Andy D

09 Februari 2022 10:23

Iklan

Iklan

Andy D

09 Februari 2022 10:23

Pertanyaan

Bacalah teks ulasan berikut! Seandainya Aku Bisa Menanam Angin menceritakan kisah Fawaz dengan anak-anak Sokola Rimba. Fawaz membuka kisahnya bersama anak-anak Sokola Rimba di kawasan Hutan Bukit Dua Belas, Jambi, dengan renyah. Kisah guru-murid yang saling usil tidak hanya mengundang senyum. Di balik itu, tecermin toleransi mereka terhadap kaum minoritas. Ternyata toleransi di pedalaman tersebut jauh lebih baik daripada orang-orang kota. Disadur dari: https://basabasi.co/catatan-dari-pelosok-negeri/, 28 Oktober 2019 Tanggapan yang tepat berdasarkan teks tersebut adalah ... A. Kisah dalam buku Seandainya Aku Bisa Menanam Angin dapat dijadikan bahan pembelajaran pengajaran di sekolah alam. B. Kisah dalam buku Seandainya Aku Bisa Menanam Angin dapat dijadikan contoh pengajaran toleransi yang sudah mulai pudar. C. Kisah dalam buku Seandainya Aku Bisa Menanam Angin dapat dijadikan contoh laku kead ilan yang diterapkan dalam komunitas. D. Kisah dalam buku Seandainya Aku Bisa Menanam Angin dapat dijadikan sumber informasi penting permasalahan di pedalaman Jambi.


10

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

C. Aurora

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

16 Februari 2022 15:55

Jawaban terverifikasi

Halo, Andy D. Terima kasih sudah bertanya di Roboguru, ya. Kakak bantu jawab, ya. Jawaban yang tepat adalah B. Berikut ini pembahasan untuk menjawab soal tersebut. Tanggapan merupakan pendapat yang berupa kritik, sanggahan, atau pujian terhadap lingkungan hidup, kondisi sosial, keragaman budaya, tentang peristiwa, fenomena, ucapan dan perbuatan, atau tentang suatu karya orang lain. Langkah-langkah membuat tanggapan adalah sebagai berikut. 1. Membaca teks dengan cermat. 2. Memahami tiap kalimat dalam teks. 3. Menandai hal-hal yang penting. 4. Mengelompokkan hal yang menjadi kekurangan dan kelebihan. 5. Menentukan tanggapan dari isi teks. Teks tersebut berisi sinopsis atau penjelasan mengenai buku "Seandainya Aku Bisa Menanam Angin" yang menceritakan kisah Fawaz dengan anak-anak Sokola Rimba. Cerita tersebut mengajarkan toleransi terhadap kaum minoritas di pedalaman yang jauh lebih baik daripada di perkotaan. Berikut ini adalah kutipan yang menyinggung masalah toleransi dalam teks. "(4) Di balik itu, tecermin toleransi mereka terhadap kaum minoritas. (5) Ternyata toleransi di pedalaman tersebut jauh lebih baik daripada orang-orang kota." Oleh sebab itu, tanggapan yang tepat sesuai isi teks tersebut adalah "Kisah dalam buku Seandainya Aku Bisa Menanam Angin dapat dijadikan contoh pengajaran toleransi yang sudah mulai pudar." Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B. Semoga dapat membantu, ya.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

berikan 3 contoh kata bilangan di teks laporan percobaan hasil percobaan

324

5.0

Jawaban terverifikasi

Bacalah kutipan puisi berikut! Pagiku hilang sudah melayang Hari mudaku sudah pergi Sekarang petang datang membayang Batang usiaku sudah tinggi. Aku lalai di hari pagi Beta lengah di masa muda Kini hidup meracuni hati Miskin ilmu miskin harta Kata petang mempunyai makna lambang a. suasana senja b. masa tua C. waktu sore hari d. kehidupan manusia

725

3.5

Lihat jawaban (2)

Iklan

Iklan