Nur A

26 Januari 2023 23:53

Iklan

Iklan

Nur A

26 Januari 2023 23:53

Pertanyaan

Bagaimana upaya Orde Baru untuk menciptakan stabilitas politik di dalam negeri?

Bagaimana upaya Orde Baru untuk menciptakan stabilitas politik di dalam negeri?


10

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Ganang W

27 Januari 2023 00:28

Jawaban terverifikasi

<p>Orde Baru adalah periode yang berlangsung dari tahun 1966 hingga 1998 di Indonesia, yang dipimpin oleh Presiden Soeharto. Upaya Orde Baru untuk menciptakan stabilitas politik di dalam negeri meliputi beberapa hal berikut:</p><ol><li>Diktatorial: Orde Baru menciptakan pemerintahan yang diktatorial, dengan Soeharto sebagai presiden yang berkuasa absolut. Pemerintahan ini digunakan untuk mengontrol seluruh aspek kehidupan masyarakat.</li><li>Pengawasan: Orde Baru menciptakan aparat pengawasan yang sangat kuat, seperti intelijen dan militer, yang digunakan untuk mengontrol aktivitas politik dan keamanan di dalam negeri.</li><li>Penindasan: Orde Baru menindas berbagai kelompok yang dianggap mengancam stabilitas politik, seperti partai politik, kelompok etnis, dan kelompok agama.</li><li>Pembangunan: Orde Baru fokus pada pembangunan ekonomi dan infrastruktur, yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan stabilitas politik.</li><li>Propaganda: Orde Baru menggunakan propaganda melalui media dan pendidikan untuk mengontrol pikiran masyarakat dan menanamkan ideologi pemerintah.</li></ol><p>Namun, meskipun Orde Baru berusaha untuk menciptakan stabilitas politik, namun pada kenyataannya, kebijakan-kebijakan yang diterapkan justru merugikan raky masyarakat dan menimbulkan ketidakstabilan sosial.</p>

Orde Baru adalah periode yang berlangsung dari tahun 1966 hingga 1998 di Indonesia, yang dipimpin oleh Presiden Soeharto. Upaya Orde Baru untuk menciptakan stabilitas politik di dalam negeri meliputi beberapa hal berikut:

  1. Diktatorial: Orde Baru menciptakan pemerintahan yang diktatorial, dengan Soeharto sebagai presiden yang berkuasa absolut. Pemerintahan ini digunakan untuk mengontrol seluruh aspek kehidupan masyarakat.
  2. Pengawasan: Orde Baru menciptakan aparat pengawasan yang sangat kuat, seperti intelijen dan militer, yang digunakan untuk mengontrol aktivitas politik dan keamanan di dalam negeri.
  3. Penindasan: Orde Baru menindas berbagai kelompok yang dianggap mengancam stabilitas politik, seperti partai politik, kelompok etnis, dan kelompok agama.
  4. Pembangunan: Orde Baru fokus pada pembangunan ekonomi dan infrastruktur, yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan stabilitas politik.
  5. Propaganda: Orde Baru menggunakan propaganda melalui media dan pendidikan untuk mengontrol pikiran masyarakat dan menanamkan ideologi pemerintah.

Namun, meskipun Orde Baru berusaha untuk menciptakan stabilitas politik, namun pada kenyataannya, kebijakan-kebijakan yang diterapkan justru merugikan raky masyarakat dan menimbulkan ketidakstabilan sosial.


Iklan

Iklan

Dinda A

14 Februari 2023 06:43

sebutkan 3 kebijakan pada masa orde baru


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Apakah benar NIBKD dan MBKS dibentuk guna menghadapi kekuatan Belanda? Jelaskan!

37

5.0

Jawaban terverifikasi