Cyprinus C

01 April 2022 01:13

Iklan

Iklan

Cyprinus C

01 April 2022 01:13

Pertanyaan

Bagaiman proses suatu variasi dalam spesies dapat menghasilkan individu baru?


1

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

D. Anggita

07 September 2022 15:18

Jawaban terverifikasi

<p>Proses suatu variasi dalam spesies dapat menghasilkan individu baru dapat dilakukan dengan isolasi prazigotik dan isolasi postzigotik.</p><p>&nbsp;</p><p>Beberapa teori ilmu sains yang dapat membuat spesies baru dari spesies-spesies yang sudah ada atau telah punah disebut sebagai spesiasi, adanya spesiasi menjadi salah satu contoh nyata dari adanya proses evolusi.</p><p>&nbsp;</p><p>Ada dua jenis isolasi atau hambatan yang mempengaruhi dan menyebabkan terjadinya spesiasi, yakni isolasi prazigotik dan postzigotik.&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Isolasi prazigotik merupakan hambatan-hambatan yang mencegah terbentuknya zigot. Adanya hambatan ini pada akhirnya dapat memunculkan spesies baru.&nbsp;Contohnya terjadi pada burung, burung tertentu memiliki cara bernyanyi tertentu pula. Ada kelompok burung yang lebih suka nyanyi penuh melodi dan kicauan yang jelas. Disisi lain, ada kelompok burung yang kicauannya cenderung panjang seperti bunyi suling. Ternyata, kicauan ini menarik jenis betina yang berbeda juga. Hal tersebut lama-kelamaan mengakibatkan terbentuknya dua jenis burung yang berbeda, yaitu burung Meadowlark Barat untuk burung yang suka berkicau panjang seperti suling, dan Meadowlark Timur untuk burung yang kicauannya pendek-pendek dan penuh melodi.</p><p>&nbsp;</p><p>Isolasi postzigotik merupakan hambatan-hambatan yang muncul setelah zigot terbentuk (dari hasil kawin). Contohnya terjadi perkawinan antara singa jantan dan harimau betina yang menghasilkan spesies baru yaitu liger. Adanya spesies baru ini biasanya memiliki beberapa kekurangan, seperti mengalami kematian / inviabilitas serta mengalami infertilitas.</p><p>&nbsp;</p><p>Dengan demikian, proses suatu variasi dalam spesies dapat menghasilkan individu baru dapat dilakukan dengan isolasi prazigotik dan postzigotik.</p>

Proses suatu variasi dalam spesies dapat menghasilkan individu baru dapat dilakukan dengan isolasi prazigotik dan isolasi postzigotik.

 

Beberapa teori ilmu sains yang dapat membuat spesies baru dari spesies-spesies yang sudah ada atau telah punah disebut sebagai spesiasi, adanya spesiasi menjadi salah satu contoh nyata dari adanya proses evolusi.

 

Ada dua jenis isolasi atau hambatan yang mempengaruhi dan menyebabkan terjadinya spesiasi, yakni isolasi prazigotik dan postzigotik. 

 

Isolasi prazigotik merupakan hambatan-hambatan yang mencegah terbentuknya zigot. Adanya hambatan ini pada akhirnya dapat memunculkan spesies baru. Contohnya terjadi pada burung, burung tertentu memiliki cara bernyanyi tertentu pula. Ada kelompok burung yang lebih suka nyanyi penuh melodi dan kicauan yang jelas. Disisi lain, ada kelompok burung yang kicauannya cenderung panjang seperti bunyi suling. Ternyata, kicauan ini menarik jenis betina yang berbeda juga. Hal tersebut lama-kelamaan mengakibatkan terbentuknya dua jenis burung yang berbeda, yaitu burung Meadowlark Barat untuk burung yang suka berkicau panjang seperti suling, dan Meadowlark Timur untuk burung yang kicauannya pendek-pendek dan penuh melodi.

 

Isolasi postzigotik merupakan hambatan-hambatan yang muncul setelah zigot terbentuk (dari hasil kawin). Contohnya terjadi perkawinan antara singa jantan dan harimau betina yang menghasilkan spesies baru yaitu liger. Adanya spesies baru ini biasanya memiliki beberapa kekurangan, seperti mengalami kematian / inviabilitas serta mengalami infertilitas.

 

Dengan demikian, proses suatu variasi dalam spesies dapat menghasilkan individu baru dapat dilakukan dengan isolasi prazigotik dan postzigotik.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Ciri ciri vertebrata yang hanya dimiliki oleh Aves adalah

422

5.0

Jawaban terverifikasi