Reyhan F

20 Agustus 2023 16:13

Iklan

Iklan

Reyhan F

20 Agustus 2023 16:13

Pertanyaan

Bagaimana cara sel melakukan sintesis protein


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Miftah B

Community

21 Agustus 2023 01:59

Jawaban terverifikasi

Halo sobat 👋 Jawaban: Proses sintesis protein oleh sel disebut translasi. Translasi terjadi di ribosom, yang merupakan struktur kompleks yang terdiri dari RNA ribosomal (rRNA) dan protein ribosomal. Berikut langkah-langkah dalam sintesis protein oleh sel: 1. Transkripsi: Proses dimulai dengan transkripsi, di mana DNA di transcip menjadi RNA. DNA terdiri dari serangkaian nukleotida dengan basa adenin (A), sitosin (C), guanin (G), dan timin (T), sedangkan RNA menggantikan timin dengan urasil (U). Pada transkripsi, DNA encoding gen yang mengkode protein disalin menjadi RNA (disebut RNA messenger/mRNA). 2. Pengolahan RNA pra-mRNA: mRNA yang dihasilkan melalui transkripsi harus mengalami proses pengolahan yang meliputi pemotongan ulang dan penyambungan gen yang tidak perlu (introns) dan ekson, yang mengkode protein. Hasil akhir dari proses ini disebut mRNA matang atau mRNA siap-terjemah. 3. Inisiasi: Proses translasi dimulai dengan inisiasi. Ribosom terikat pada mRNA di lokasi awal sintesis protein. Pengejaan codon inisiasi pada mRNA adalah AUG. Faktor inisiasi, seperti faktor inisiasi ribosom (eIF), membantu asosiasi ribosom dengan mRNA. 4. Elongasi: Setelah inisiasi, ribosom mulai membaca mRNA secara berurutan dan memproses asam amino untuk membangun rantai polipeptida yang baru. Ribosom bergerak maju melalui mRNA, membaca kodon sepanjang RNA, dan memilih tRNAs (transfer RNA) yang sesuai yang membawa asam amino yang cocok dengan kodon mRNA. Ribosom kemudian membantu membentuk ikatan peptida antara asam amino yang berdekatan. 5. Terminasi: Pada tahap terminasi, ribosom sampai ke kodon stop pada mRNA, yang tidak mengodekan asam amino apa pun. Pada saat itu, ribosom melepaskan polipeptida yang dibentuk dan mRNA, dan proses translasi berakhir.


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

21 Agustus 2023 07:41

Proses sintesis protein dalam sel melibatkan beberapa tahapan yang penting. Berikut adalah langkah-langkah umum dalam sintesis protein: 1. Transkripsi: Proses dimulai dengan transkripsi, di mana DNA di dalam inti sel diurai dan digunakan sebagai cetakan untuk membuat RNA. Enzim RNA polimerase membaca urutan DNA dan mensintesis molekul RNA yang komplementer. RNA yang dihasilkan disebut RNA transkrip atau mRNA. 2. Pemrosesan RNA: Setelah transkripsi, RNA transkrip mengalami beberapa tahap pemrosesan. Ini termasuk penghilangan intron (bagian non-koding) dan penyatuan ekson (bagian yang mengkode protein) untuk menghasilkan RNA matang yang siap untuk translasi. 3. Translasi: Proses translasi terjadi di ribosom, struktur kompleks yang terdiri dari RNA ribosom dan protein. mRNA berinteraksi dengan ribosom, dan tRNA (RNA transfer) membawa asam amino ke ribosom sesuai dengan urutan kodon pada mRNA. Ribosom membaca urutan kodon pada mRNA dan menghubungkan asam amino yang dibawa oleh tRNA untuk membentuk rantai polipeptida yang akan menjadi protein. 4. Lipatan dan Modifikasi: Setelah sintesis protein dimulai, protein yang baru terbentuk dapat mengalami lipatan dan modifikasi tambahan. Ini melibatkan interaksi dengan chaperone protein dan proses seperti glikosilasi (penambahan gula), fosforilasi (penambahan gugus fosfat), dan pemotongan protein yang lebih panjang menjadi bentuk yang lebih pendek dan fungsional. 5. Transportasi dan Lokalisasi: Setelah sintesis dan modifikasi, protein dapat diarahkan ke lokasi yang tepat dalam sel. Ini dapat melibatkan penggunaan sinyal peptida yang terletak pada protein untuk mengarahkannya ke organel atau kompartemen sel yang spesifik. Proses sintesis protein ini sangat penting dalam sel karena protein adalah molekul yang berperan dalam hampir semua fungsi seluler. Mereka berperan dalam struktur sel, transportasi molekul, katalisis reaksi kimia, dan banyak fungsi lainnya yang penting untuk kelangsungan hidup dan fungsi normal sel.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

pada saat pelajaran olahraga, pak guru meminta siswa untuk bermain pemanasan senam, gerakan yang dilakukan adalah merentangkan tangan untuk merapikan barisan dan untuk mengatur jaraknya dengan siswa sebelahnya. setelah barisan dan jarak sudah sesuai, siswa kembali menurunkan tangannya. gerakan tersebut adalah cerminan dari gerakan…

365

2.0

Jawaban terverifikasi