Canis L

13 April 2022 14:53

Iklan

Canis L

13 April 2022 14:53

Pertanyaan

Bagaimanakah bagan mekanisme kerja otot? Buatlah bagannya.

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

02

:

04

:

42

:

23

Klaim

96

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

A. Mareta

Mahasiswa/Alumni Universitas Brawijaya

08 September 2022 05:20

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang benar adalah sebagai berikut.</p><p>&nbsp;</p><p>Mekanisme kontraksi otot adalah sebagai berikut.</p><p>1. Blocking kepala miosin:<br>Jembatan silang dibentuk oleh ikatan filamen aktin dan miosin, dan jembatan silang ini hanya aktif ketika kepala miosin berikatan dengan filamen aktin. Tropomyosin umumnya memblokir ikatan aktin dan miosin miofilamen ketika otot beristirahat. Selama blocking, miofilamen aktin dikatakan dalam posisi OFF.<br>2. Pelepasan ion kalsium:<br>Pelepasan ion kalsium dari retikulum sarkoplasma dipicu oleh depolarisasi dan pembentukan potensial aksi di sarkolema oleh impuls saraf. Ion kalsium yang dilepaskan menyebabkan perpindahan kompleks troponin dan tropomiosin dari situs pemblokirannya sehingga membuka situs pengikatan miosin setelah berikatan dengan kompleks troponin pada miofilamen aktin. Paparan kepala miosin mengarah ke jembatan silang dengan miofilamen aktin, yang dikatakan berada pada posisi ON.<br>3. Formasi jembatan silang aktif:<br>Jembatan silang aktif terbentuk ketika kepala miosin melekat pada miofilamen aktin tetangga seperti kait. Sekarang jembatan silang antara aktin dan miosin miofilamen bertindak sebagai enzim (ATPase miosin). Energi dilepaskan oleh hidrolisis ATP yang disimpan menjadi ADP, dan fosfat anorganik oleh enzim yang sama yang disebut Myosin ATPase. Energi yang dilepaskan digunakan untuk pergerakan kepala miosin ke miofilamen aktin. Kepala miosin memiringkan dirinya sendiri dan menarik filamen aktin ke samping sehingga miosin dan miofilamen aktin saling bergeser.<br>Di dalam sarkomer, ujung yang berlawanan dari miofilamen aktin bergerak menuju satu sama lain yang menyebabkan kontraksi otot.<br>&nbsp;</p><p>Setelah filamen meluncur satu sama lain, jembatan silang yang terbentuk terlepas, dan filamen miosin dan aktin kembali ke posisi semula. Jembatan silang aktif terbentuk dan berubah 50-100 kali dalam sepersekian detik dengan menggunakan ATP dengan cepat. Karena ada kebutuhan energi secara cepat, serat otot terdiri dari mitokondria.<br>&nbsp;</p><p>Bagan dari kontraksi otot dijelaskan dalam gambar berikut.</p><p>&nbsp;</p><p>Dengan demikian jawaban yang benar adalah seperti yang dijelaskan di atas ya.</p>

Jawaban yang benar adalah sebagai berikut.

 

Mekanisme kontraksi otot adalah sebagai berikut.

1. Blocking kepala miosin:
Jembatan silang dibentuk oleh ikatan filamen aktin dan miosin, dan jembatan silang ini hanya aktif ketika kepala miosin berikatan dengan filamen aktin. Tropomyosin umumnya memblokir ikatan aktin dan miosin miofilamen ketika otot beristirahat. Selama blocking, miofilamen aktin dikatakan dalam posisi OFF.
2. Pelepasan ion kalsium:
Pelepasan ion kalsium dari retikulum sarkoplasma dipicu oleh depolarisasi dan pembentukan potensial aksi di sarkolema oleh impuls saraf. Ion kalsium yang dilepaskan menyebabkan perpindahan kompleks troponin dan tropomiosin dari situs pemblokirannya sehingga membuka situs pengikatan miosin setelah berikatan dengan kompleks troponin pada miofilamen aktin. Paparan kepala miosin mengarah ke jembatan silang dengan miofilamen aktin, yang dikatakan berada pada posisi ON.
3. Formasi jembatan silang aktif:
Jembatan silang aktif terbentuk ketika kepala miosin melekat pada miofilamen aktin tetangga seperti kait. Sekarang jembatan silang antara aktin dan miosin miofilamen bertindak sebagai enzim (ATPase miosin). Energi dilepaskan oleh hidrolisis ATP yang disimpan menjadi ADP, dan fosfat anorganik oleh enzim yang sama yang disebut Myosin ATPase. Energi yang dilepaskan digunakan untuk pergerakan kepala miosin ke miofilamen aktin. Kepala miosin memiringkan dirinya sendiri dan menarik filamen aktin ke samping sehingga miosin dan miofilamen aktin saling bergeser.
Di dalam sarkomer, ujung yang berlawanan dari miofilamen aktin bergerak menuju satu sama lain yang menyebabkan kontraksi otot.
 

Setelah filamen meluncur satu sama lain, jembatan silang yang terbentuk terlepas, dan filamen miosin dan aktin kembali ke posisi semula. Jembatan silang aktif terbentuk dan berubah 50-100 kali dalam sepersekian detik dengan menggunakan ATP dengan cepat. Karena ada kebutuhan energi secara cepat, serat otot terdiri dari mitokondria.
 

Bagan dari kontraksi otot dijelaskan dalam gambar berikut.

 

Dengan demikian jawaban yang benar adalah seperti yang dijelaskan di atas ya.

alt

Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan