Juliana I

28 Januari 2023 09:28

Iklan

Iklan

Juliana I

28 Januari 2023 09:28

Pertanyaan

Bacalah kutipan teks drama berikut. Banio : Barabaaahhh. (memanggil dengan pelan) Barabah : Ya, Pak (berdiri mendekati) Banio : Tolong pijit-pijit kepalaku. Barabah : [...] Banio : Malu aku. Barabah : Kenapa, Pak? Banio : Punggungku sudah bongkok. Nanti engkau tahu pula punggungku bongkok. Barabah : Punggung Bapak belum bongkok. Kalimat yang tepat untuk mengisi bagian rumpang dalam teks drama tersebut adalah ... A. Dipijit tangannya juga? B. Tidak kau buka topimu? C. Apakah mau dikerok lagi? D. Sini aku pijit kepala Bapak.


10

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Rizky

09 Maret 2023 04:58

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang benar adalah C. Apakah mau dikerok lagi?</p><p>&nbsp;</p><p>Berikut pembahasannya.</p><p>&nbsp;</p><p>Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), drama adalah komposisi syair atau prosa yang diharapkan dapat menggambarkan kehidupan dan watak melalui tingkah laku (peran) atau dialog yang dipentaskan.</p><p>&nbsp;</p><p>Untuk dapat menentukan kalimat yang tepat untuk mengisi bagian rumpang, kita harus membaca teks secara saksama dan memerhatikan kalimat sebelum dan sesudah kalimat rumpang agar lebih memahami konteks kalimat.</p><p>&nbsp;</p><p>Pada kutipan teks drama tersebut, terdapat kalimat, "Punggungku sudah bongkok." dan "Punggung Bapak belum bongkok.". Jadi, kalimat yang tepat untuk mengisi bagian rumpang adalah "Apakah mau dikerok lagi?".</p><p>&nbsp;</p><p><strong><u>Dengan demikian, jawaban yang benar adalah C. Apakah mau dikerok lagi?</u></strong></p><p>&nbsp;</p><p>Semoga membantu.</p><p><br>&nbsp;</p>

Jawaban yang benar adalah C. Apakah mau dikerok lagi?

 

Berikut pembahasannya.

 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), drama adalah komposisi syair atau prosa yang diharapkan dapat menggambarkan kehidupan dan watak melalui tingkah laku (peran) atau dialog yang dipentaskan.

 

Untuk dapat menentukan kalimat yang tepat untuk mengisi bagian rumpang, kita harus membaca teks secara saksama dan memerhatikan kalimat sebelum dan sesudah kalimat rumpang agar lebih memahami konteks kalimat.

 

Pada kutipan teks drama tersebut, terdapat kalimat, "Punggungku sudah bongkok." dan "Punggung Bapak belum bongkok.". Jadi, kalimat yang tepat untuk mengisi bagian rumpang adalah "Apakah mau dikerok lagi?".

 

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah C. Apakah mau dikerok lagi?

 

Semoga membantu.


 


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

berikan 3 contoh kata bilangan di teks laporan percobaan hasil percobaan

25

5.0

Jawaban terverifikasi

Bacalah kutipan puisi berikut! Pagiku hilang sudah melayang Hari mudaku sudah pergi Sekarang petang datang membayang Batang usiaku sudah tinggi. Aku lalai di hari pagi Beta lengah di masa muda Kini hidup meracuni hati Miskin ilmu miskin harta Kata petang mempunyai makna lambang a. suasana senja b. masa tua C. waktu sore hari d. kehidupan manusia

68

3.5

Lihat jawaban (3)

Iklan

Iklan