Andy D

18 Februari 2022 08:27

Iklan

Iklan

Andy D

18 Februari 2022 08:27

Pertanyaan

Bacalah kutipan novel berikut! Ibu Sati senantiasa membersihkan diri.Setiap kotoran yang menempel di rumah ditepisnya jauh-jauh. Ia manjakan indra-indranya dengan aroma wangi lilin temaram,sunyi alam. Panas tubuhnya senantiasa ia inginkan seperti hujan yang membasuh wajah bumi. Dan semua itu dilakukannya dengan penuh bakti. Layaknya sebuah panggilan, bukan beban. Pertanyaanku terjawab. Ia tidak mungkin bosan. (Supernova Petir) Sudut pandang yang digunakan dalam penggalan novel tersebut adalah .... A. orang pertama pelaku sampingan B. orang pertama dan ketiga C. orang ketiga pelaku utama D. orang pertama pelaku utama E. orang ketiga serba tahu


18

3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

F. Siregar

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Medan

07 Maret 2022 10:40

Jawaban terverifikasi

Halo, Andy D. Terima kasih sudah bertanya di Roboguru :) Kakak bantu jawab, ya. Jawaban soal di atas adalah E. Perhatikan penjelasan berikut, ya. Novel adalah karangan fiksi yang berkisah tentang kehidupan tokoh dengan yang dihadapkan dengan permasalahan yang kompleks, disertai dengan alur yang rumit dan terdapat perubahan nasib tokoh. Salah satu unsur pembangun novel adalah sudut pandang. Sudut pandang adalah cara penulis novel menempatkan dirinya dalam cerita. Sudut pandang terdiri atas tiga bentuk, yaitu: 1. Sudut pandang orang pertama sebagai pelaku utama. Sudut pandang ini ditandai dengan penggunaan kata ganti seperti "aku" ataupun "saya" pada tokoh utama cerita. Dalam sudut pandang ini penulis seolah-olah terlibat dalam ceritanya dan memposisikan dirinya sebagai tokoh utama cerita. 2. Sudut pandang orang pertama sebagai pelaku sampingan. Sudut pandang ini seolah-olah si tokoh utama yang bercerita, akan tetapi posisinya dalam cerita bukanlah sebagai tokoh utama. 3. Sudut pandang orang ketiga serba tahu. Pada sudut pandang ini umumnya menggunakan kata ganti seperti "ia", "dia" atau nama dari pelaku yang ada dalam cerita yang dibuat oleh penulis. Selain itu, posisi penulis digambarkan sebagai pihak yang mengetahui karakter dan jalan pikiran tokoh lain. 4. Sudut pandang orang ketiga pengamat. Sudut pandang ini ditandai dengan penggunaan kata ganti “dia” yang sangat terbatas. Penulis cerita menggambarkan apa yang dilihat, didengar, yang dialami dan yang dirasakan oleh tokoh utama dalam cerita, akan tetapi hal tersebut sangat terbatas hanya pada seorang tokoh saja. Berdasarkan penjelasan di atas, sudut pandang yang digunakan dalam penggalan novel tersebut adalah orang ketiga serba tahu. Hal ini ditandai dengan adanya penyebutan nama tokoh "Ibu Sati" dan kata ganti "ia" yang mengarah pada tokoh Ibu Sati sebagai tokoh yang diceritakan oleh penulis. Penulis sendiri digambarkan dengan kata ganti "-ku" pada kata "pertanyaanku". Penulis seakan mengetahui karakter Ibu Sati, terlihat melalui kutipan berikut, "Ibu Sati senantiasa membersihkan diri. Setiap kotoran yang menempel di rumah ditepisnya jauh-jauh. Ia manjakan indra-indranya dengan aroma wangi lilin temaram, sunyi alam." Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E. Semoga membantu :)


Iklan

Iklan

Muhammad R

14 Maret 2024 03:27

Berikut kalimat yang menggungkapkan kekurangan buku adalah….


Muhammad R

14 Maret 2024 03:28

Berikut kalimat yang menggungkapkan kekurangan buku adalah….


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

(1) Kisah pembuatan film biasanya melewati proses yang panjang dan rumit. (2) Ide membuat film dan cerita datang dari Castle Production yang bergerak di bidang film animasi ini sangat bermanfaat. (3) Castle cukup berhasil bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyaring siswa SMK yang memiliki kemampuan untuk membuat gambar. (4) Dari seleksi gambar animasi kiriman siswa, Castle memilih lima puluh siswa SMK, tiga di antaranya perempuan, untuk mengikuti pelatihan menggambar animasi lalu memproduksi film animasi. (5) Untuk keperluan itu, Castle mengerahkan animator profesional seperti Boy Wahyudi dan Dony Moersito untuk mengajar mereka. Kalimat utama paragraf tersebut terletak pada kalimat nomor ... A. (1) D. (4) B. (2) E. (5) C. (3)

71

5.0

Jawaban terverifikasi