Afdian S

01 Juni 2024 12:05

Iklan

Iklan

Afdian S

01 Juni 2024 12:05

Pertanyaan

bagaimana cara pengemasan ikan vivipar, ikan ovovivipar, dan ikan ovipar jelaskan perbedaan ketiga proses tersebut

bagaimana cara pengemasan ikan vivipar, ikan ovovivipar, dan ikan ovipar jelaskan perbedaan ketiga proses tersebut


3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Neneng Y

02 Juni 2024 01:24

Jawaban terverifikasi

Proses pengemasan ikan vivipar, ikan ovovivipar, dan ikan ovipar mengacu pada cara reproduksi ikan. Berikut adalah penjelasan tentang perbedaan ketiga proses tersebut: 1. Ikan Vivipar: - Ikan vivipar adalah ikan yang melahirkan anak-anaknya secara langsung setelah telur menetas di dalam tubuh induknya. - Proses pengemasan ikan vivipar melibatkan penjagaan terhadap induk ikan yang hamil untuk memastikan kondisi lingkungan yang optimal bagi perkembangan embrio. - Setelah embrio berkembang, induk ikan vivipar akan melahirkan anak-anak ikan yang sudah lebih berkembang secara langsung. 2. Ikan Ovovivipar: - Ikan ovovivipar adalah ikan yang telurnya menetas di dalam tubuh induknya, tetapi anak ikan tersebut tidak menerima nutrisi dari induknya. - Proses pengemasan ikan ovovivipar melibatkan penjagaan terhadap induk ikan yang hamil untuk memastikan kondisi lingkungan yang optimal bagi telur-telur yang menetas di dalam tubuhnya. - Setelah telur-telur menetas di dalam tubuh induk, anak ikan akan lahir dalam keadaan lengkap dan mandiri. 3. Ikan Ovipar: - Ikan ovipar adalah ikan yang bertelur di lingkungan eksternal, di mana telur-telurnya akan menetas di luar tubuh induk. - Proses pengemasan ikan ovipar melibatkan penjagaan terhadap telur-telur ikan yang diletakkan di lingkungan yang sesuai untuk perkembangan embrio. - Setelah telur menetas, anak ikan ovipar akan keluar dari telurnya dan memulai kehidupan mandiri di lingkungan air. Perbedaan utama antara ketiga proses tersebut terletak pada tempat telur menetas dan perkembangan embrio. Ikan vivipar melahirkan anak-anaknya langsung, ikan ovovivipar telurnya menetas di dalam tubuh induk, sedangkan ikan ovipar bertelur di lingkungan eksternal. Dengan pemahaman yang baik tentang proses reproduksi ini, pengemasan ikan dapat dilakukan dengan memperhatikan kebutuhan khusus dari masing-masing jenis ikan.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

09 Juni 2024 03:40

Jawaban terverifikasi

<p>Pengemasan ikan vivipar, ikan ovovivipar, dan ikan ovipar memiliki perbedaan dalam cara perkembangbiakannya:</p><p><strong>Ikan Vivipar:</strong></p><ul><li>Pada ikan vivipar, proses pengembangan embrio terjadi di dalam tubuh induk betina. Embrio tumbuh dan berkembang dalam rahim betina dan menerima nutrisi dari plasenta atau sumber makanan internal yang disediakan oleh induk.</li><li>Ketika embrio sudah cukup berkembang, induk melahirkan anak ikan yang sudah lebih matang. Anak ikan ini dilahirkan hidup dan langsung mandiri, tidak melalui tahap larva.</li><li>Contoh ikan vivipar adalah ikan hiu dan beberapa spesies ikan karang.</li></ul><p><strong>Ikan Ovovivipar:</strong></p><ul><li>Pada ikan ovovivipar, proses pengembangan embrio juga terjadi di dalam tubuh induk betina.</li><li>Embrio berkembang dalam telur yang tetap berada di dalam tubuh induk sampai menetas. Telur ini tidak memiliki kerabang keras dan tidak dilekatkan pada substrat.</li><li>Ketika telur menetas, induk melahirkan anak ikan yang langsung hidup dan mandiri. Anak ikan ini tidak melalui tahap larva.</li><li>Contoh ikan ovovivipar adalah beberapa spesies ikan hiu dan beberapa spesies ikan laut lainnya.</li></ul><p><strong>Ikan Ovipar:</strong></p><ul><li>Pada ikan ovipar, proses perkembangan embrio terjadi di luar tubuh induk.</li><li>Induk bertelur, biasanya di atas substrat seperti tanaman akuatik, bebatuan, atau tanah liat. Telur ikan dilindungi oleh kerabang atau lapisan pelindung lainnya.</li><li>Setelah periode inkubasi tertentu, telur menetas dan menghasilkan larva ikan. Larva ini harus berjuang sendiri untuk bertahan hidup.</li><li>Contoh ikan ovipar adalah ikan mas dan sebagian besar ikan air tawar lainnya.</li></ul><p><br>&nbsp;</p>

Pengemasan ikan vivipar, ikan ovovivipar, dan ikan ovipar memiliki perbedaan dalam cara perkembangbiakannya:

Ikan Vivipar:

  • Pada ikan vivipar, proses pengembangan embrio terjadi di dalam tubuh induk betina. Embrio tumbuh dan berkembang dalam rahim betina dan menerima nutrisi dari plasenta atau sumber makanan internal yang disediakan oleh induk.
  • Ketika embrio sudah cukup berkembang, induk melahirkan anak ikan yang sudah lebih matang. Anak ikan ini dilahirkan hidup dan langsung mandiri, tidak melalui tahap larva.
  • Contoh ikan vivipar adalah ikan hiu dan beberapa spesies ikan karang.

Ikan Ovovivipar:

  • Pada ikan ovovivipar, proses pengembangan embrio juga terjadi di dalam tubuh induk betina.
  • Embrio berkembang dalam telur yang tetap berada di dalam tubuh induk sampai menetas. Telur ini tidak memiliki kerabang keras dan tidak dilekatkan pada substrat.
  • Ketika telur menetas, induk melahirkan anak ikan yang langsung hidup dan mandiri. Anak ikan ini tidak melalui tahap larva.
  • Contoh ikan ovovivipar adalah beberapa spesies ikan hiu dan beberapa spesies ikan laut lainnya.

Ikan Ovipar:

  • Pada ikan ovipar, proses perkembangan embrio terjadi di luar tubuh induk.
  • Induk bertelur, biasanya di atas substrat seperti tanaman akuatik, bebatuan, atau tanah liat. Telur ikan dilindungi oleh kerabang atau lapisan pelindung lainnya.
  • Setelah periode inkubasi tertentu, telur menetas dan menghasilkan larva ikan. Larva ini harus berjuang sendiri untuk bertahan hidup.
  • Contoh ikan ovipar adalah ikan mas dan sebagian besar ikan air tawar lainnya.


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

pemerintah harus berupaya melestarikan budaya nasional melalui berbagai regulasi dan kegiatan kebudayaan berdasarkan pertanyaan tersebut mengapa sebuah negara harus melestarikan budayanya jelaskan hubungan antara budaya dengan pembentukan identitas dan jati diri pribadi sosial dan bangsa

3

0.0

Jawaban terverifikasi