Lala L

01 Juli 2022 07:02

Iklan

Iklan

Lala L

01 Juli 2022 07:02

Pertanyaan

Bacalah teks berikut! Gunakan Bahasa Indonesia dengan Baik dan Benar Bahasa Indonesia memiliki sejarah yang panjang berkaitan dengan perkembangan bahasa. Adanya bahasa Melayu yang sudah digunakan sebagai lingua franca menjadi cikal bakal bahasa Indonesia. Hingga akhirnya, bahasa Indonesia dikukuhkan sebagai bahasa persatuan dalam Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928. Bahasa menunjukkan bangsa. Bahasa Indonesia merupakan ldentitas nasional bangsa Indonesia. Menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar merupakan gerakan kesadaran nasional berupa pelestarian budaya bangsa karena bahasa adalah bagian dari budaya itu sendiri. Ayo, berbahasa Indonesia dengan baik dan benar! Sudah saatnya kita sebagai warga negara Indonesia mau menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar karena merupakan simbol kebangsaan. Penggunaannya dalam komunikasi lisan maupun tertulis harus sesuai dengan kaidah-kaidah yang telah ditetapkan. Hal tersebut tentu saja didukung dengan memerhatikan situasi dan kondisi. Oleh karena itu, sudah selayaknya kita mempertahankan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa kebangsaan. Simpulan teks persuasi tersebut adalah ... a. Adanya bahasa Melayu yang sudah digunakan sebagai lingua franca menjadi cikal bakal bahasa Indonesia. b. Sudah saatnya kita sebagai warga negara Indonesia mau menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. c. Bahasa menunjukkan bangsa, maka bahasa Indonesia merupakan identitas nasional bangsa Indonesia. d. Hingga akhirnya, bahasa Indonesia dikukuhkan sebagai bahasa persatuan dalam Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928.


6

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

E. Dwiky

01 Juli 2022 17:25

Jawaban terverifikasi

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah C. Berikut pembahasannya. Simpulan adalah pendapat atau gagasan akhir dari suatu teks maupun uraian. Simpulan dituliskan berdasarkan pemahaman pembaca terhadap teks. Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menyimpulkan suatu teks. 1. Baca keseluruhan isi teks. 2. Tentukan gagasan utama tiap paragraf. Gagasan utama biasanya terletak di terletak di awal paragraf, di akhir paragraf, maupun di awal dan di akhir paragraf. 3. Buat simpulan sesuai gagasan utama teks tersebut. Gagasan utama paragraf pertama terletak di awal paragraf, yakni sejarah panjang tentang perkembangan bahasa. Hal tersebut dibuktikan dalam kalimat "Bahasa Indonesia memiliki sejarah yang panjang berkaitan dengan perkembangan bahasa." Gagasan utama paragraf kedua terletak di akhir paragraf, yakni ajakan untuk menggunakan bahasa Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dalam kalimat "Ayo, berbahasa Indonesia dengan baik dan benar!" Gagasan utama paragraf ketiga terletak di awal dan akhir paragraf, yakni tentang bahasa Indonesia sebagai simbol kebangsaan dan sudah selayaknya dipertahankan. Berdasarkan gagasan utama ketiga paragraf di atas, simpulan teks persuasi tersebut adalah bahasa menunjukkan bangsa, maka bahasa Indonesia merupakan identitas nasional bangsa Indonesia. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

berikan 3 contoh kata bilangan di teks laporan percobaan hasil percobaan

217

5.0

Jawaban terverifikasi

Bacalah kutipan puisi berikut! Pagiku hilang sudah melayang Hari mudaku sudah pergi Sekarang petang datang membayang Batang usiaku sudah tinggi. Aku lalai di hari pagi Beta lengah di masa muda Kini hidup meracuni hati Miskin ilmu miskin harta Kata petang mempunyai makna lambang a. suasana senja b. masa tua C. waktu sore hari d. kehidupan manusia

478

3.5

Lihat jawaban (3)

Iklan

Iklan