Nabil A

13 Juli 2022 04:17

Iklan

Iklan

Nabil A

13 Juli 2022 04:17

Pertanyaan

Bacalah teks eksposisi berikut dengan cermat! Program Sanitasi Berbasis Masyarakat Bagian-bagian utama kegiatan dan program UNICEF di Indonesia mencakup penanganan kualitas air yang tidak memadai, sanitasi yang rendah, dan kebersihan yang kurang. Bidang-bidang ini menjadi tantangan penting karena memiliki dampak pada kesehatan, gizi, pencapaian pendidikan anak dan keluarga. Masyarakat memainkan peran penting dalam mengembangkan dan mengelola "sanitasi total berbasis masyarakat" dengan melaksanakan lima pilar utama sanitasi. Kelima pilar utama sanitasi tersebut adalah penghentian buang air besar secara sembarangan, promosi mencuci tangan menggunakan sabun, peningkatan pengolahan air rumah tangga, pengelolaan sampah padat, pengelolaan limbah cair dan saluran pembuangan secara tepat. Selain masyarakat secara umum, program ini juga membidik anak-anak karena mereka memiliki peran sangat efektif dalam mengubah perilaku masyarakat yang lebih luas. Oleh karena itu, prakarsa kebersihan dan sanitasi berbasis sekolah juga dikembangkan. Hal ini dilakukan dengan memberikan panduan tentang peningkatan sarana prasarana sanitasi di sekolah dan promosi kebersihan yang efektif di kelas-kelas. Program tersebut membantu mempromosikan kebersihan dan arti penting sanitasi yang tepat dalam masyarakat. Selain itu, juga meningkatkan kesehatan dan kenyamanan lingkungan fisik pembelajaran sehingga mendorong anak bersemangat dan berprestasi lebih baik di sekolah. (Sumber: http://www.unicef.org/indonesia/idjwes.html dengan pengubahan.) Tuliskan gagasan utama dalam teks "Program Sanitasi Berbasis Masyarakat" c. Gagasan utama paragraf 3:


5

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Asarotun

Mahasiswa/Alumni Universitas Indraprasta PGRI

01 September 2022 03:06

Jawaban terverifikasi

Jawaban : Program untuk mengubah perilaku masyarakan yang lebih luas. Gagasan utama merupakan ide pokok atau pikiran utama dan menjadi dasar untuk mengembangkan sebuah paragraf. Gagasaran pokok dapat terletak di awal paragraf, akhir paragraf atau awal dan akhir paragraf. Ciri-ciri gagasan utama adalah sebagai berikut: 1. Terletak di awal paragraf, akhir paragraf atau awal dan akhir paragraf. 2. Mengandung topik permasalahan 3. Dapat dijabarkan 4. Dapat berdiri sendiri 5. Memiliki makna yang jelas 6. Merupakan sebuah kesimpulan dari paragraf apabila terletak di akhir paragraf Gagasan utama paragraf ketiga di awal kalimat yaitu "Selain masyarakat secara umum, program ini juga membidik anak-anak karena mereka memiliki peran sangat efektif dalam mengubah perilaku masyarakat yang lebih luas". Berdasarkan kalimat ini, gagasan utama paragraf ketiga adalah 'Program untuk mengubah perilaku masyarakan yang lebih luas'. Jadi, jawaban yang benar adalah : Program untuk mengubah perilaku masyarakat yang lebih luas.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

berikan 3 contoh kata bilangan di teks laporan percobaan hasil percobaan

301

5.0

Jawaban terverifikasi

Bacalah kutipan puisi berikut! Pagiku hilang sudah melayang Hari mudaku sudah pergi Sekarang petang datang membayang Batang usiaku sudah tinggi. Aku lalai di hari pagi Beta lengah di masa muda Kini hidup meracuni hati Miskin ilmu miskin harta Kata petang mempunyai makna lambang a. suasana senja b. masa tua C. waktu sore hari d. kehidupan manusia

691

3.5

Lihat jawaban (2)

Iklan

Iklan