Marcel S

09 Desember 2023 09:57

Marcel S

09 Desember 2023 09:57

Pertanyaan

Bagaimana kemungkinan hasil keturunannya, bila pada tanaman I yang berbunga warna putih disilangkan dengan tanaman II yang juga berbunga warna putih. Diketahui P : gen penumbuh pigmen warna merah p : gen penyebab tidak ada pigmen warna merah E : gen untuk enzim pengaktif e : gen penyebab tidak adanya enzim pengaktif Tanaman berbunga warna merah bila penumbuh pigmen berada bersama dengan enzim pengaktif. Bila selanjutnya F1 disilangkan dengan sesamanya menghasilkan 192 bibit tanaman, berapa jumlah fenotip masing-masing keturunannya?

Bagaimana kemungkinan hasil keturunannya, bila pada tanaman I yang berbunga warna putih 
  disilangkan dengan tanaman II yang juga berbunga warna putih.
     Diketahui P : gen penumbuh pigmen warna merah  
                      p  : gen penyebab tidak ada pigmen warna merah
                      E  : gen untuk enzim pengaktif
                      e  : gen penyebab tidak adanya enzim pengaktif
     Tanaman berbunga warna merah bila penumbuh pigmen berada bersama dengan enzim   pengaktif. 
     Bila selanjutnya F1 disilangkan dengan sesamanya menghasilkan 192 bibit tanaman, berapa jumlah 
     fenotip masing-masing keturunannya?
 

Belajar bareng Champions

Brain Academy Champions

Hanya di Brain Academy

Habis dalam

02

:

21

:

35

:

58

Klaim

2

2

Jawaban terverifikasi

Oktavv O

10 Desember 2023 06:10

Jawaban terverifikasi

Jawaban【Jawaban】: 192 tanaman berbunga putih. 【Penjelasan】: Semua 192 bibit tanaman F2 akan berfenotip bunga putih (pp ee) karena kedua orang tua (F1) adalah homozigot resesif untuk kedua gen yang tidak dominan (p dan e), sehingga hanya satu jenis gamet (pe) yang diproduksi dan ketika disilangkan akan menghasilkan keturunan dengan genotip yang sama.


Salsabila M

Community

27 April 2024 08:59

Jawaban terverifikasi

<p><br>Untuk memahami kemungkinan hasil keturunan, kita bisa menggunakan hukum pewarisan Mendel dan menyusun tabel Persilangan Mendel untuk menentukan fenotip masing-masing keturunan.</p><p>Dari deskripsi, kita punya dua tanaman berbunga warna putih (tanaman I dan II) yang memiliki fenotip yang sama, yaitu warna putih. Namun, kita tahu bahwa fenotip warna putih dapat disebabkan oleh dua kombinasi genotip yang berbeda, yaitu PPee dan ppEE. Di sini, huruf kapital menunjukkan alel dominan (P untuk gen penumbuh pigmen warna merah, E untuk gen enzim pengaktif), dan huruf kecil menunjukkan alel resesif (p untuk gen penyebab tidak ada pigmen warna merah, e untuk gen penyebab tidak adanya enzim pengaktif).</p><p>Kita dapat menyusun tabel Persilangan Mendel untuk memprediksi hasil keturunan F1:</p><p>Tanaman I (PPee) &nbsp;x &nbsp;Tanaman II (ppEE)<br>------------------------------------------<br>&nbsp; &nbsp; PpEe (merah) &nbsp; &nbsp;PpEe (merah)<br>&nbsp; &nbsp; PpEe (merah) &nbsp; &nbsp;PpEe (merah)<br>&nbsp; &nbsp; PpEe (merah) &nbsp; &nbsp;PpEe (merah)<br>&nbsp; &nbsp; PpEe (merah) &nbsp; &nbsp;PpEe (merah)<br>&nbsp;</p><p>Kita lihat bahwa semua keturunan F1 (PpEe) akan berwarna merah karena memiliki setidaknya satu alel dominan untuk gen penumbuh pigmen warna merah (P) dan satu alel dominan untuk gen enzim pengaktif (E).</p><p>Jadi, jumlah fenotip masing-masing keturunan adalah sebagai berikut:</p><ul><li>Warna merah: 192 bibit tanaman (semua keturunan F1)</li></ul><p>Sehingga, hanya ada satu fenotip yang muncul pada keturunan, yaitu warna merah.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>


Untuk memahami kemungkinan hasil keturunan, kita bisa menggunakan hukum pewarisan Mendel dan menyusun tabel Persilangan Mendel untuk menentukan fenotip masing-masing keturunan.

Dari deskripsi, kita punya dua tanaman berbunga warna putih (tanaman I dan II) yang memiliki fenotip yang sama, yaitu warna putih. Namun, kita tahu bahwa fenotip warna putih dapat disebabkan oleh dua kombinasi genotip yang berbeda, yaitu PPee dan ppEE. Di sini, huruf kapital menunjukkan alel dominan (P untuk gen penumbuh pigmen warna merah, E untuk gen enzim pengaktif), dan huruf kecil menunjukkan alel resesif (p untuk gen penyebab tidak ada pigmen warna merah, e untuk gen penyebab tidak adanya enzim pengaktif).

Kita dapat menyusun tabel Persilangan Mendel untuk memprediksi hasil keturunan F1:

Tanaman I (PPee)  x  Tanaman II (ppEE)
------------------------------------------
    PpEe (merah)    PpEe (merah)
    PpEe (merah)    PpEe (merah)
    PpEe (merah)    PpEe (merah)
    PpEe (merah)    PpEe (merah)
 

Kita lihat bahwa semua keturunan F1 (PpEe) akan berwarna merah karena memiliki setidaknya satu alel dominan untuk gen penumbuh pigmen warna merah (P) dan satu alel dominan untuk gen enzim pengaktif (E).

Jadi, jumlah fenotip masing-masing keturunan adalah sebagai berikut:

  • Warna merah: 192 bibit tanaman (semua keturunan F1)

Sehingga, hanya ada satu fenotip yang muncul pada keturunan, yaitu warna merah.

 

 


 


Buka akses jawaban yang telah terverifikasi

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Ciri ciri vertebrata yang hanya dimiliki oleh Aves adalah

766

5.0

Jawaban terverifikasi