Alinn H

21 Februari 2024 06:09

Iklan

Iklan

Alinn H

21 Februari 2024 06:09

Pertanyaan

Bagaimana energi matahari dapat sampai ke berbagai organisme di bumi?jelaskan!

Bagaimana energi matahari dapat sampai ke berbagai organisme di bumi?jelaskan!

 

alt

2

2


Iklan

Iklan

Zalfa K

21 Februari 2024 14:48

<p>Energi panas yang ada pada sinar Matahari dapat mencapai Bumi <strong>melalui proses perambatan energi (panas) dalam bentuk gelombang elektromagnetik tanpa memerlukan zat perantara.</strong></p><p>Matahari tak membutuhkan oksigen untuk dapat menghasilkan panas karena tidak melakukan proses pembakaran atau bukan berasal dari reaksi oksidasi, melainkan reaksi fusi.&nbsp;</p><p>Tubuh Matahari mengandung tekanan yang tinggi sehingga memaksa dua atom hidrogen bergabung untuk membentuk atom helium. Akan tetapi, dalam proses fusi ini, tidak semua partikel atom hidrogen terpakai untuk membentuk atom helium, sebagian lepas menjadi energi atau sumber tenaga.&nbsp;</p>

Energi panas yang ada pada sinar Matahari dapat mencapai Bumi melalui proses perambatan energi (panas) dalam bentuk gelombang elektromagnetik tanpa memerlukan zat perantara.

Matahari tak membutuhkan oksigen untuk dapat menghasilkan panas karena tidak melakukan proses pembakaran atau bukan berasal dari reaksi oksidasi, melainkan reaksi fusi. 

Tubuh Matahari mengandung tekanan yang tinggi sehingga memaksa dua atom hidrogen bergabung untuk membentuk atom helium. Akan tetapi, dalam proses fusi ini, tidak semua partikel atom hidrogen terpakai untuk membentuk atom helium, sebagian lepas menjadi energi atau sumber tenaga. 


Iklan

Iklan

Nico V

22 Februari 2024 02:44

<p>Energi matahari sampai ke berbagai organisme di bumi melalui proses yang dikenal sebagai fotosintesis. Fotosintesis adalah proses dimana tumbuhan hijau dan beberapa organisme lainnya menggunakan energi cahaya matahari untuk mengubah air dan karbon dioksida menjadi glukosa, yang merupakan sumber energi bagi organisme tersebut. Proses ini juga menghasilkan oksigen sebagai produk sampingan.</p><p>&nbsp;</p><p>Berikut adalah proses langkah demi langkah:</p><ul><li>Energi cahaya matahari diserap oleh klorofil, kloroplas, struktur sel tumbuhan.</li><li>Energi ini kemudian digunakan untuk memecah molekul air (H20) menjadi hidrogen dan oksigen.</li><li>Hidrogen ini kemudian digabungkan dengan karbon dioksida (CO2) untuk membentuk glukosa (C6H12O6), dalam proses yang dikenal sebagai siklus Calvin.</li><li>Glukosa ini kemudian digunakan oleh tumbuhan untuk pertumbuhan dan reproduksi, dan juga disimpan sebagai cadangan energi.</li><li>Oksigen yang dihasilkan selama proses ini dilepaskan ke atmosfer, dan digunakan oleh hewan dan manusia untuk bernapas.</li></ul>

Energi matahari sampai ke berbagai organisme di bumi melalui proses yang dikenal sebagai fotosintesis. Fotosintesis adalah proses dimana tumbuhan hijau dan beberapa organisme lainnya menggunakan energi cahaya matahari untuk mengubah air dan karbon dioksida menjadi glukosa, yang merupakan sumber energi bagi organisme tersebut. Proses ini juga menghasilkan oksigen sebagai produk sampingan.

 

Berikut adalah proses langkah demi langkah:

  • Energi cahaya matahari diserap oleh klorofil, kloroplas, struktur sel tumbuhan.
  • Energi ini kemudian digunakan untuk memecah molekul air (H20) menjadi hidrogen dan oksigen.
  • Hidrogen ini kemudian digabungkan dengan karbon dioksida (CO2) untuk membentuk glukosa (C6H12O6), dalam proses yang dikenal sebagai siklus Calvin.
  • Glukosa ini kemudian digunakan oleh tumbuhan untuk pertumbuhan dan reproduksi, dan juga disimpan sebagai cadangan energi.
  • Oksigen yang dihasilkan selama proses ini dilepaskan ke atmosfer, dan digunakan oleh hewan dan manusia untuk bernapas.

Mau jawaban yang terverifikasi?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Diketahui persamaan kuadrat x 2 + 6x – 9 = 0. Pernyataan berikut yang benar adalah bahwa persamaan kuadrat mempunyai... a. lebih dari dua akar real b. satu akar real c. dua akar real d. tidak mempunyai akar real e. akar kembar

6

0.0

Jawaban terverifikasi