Siti M

28 Februari 2024 13:20

Iklan

Iklan

Siti M

28 Februari 2024 13:20

Pertanyaan

Bagaimanakah peranan tokoh amir Syarifuddin mangoensarkoro dalam kongres pemuda 2?

Bagaimanakah peranan tokoh amir Syarifuddin mangoensarkoro dalam kongres pemuda 2?


6

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Aulia D

01 Maret 2024 07:54

Jawaban terverifikasi

<p>Amir Syarifuddin berperan sebagai <strong>bendahara</strong>. Selain itu, ia juga aktif turut mencetuskan ide-ide dalam perumusan naskah Sumpah Pemuda. Ia dikenal sebagai seorang politikus dan jurnalis Indonesia. Amir Syarifuddin sempat menjabat sebagai Perdana Menteri saat Revolusi Nasional Indonesia berlangsung.</p>

Amir Syarifuddin berperan sebagai bendahara. Selain itu, ia juga aktif turut mencetuskan ide-ide dalam perumusan naskah Sumpah Pemuda. Ia dikenal sebagai seorang politikus dan jurnalis Indonesia. Amir Syarifuddin sempat menjabat sebagai Perdana Menteri saat Revolusi Nasional Indonesia berlangsung.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

05 Maret 2024 07:10

Jawaban terverifikasi

<p>"Amir Syarifuddin Mangkoesoekardjo, atau lebih dikenal dengan nama Amir Sjarifuddin, memainkan peran penting dalam Kongres Pemuda II yang diselenggarakan pada tahun 1928. Berikut beberapa peran penting yang dimainkannya dalam kongres tersebut:</p><p>Pengorganisasi Utama: Amir Sjarifuddin termasuk di antara tokoh yang aktif dalam mengorganisir dan mempersiapkan Kongres Pemuda II. Sebagai salah satu pemimpin pergerakan pemuda, ia memiliki pengaruh yang kuat dalam proses persiapan kongres tersebut.</p><p>Mendorong Persatuan dan Kesatuan Pemuda: Dalam kongres tersebut, Amir Sjarifuddin aktif memperjuangkan persatuan dan kesatuan pemuda Indonesia. Dia menekankan pentingnya pemuda Indonesia bersatu untuk meraih kemerdekaan dan memperjuangkan nasib bangsa.</p><p>Mengusulkan Sumpah Pemuda: Salah satu kontribusi terbesar Amir Sjarifuddin dalam Kongres Pemuda II adalah mengusulkan penyelenggaraan sumpah pemuda. Sumpah Pemuda menjadi tonggak sejarah yang mempersatukan semangat perjuangan pemuda Indonesia untuk meraih kemerdekaan.</p><p>Membahas Agenda Pemuda: Di kongres tersebut, Amir Sjarifuddin turut membahas agenda-agenda penting yang berkaitan dengan peran pemuda dalam pergerakan nasional, pendidikan, dan persiapan perjuangan menuju kemerdekaan."</p>

"Amir Syarifuddin Mangkoesoekardjo, atau lebih dikenal dengan nama Amir Sjarifuddin, memainkan peran penting dalam Kongres Pemuda II yang diselenggarakan pada tahun 1928. Berikut beberapa peran penting yang dimainkannya dalam kongres tersebut:

Pengorganisasi Utama: Amir Sjarifuddin termasuk di antara tokoh yang aktif dalam mengorganisir dan mempersiapkan Kongres Pemuda II. Sebagai salah satu pemimpin pergerakan pemuda, ia memiliki pengaruh yang kuat dalam proses persiapan kongres tersebut.

Mendorong Persatuan dan Kesatuan Pemuda: Dalam kongres tersebut, Amir Sjarifuddin aktif memperjuangkan persatuan dan kesatuan pemuda Indonesia. Dia menekankan pentingnya pemuda Indonesia bersatu untuk meraih kemerdekaan dan memperjuangkan nasib bangsa.

Mengusulkan Sumpah Pemuda: Salah satu kontribusi terbesar Amir Sjarifuddin dalam Kongres Pemuda II adalah mengusulkan penyelenggaraan sumpah pemuda. Sumpah Pemuda menjadi tonggak sejarah yang mempersatukan semangat perjuangan pemuda Indonesia untuk meraih kemerdekaan.

Membahas Agenda Pemuda: Di kongres tersebut, Amir Sjarifuddin turut membahas agenda-agenda penting yang berkaitan dengan peran pemuda dalam pergerakan nasional, pendidikan, dan persiapan perjuangan menuju kemerdekaan."


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apa yang dimaksud dengan kerukunan

0

5.0

Jawaban terverifikasi