembelahan sel dan proliferasi, sedangkan giberelin mempengaruhi pertumbuhan batang dan pertumbuhan umum tumbuhan.</p><p><strong>Respons Terhadap Cahaya dan Gravitasi</strong>: Batang tumbuhan merespons cahaya dengan mengarahkan pertumbuhannya ke sumber cahaya. Ini disebut fototropisme. Selain itu, pertumbuhan batang juga dapat merespons gravitasi, mengarahkan pertumbuhan ke arah yang sesuai. Ini dikenal sebagai geotropisme.</p><p><strong>Pertumbuhan Sekunder</strong>: Selain pertumbuhan primer (pertumbuhan panjang), beberapa tumbuhan juga mengalami pertumbuhan sekunder. Ini melibatkan pembentukan lapisan-lapisan tambahan dari xilem dan floem, yang memperluas diameter batang. Proses ini melibatkan kambium vaskular, jaringan meristematis yang menghasilkan jaringan pengangkut baru.</p><p>Proses pertumbuhan batang tumbuhan sangat kompleks dan terjadi secara terus-menerus sepanjang siklus hidup tumbuhan. Faktor-faktor lingkungan, seperti air, cahaya, nutrisi, dan suhu, juga berpengaruh besar terhadap pertumbuhan batang.</p>

Pertumbuhan batang tumbuhan melibatkan berbagai proses biologis dan fisiologis yang kompleks. Batang adalah bagian utama tumbuhan yang mendukung daun, bunga, dan buah, serta berperan dalam transportasi air, nutrisi, dan fotosintat. Pertumbuhan batang tumbuhan dipengaruhi oleh faktor genetik, lingkungan, dan hormon tumbuhan. Berikut adalah langkah-langkah utama dalam proses pertumbuhan batang tumbuhan:

Peningkatan Ukuran Sel: Pertumbuhan batang dimulai dengan perluasan dan pembagian sel-sel yang terletak di daerah aktif pertumbuhan, yang disebut meristem. Meristem adalah jaringan yang memiliki kemampuan untuk membelah diri dan menghasilkan sel-sel baru. Sel-sel ini membesar dan meningkatkan ukuran batang.

Elongasi Sel: Sel-sel di bagian pucuk meristem mengalami elongasi, yaitu pertumbuhan dalam panjang. Proses ini terjadi karena air dan nutrisi diserap oleh akar dan diangkut ke bagian atas batang. Sel-sel memperpanjang dan membantu batang tumbuh ke atas.

Diferensiasi: Selama pertumbuhan, sel-sel batang mengalami diferensiasi, di mana mereka mengembangkan struktur dan fungsi tertentu. Bagian batang yang lebih tua mungkin mengandung pembuluh pengangkut air (xilem) dan nutrisi (floem), jaringan pengangkut, serta jaringan parenkim dan epidermis.

Pertumbuhan Zona Pertumbuhan: Di pucuk batang, terdapat zona pertumbuhan yang kaya akan meristem. Di zona ini, sel-sel baru terus dibentuk, memungkinkan pertumbuhan batang yang terus berlanjut.

Regulasi oleh Hormon Tumbuhan: Hormon tumbuhan seperti auksin, sitokinin, giberelin, dan asam absisat berperan penting dalam mengatur pertumbuhan batang. Auksin, misalnya, merangsang elongasi sel dan pertumbuhan. Sitokinin membantu dalam pembelahan sel dan proliferasi, sedangkan giberelin mempengaruhi pertumbuhan batang dan pertumbuhan umum tumbuhan.

Respons Terhadap Cahaya dan Gravitasi: Batang tumbuhan merespons cahaya dengan mengarahkan pertumbuhannya ke sumber cahaya. Ini disebut fototropisme. Selain itu, pertumbuhan batang juga dapat merespons gravitasi, mengarahkan pertumbuhan ke arah yang sesuai. Ini dikenal sebagai geotropisme.

Pertumbuhan Sekunder: Selain pertumbuhan primer (pertumbuhan panjang), beberapa tumbuhan juga mengalami pertumbuhan sekunder. Ini melibatkan pembentukan lapisan-lapisan tambahan dari xilem dan floem, yang memperluas diameter batang. Proses ini melibatkan kambium vaskular, jaringan meristematis yang menghasilkan jaringan pengangkut baru.

Proses pertumbuhan batang tumbuhan sangat kompleks dan terjadi secara terus-menerus sepanjang siklus hidup tumbuhan. Faktor-faktor lingkungan, seperti air, cahaya, nutrisi, dan suhu, juga berpengaruh besar terhadap pertumbuhan batang.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Ciri ciri vertebrata yang hanya dimiliki oleh Aves adalah

610

5.0

Jawaban terverifikasi