Hilya H

29 Januari 2024 19:40

Iklan

Iklan

Hilya H

29 Januari 2024 19:40

Pertanyaan

Bagaimana bunyi hukum permintaan?

Bagaimana bunyi hukum permintaan?


3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Dela A

Community

29 Januari 2024 19:58

Jawaban terverifikasi

<p>Hukum permintaan berbunyi,<strong> "Semakin rendah harga suatu barang, semakin banyak permintaan terhadap barang tersebut. Sebaliknya, semakin tinggi harga suatu barang, semakin sedikit permintaan terhadap barang tersebut."</strong></p>

Hukum permintaan berbunyi, "Semakin rendah harga suatu barang, semakin banyak permintaan terhadap barang tersebut. Sebaliknya, semakin tinggi harga suatu barang, semakin sedikit permintaan terhadap barang tersebut."


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

15 Februari 2024 02:14

Jawaban terverifikasi

<p>Hukum permintaan adalah konsep dalam ekonomi yang menggambarkan hubungan antara harga suatu barang atau jasa dengan jumlah yang diminta oleh konsumen. Hukum ini menyatakan bahwa, dengan asumsi faktor-faktor lain tetap (ceteris paribus), terdapat hubungan sebanding antara harga suatu barang dan jumlah yang diminta oleh konsumen. Secara umum, hukum permintaan dapat dirumuskan sebagai berikut:</p><p><strong>Hubungan Terbalik antara Harga dan Jumlah Diminta:</strong></p><ul><li>Jika harga suatu barang atau jasa naik, ceteris paribus, maka jumlah yang diminta oleh konsumen akan cenderung turun. Sebaliknya, jika harga turun, ceteris paribus, maka jumlah yang diminta akan cenderung naik.</li></ul><p><strong>Pengaruh Harga terhadap Keputusan Konsumen:</strong></p><ul><li>Hukum permintaan mencerminkan kecenderungan bahwa konsumen cenderung membeli lebih banyak suatu barang atau jasa ketika harganya rendah, dan sebaliknya, mereka cenderung membeli lebih sedikit ketika harganya tinggi.</li></ul><p><strong>Penjelasan Ceteris Paribus:</strong></p><ul><li>Istilah "ceteris paribus" digunakan untuk menunjukkan bahwa dalam rumusan hukum ini, diasumsikan faktor-faktor lain yang mempengaruhi permintaan (seperti pendapatan, selera konsumen, harga barang lain) tetap atau tidak berubah.</li></ul><p><strong>Grafik Kurva Permintaan:</strong></p><ul><li>Dalam konteks kurva permintaan, hukum ini dapat dilihat dalam bentuk grafik. Kurva permintaan cenderung menunjukkan garis menurun dari kiri atas ke kanan bawah, mencerminkan hubungan invers antara harga dan jumlah yang diminta.</li></ul>

Hukum permintaan adalah konsep dalam ekonomi yang menggambarkan hubungan antara harga suatu barang atau jasa dengan jumlah yang diminta oleh konsumen. Hukum ini menyatakan bahwa, dengan asumsi faktor-faktor lain tetap (ceteris paribus), terdapat hubungan sebanding antara harga suatu barang dan jumlah yang diminta oleh konsumen. Secara umum, hukum permintaan dapat dirumuskan sebagai berikut:

Hubungan Terbalik antara Harga dan Jumlah Diminta:

  • Jika harga suatu barang atau jasa naik, ceteris paribus, maka jumlah yang diminta oleh konsumen akan cenderung turun. Sebaliknya, jika harga turun, ceteris paribus, maka jumlah yang diminta akan cenderung naik.

Pengaruh Harga terhadap Keputusan Konsumen:

  • Hukum permintaan mencerminkan kecenderungan bahwa konsumen cenderung membeli lebih banyak suatu barang atau jasa ketika harganya rendah, dan sebaliknya, mereka cenderung membeli lebih sedikit ketika harganya tinggi.

Penjelasan Ceteris Paribus:

  • Istilah "ceteris paribus" digunakan untuk menunjukkan bahwa dalam rumusan hukum ini, diasumsikan faktor-faktor lain yang mempengaruhi permintaan (seperti pendapatan, selera konsumen, harga barang lain) tetap atau tidak berubah.

Grafik Kurva Permintaan:

  • Dalam konteks kurva permintaan, hukum ini dapat dilihat dalam bentuk grafik. Kurva permintaan cenderung menunjukkan garis menurun dari kiri atas ke kanan bawah, mencerminkan hubungan invers antara harga dan jumlah yang diminta.

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Keberadaan dan kekuasaan lembaga tinggi negara di Indonesia diatur oleh UUD 1945. Hal ini menunjukkan bahwa UUD 1945 merupakan … . A. Konstitusi tertulis Indonesia C. Hukum Dasar di Indonesia B. Hukum tertinggi di Indonesia D. Dasar Negara Indonesia

9

5.0

Jawaban terverifikasi