Angelika F

21 Agustus 2023 07:33

Iklan

Iklan

Angelika F

21 Agustus 2023 07:33

Pertanyaan

Bagaimana kerajaan demak jatuh ke tangan Portugis, Jelaskan! tolong bantu jawab

Bagaimana kerajaan demak jatuh ke tangan Portugis, Jelaskan!

tolong bantu jawab


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Miftah B

Community

21 Agustus 2023 07:45

Jawaban terverifikasi

Halo sobat πŸ‘‹ Jawaban: Kerajaan Demak adalah salah satu kerajaan Islam yang berdiri di Jawa pada abad ke-15. Kerajaan ini memiliki kekuatan maritim yang kuat dan menguasai wilayah pesisir utara Jawa. Namun, pada akhirnya, Kerajaan Demak jatuh ke tangan Portugis pada abad ke-16. Berikut penjelasan mengenai bagaimana hal tersebut terjadi: 1. Persaingan dengan Kerajaan Malaka: Pada masa itu, Kerajaan Malaka merupakan kekuatan maritim yang dominan di wilayah tersebut. Kerajaan Demak dan Kerajaan Malaka saling bersaing untuk menguasai jalur perdagangan rempah-rempah di Selat Malaka. Persaingan ini memuncak dalam Pertempuran Bintan pada tahun 1521, di mana Kerajaan Demak berhasil mengalahkan Kerajaan Malaka. 2. Kedatangan Portugis: Pada tahun 1511, Portugis berhasil menaklukkan Kerajaan Malaka. Setelah kekalahan tersebut, Kerajaan Malaka menjadi sekutu Portugis dan membantu mereka dalam menguasai wilayah perdagangan di Asia Tenggara. Kedatangan Portugis di wilayah ini mengancam kekuasaan Kerajaan Demak. 3. Pertempuran di Laut Jawa: Portugis mulai mengirim armada mereka ke wilayah Jawa untuk menguasai jalur perdagangan dan mengendalikan pesisir utara Jawa. Kerajaan Demak berusaha melawan invasi Portugis dengan mengadakan pertempuran di Laut Jawa. Namun, kekuatan maritim Portugis yang lebih besar dan senjata modern mereka memberikan keunggulan yang signifikan. 4. Perpecahan internal: Selain menghadapi ancaman dari Portugis, Kerajaan Demak juga mengalami perpecahan internal. Terjadi perselisihan antara penguasa-penguasa Demak yang mengakibatkan perpecahan dan melemahkan kekuatan kerajaan. Keadaan ini dimanfaatkan oleh Portugis untuk memperluas pengaruh mereka di wilayah tersebut. 5. Penaklukan Portugis: Pada tahun 1527, Portugis berhasil menaklukkan ibu kota Kerajaan Demak, yaitu Bintara. Penaklukan ini mengakhiri kekuasaan Kerajaan Demak dan membuka jalan bagi Portugis untuk menguasai wilayah pesisir utara Jawa. Dengan demikian, jatuhnya Kerajaan Demak ke tangan Portugis disebabkan oleh kombinasi dari persaingan dengan Kerajaan Malaka, kedatangan Portugis yang mengancam kekuasaan Demak, keunggulan militer Portugis, perpecahan internal, dan penaklukan Portugis terhadap ibu kota Demak. Hal ini mengubah dinamika politik dan perdagangan di wilayah Jawa pada masa itu.


Angelika F

21 Agustus 2023 07:47

Terimakasih kak

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

21 Agustus 2023 07:49

Jawaban terverifikasi

Kerajaan Demak jatuh ke tangan Portugis pada tahun 1527. Pada saat itu, kekuasaan Demak di Jawa Tengah sedang melemah akibat konflik internal dan persaingan antara penguasa-penguasa regional. Portugis yang telah memiliki kepentingan perdagangan di wilayah tersebut melihat peluang untuk memperluas pengaruh mereka. Pada tahun 1527, pasukan Portugis di bawah pimpinan Martim Afonso de Melo menyerang dan menaklukkan pelabuhan Demak, yang merupakan salah satu pusat perdagangan penting. Serangan ini berhasil menghancurkan pertahanan Demak, dan akibatnya, kerajaan ini kehilangan sebagian besar pengaruhnya. Meskipun kemudian Demak berhasil merebut kembali pelabuhan itu, kekuasaannya tidak pernah pulih sepenuhnya. Penaklukan Demak oleh Portugis adalah salah satu tahap awal dalam serangkaian konflik antara kekuatan Eropa dan kerajaan-kerajaan lokal di Nusantara. Itu juga merupakan bagian dari upaya Portugis untuk mengendalikan jalur perdagangan rempah-rempah yang sangat bernilai di wilayah tersebut.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pernyataan berikut ini yang bukan latar belakang dari Reformasi Gereja adalah .... a. menolak indulgensi b. penyimpangan-penyimpangan dalam tubuh gereja c. gereja menjadi pusat monopoli d. lebih merupakan reaksi langsung atas gerakan Protestanisme e. bertujuan menata kembali gereja sesuai dengan ajaran lnjil

1rb+

0.0

Jawaban terverifikasi